Kontrasepsi Progesteron Menjadi Penyebab Munculnya Masalah pada Gigi dan Mulut? Emang Iya ?

klinik gigi bandung

Global Estetik – Penelitian yang baru-baru ini diposting di Journal of Periodontology telah menunjukkan kemungkinan hubungan antara kesehatan periodontal yang buruk pada wanita dan kontrasepsi progesteron jenis suntikan. Penelitian, yang berfokus terutama pada depotmedroxyprogesterone acetate (DMPA), kontrasepsi suntik yang umum digunakan, menemukan bahwa pengguna lebih mungkin untuk menunjukkan indikator kesehatan periodontal yang buruk.

Umumnya para wanita ini didiagnosis dengan periodontitis atau gingivitis. Temuan ini dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah menyuntik atau memakai DMPA, dan subjek tersebut ditemukan memiliki risiko masalah kesehatan periodontal yang lebih rendah.

DMPA telah menjadi kontrasepsi yang sangat populer untuk wanita karena suntikan berbasis progestin yang ketat dan tahan lama. Karena suntikan hanya perlu diberikan setiap tiga bulan, penggunaan DMPA menjadi pilihan yang lebih mudah bagi banyak wanita; namun, kenyamanan ini mungkin akan membahayakan kesehatan periodontal mereka.

Kontrasepsi dan Kesehatan Gigi
Penyebab Kontrasepsi Progesteron- Global Estetik Dental Care
Penyebab Kontrasepsi Progesteron- Global Estetik Dental Care

Penelitian, yang menargetkan wanita premenopause antara usia 15-44 disurvei pada penggunaan DMPA mereka. Beberapa wanita telah mencatat bahwa mereka mengonsumsi DMPA, sementara yang lain tidak pernah mengonsumsi DMPA sama sekali. Semua peserta diberi pemeriksaan gigi menyeluruh yang menganalisis penilaian saku periodontal, adanya perdarahan gingiva, dan kehilangan perlekatan klinis.

Setelah mempertimbangkan ras, usia, pendidikan, status merokok, dan tingkat pendapatan, para peneliti menentukan bahwa wanita yang pernah atau sedang menggunakan DMPA memiliki risiko yang lebih tinggi untuk perdarahan gingiva, kehilangan CA, dan peningkatan jumlah poket periodontal. Wanita yang memakai DMPA memiliki risiko gingivitis yang lebih tinggi, sementara pengguna kontrasespsi ini di masa lalu kemungkinan besar telah menderita periodontitis.

Karena hormon berperan dalam kesehatan periodontal wanita, itu tidak mengherankan
DMPA dapat berdampak negatif pada gusi dan gigi. Ini berarti bahwa wanita yang menggunakan DMPA lebih harus memperhatikan kesehatan mulut mereka.

Salah satu cara terbaik untuk mengawasi kesehatan periodontal Anda adalah dengan menjadwalkan pemeriksaan umum dan pembersihan gigi secara profesional di kilinik Global Estetik. Dokter-dokter kami bekerja dengan semua pasien untuk memastikan bahwa senyum, gusi dan rahang mereka tetap pada tingkat yang sehat. Untuk menjadwalkan perawatan, hubungi kami via chat di website, telfon atau aplikasi android yang tersedia di google store hari ini juga.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat