Korelasi Positif antara Olahraga dan Kesehatan Gigi

Korelasi Positif antara Olahraga dan Kesehatan Gigi

Global Estetik – Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dentistry pada tahun 2005 menemukan bahwa olahraga teratur dapat membantu menurunkan risiko terjangkit periodontitis, atau penyakit gusi. Setelah mempelajari hubungan antara penyakit gusi dan aktivitas fisik, laporan tersebut menyimpulkan bahwa berolahraga secara teratur dikaitkan dengan risiko lebih rendah untuk terkena penyakit gusi.

Faktanya, orang yang secara teratur berolahraga dan tidak pernah merokok 54% lebih kecil kemungkinannya mengalami periodontitis dibandingkan dengan mereka yang melaporkan tidak melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Korelasi antara BMI dan Kesehatan Mulut
Olahraga dan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Olahraga dan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Mempertahankan BMI sehat (indeks massa tubuh) sebenarnya sangat bermanfaat untuk kesehatan mulut Anda. Masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas seperti hipertensi dan diabetes dikenal karena berkontribusi terhadap kesehatan mulut yang buruk. Bahkan, sebuah penelitian di The Journal of Periodontology dari University of Florida melakukan penelitian untuk menemukan pengaruh yang berat pada kesehatan gigi. Para peneliti mengamati BMI, persentase lemak tubuh, dan konsumsi oksigen untuk menilai seberapa sehat setiap peserta. Menurut penelitian, “Individu yang mempertahankan berat badan normal, terlibat dalam tingkat latihan yang disarankan, dan menjalani diet berkualitas tinggi, 40% lebih kecil kemungkinannya mengalami periodontitis dibandingkan dengan individu yang tidak mempertahankan perilaku yang meningkatkan kesehatan.”

Olahraga tidak harus menghalangi kesehatan mulut Anda

Meskipun ada masalah kesehatan oral saat berolahraga, tetap bugar tidak harus mengorbankan gigi Anda. Ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk melindungi gigi Anda selama olahraga teratur.

Hidrasi alternatif

Penggantian elektrolit diperlukan ketika Anda berkeringat selama latihan. Namun, ada cara alternatif untuk rehidrasi daripada minum minuman yang mengikis gigi. Bahkan, sebagian besar minuman energi komersial dan minuman olahraga mengandung banyak bahan yang tubuh Anda tidak perlukan. Berikut ini beberapa pilihan minuman alami yang lebih baik:

Air Putih

Air botolan atau bahkan air keran merupakan minuman yang bagus untuk menjaga diri terhidrasi selama kegiatan fisik. Jika Anda ingin membuatnya lebih sehat, Anda bisa menambahkan sedikit lemon atau sedikit garam yang belum diolah untuk mendapatkan lebih banyak mineral, menambahkan sedikit rasa, dan mengisi elektrolit.

Air kelapa

Olahraga dan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Olahraga dan Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Air kelapa alami tanpa aditif merupakan pilihan yang sangat sehat. Tidak hanya sangat menghidrasi, ia juga memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu menyeimbangkan kadar glukosa dan insulin.

Bernafas dengan Hidung

Sedangkan pernapasan mulut dapat mengeringkan mulut Anda dan meningkatkan risiko untuk karies gigi, pernapasan hidung dapat melindungi gigi Anda dan memiliki keuntungan fisiologis lebih. Misalnya, hidung dan selaput sinus Anda menghasilkan nitrit oksida ketika Anda bernapas melalui hidung, yang secara signifikan meningkatkan kapasitas penyerapan oksigen paru-paru dan membantu menurunkan tekanan darah.

Metode Pernapasan Buteyko

Metode pernapasan ini dinamai dengan nama dokter asal Rusia yang mengembangkan metode ini untuk membantu orang bernapas lebih efisien. Dengan latihan, Anda dapat melatih diri untuk bernapas melalui hidung Anda bahkan selama latihan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat