Kontrasepsi Suntik dan Hubungannya dengan Kesehatan Gigi

Kontrasepsi Suntik dan Hubungannya dengan Kesehatan Gigi

Global Estetik – Kontrasepsi progesteron melalui suntikan mungkin terkait dengan kesehatan periodontal yang buruk, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Periodontology pada Februari 2012. Studi ini berfokus pada depot medroxyprogesterone acetate, juga dikenal sebagai DMPA, kontrasepsi suntik progestin yang hanya bertahan lama yang diberikan secara intermuscular setiap tiga bulan. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang saat ini mengonsumsi DMPA atau yang telah menggunakan DMPA di masa lalu lebih mungkin memiliki masalah pada gingivitis dan periodontitis daripada wanita yang tidak pernah mengonsumsinya.

Gingivitis dan periodontitis adalah indikator kesehatan periodontal yang buruk. Penyakit periodontal adalah penyakit peradangan kronis yang mempengaruhi jaringan gusi dan tulang yang mendukung gigi. Gingivitis — penyakit gusi paling ringan — menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan mudah berdarah. Periodontitis adalah bentuk penyakit gusi yang paling parah dan dapat menyebabkan ketinggalan gigi. Penelitian telah menghubungkan penyakit gusi dengan penyakit inflamasi kronik lainnya seperti diabetes, penyakit kardiovaskular dan rheumatoid arthritis.

Kontrasepsi Suntik Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
Kontrasepsi Suntik Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

Data untuk penelitian, Depot Medroxyprogesterone Penggunaan Asetat dan Kesehatan Periodontal di Amerika Serikat Wanita Usia 15-44, diperoleh dari NHANES. Para peserta tidak hamil, wanita premenopause berusia 15-44 tahun yang telah memberikan data penggunaan DMPA lengkap, menunjukkan penggunaan DMPA saat ini, penggunaan DMPA di masa lalu, atau tidak menggunakan DMPA sama sekali. Semua peserta menerima pemeriksaan gigi yang mencatat kehilangan perlekatan klinis, penilaian saku periodontal pada dua atau tiga tempat per gigi, dan adanya perdarahan gingiva.

Setelah disesuaikan untuk usia, ras, pendidikan, tingkat pendapatan kemiskinan dan status merokok, penelitian ini menemukan bahwa pengguna DMPA saat ini dan sebelumnya secara signifikan telah meningkatkan poket periodontal, perdarahan gingiva dan kehilangan perlekatan klinis dibandingkan wanita yang tidak pernah menggunakan DMPA. Pengguna DMPA saat ini lebih mungkin untuk memiliki gingivitis, sementara pengguna DMPA masa lalu lebih cenderung mengalami periodontitis.

“Hormon dapat memainkan peran dalam kesehatan periodontal perempuan,” kata Dr. Pamela McClain, presiden dari American Academy of Periodontology dan seorang ahli periodontologi di Aurora, Colo. “Temuan ini menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan, atau telah menggunakan, hormon- Kontrasepsi berbasis suntik seperti DMPA mungkin memiliki kemungkinan peningkatan kesehatan periodontal yang buruk. Saya akan mendorong perempuan yang menggunakan atau sebelumnya menggunakan bentuk kontrasepsi ini untuk mempertahankan perawatan mulut yang sangat baik, dan untuk memastikan untuk berkonsultasi pada dokter gigi untuk evaluasi periodontal yang komprehensif setiap tahunnya. ”

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat