Kunjungan Si Kecil ke Dokter Gigi di Ulang Tahun Pertamanya – Part 2

Penyebab Gigi Berlubang Anak kebutuhan gigi anak

Kunjungan Si Kecil ke Dokter Gigi di Ulang Tahun Pertamanya – Part 2

Global Estetik – Salah satu tujuan utama dari kunjungan ke dokter gigi di ulang tahun pertama adalah untuk memeriksa anak untuk sejumlah bentuk kerusakan gigi yang dapat mempengaruhi bayi dan anak kecil. Selama bertahun-tahun, para profesional kesehatan dan pengasuhan anak telah mengenali pola spesifik dari kerusakan seperti itu, yang dikenal sebagai Baby Bottle Tooth Decay (BBTD).

BBTD diyakini terutama terkait dengan penggunaan botol sewaktu tidur yang berisi cairan dengan gula alami atau tambahan seperti formula, jus atau soda. Biasanya masalah ini terjadi antara usia dua belas hingga delapan belas bulan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kasus serupa dalam kerusakan gigi awal dan parah telah ditemukan pada anak-anak yang tidak sesuai dengan pola penggunaan botol BBTD klasik. Istilah Early Childhood Caries (ECC) sekarang digunakan untuk mencerminkan konsep yang lebih luas tentang masalah kerusakan gigi pada bayi dan anak kecil.

ECC ini sendiri termasuk rongga yang terkait dengan banyak faktor penyebab, sebagian besar datang dari gula. Ini termasuk penggunaan terus-menerus “Sippy-cup,” menyusui sepanjang malam, penggunaan dot manis atau penggunaan rutin obat oral berbasis gula untuk mengobati penyakit kronis.

ECC berkembang dengan cepat – perkembangan dari lapisan enamel gigi yang keras ke luar menjadi dentin dalam yang lebih lunak dapat terjadi dalam enam bulan atau kurang. Masalah ini pertama kali akan mempengaruhi gigi depan bayi bagian atas, yang biasanya muncul pada sekitar usia delapan bulan, diikuti oleh molar primer (gigi belakang), yang mulai tumbuh pada sekitar usia dua belas bulan. Pada tahap yang paling parah, ECC kemudian dapat mempengaruhi gigi depan bagian bawah.

Tingkat dan keparahan ECC dapat bervariasi tergantung pada budaya, susunan genetik anak dan faktor sosial ekonomi. Di sisi lain, ECC sangat mirip dengan jenis kerusakan gigi lainnya, tergantung pada adanya tiga kondisi: bakteri spesifik dalam plak gigi pada gigi, gigi yang tidak dilindungi dan campuran karbohidrat yang tepat dari makanan dan minuman, seperti gula alami atau halus.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat