Global Estetik – Telah kita bahas dalam bagian pertama bagaimana seorang atlet dapat terpapar masalah kesehatan gigi dalam bentuk erosi gigi. Beberapa faktor yang terkait dengan olahraga yang dapat menyebabkan erosi gigi. Ini termasuk:

Keasaman makanan dan Cairan

Enamel gigi terdiri dari mineral, termasuk kalsium dan fosfat. Baik enamel dan dentin dapat melemah dan dilarutkan oleh asam (pada pH lebih rendah dari 5,5). Lapisan email gigi primer (set gigi pertama pada anak-anak) lebih tipis dan kurang termineralisasi sehingga lebih rentan. PH minuman olahraga yang tersedia secara komersial adalah 2,4 – 4,5.

Konsep Kesehatan Gigi untuk Para Atlet- Global Estetik Dental Care

Konsep Kesehatan Gigi untuk Para Atlet- Global Estetik Dental Care

Banyak suplemen intra-latihan juga memiliki bahan-bahan seperti asam malat atau asam sitrat, yang keduanya dapat merusak enamel gigi yang menyebabkan erosi gigi. Minuman ringan (pH 2,5 – 3,6) dan jus buah (pH 3,4 – 3,6) juga perlu mendapatkan perhatian Anda, dan gula tambahan lebih lanjut dapat meningkatkan risiko pembusukan pada gigi.

Baca Juga :  Plus dan Minus Fixed Permanent Retainer Part 1

Gel olahraga seringkali mengandung bahan seperti asam sitrat atau asam malat yang dapat membantu menciptakan rasa tart untuk gel sementara natrium benzoat atau kalium sorbat bertindak sebagai pengawet untuk menjaga agar produk tetap stabil. Bahan-bahan ini dapat mengurangi pH (meningkatkan keasaman) dari gel (pH 3,5 – 4.2) meningkatkan potensi erosi gigi.

Frekuensi dan Durasi Paparan Produk Asam

Saliva menetralkan asam dan menyediakan kalsium dan fosfat untuk remineralisasi email gigi. Terlalu sering mengonsumsi minuman olahraga, suplemen intra-latihan atau minuman ringan meningkatkan waktu kontak gigi yang terkena lingkungan asam yang membuat mereka lebih ‘rentan’ terhadap erosi. Membilas mulut Anda dengan minuman olahraga atau suplemen intra-latihan juga meningkatkan waktu paparan dan karenanya meningkatkan risiko erosi. Penelitian menunjukkan bahwa atlet dengan volume latihan yang lebih tinggi memiliki peningkatan risiko karies gigi atau erosi karena mereka lebih sering mengonsumsi makanan atau cairan yang berpotensi merusak gigi.

Baca Juga :  8 Trik Ampuh Untuk Eliminasi Gigi Sensitif Sekarang Juga
Kandungan Gula
Konsep Kesehatan Gigi untuk Para Atlet- Global Estetik Dental Care

Konsep Kesehatan Gigi untuk Para Atlet- Global Estetik Dental Care

Minuman Cola, minuman olahraga, suplemen intra-olahraga, minuman energi, gel karbohidrat dan permen olahraga (dan jenis makanan lain yang mungkin “lengket” misalnya madu) adalah sumber gula dalam bentuk yang melekat pada gigi lebih dari air liur dan menyediakan ‘makanan’ untuk produksi asam tambahan oleh bakteri mulut, meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Aliran Saliva yang Menurun

Air liur memainkan peran penting dalam melindungi gigi. Ini melarutkan dan membersihkan cairan di permukaan gigi. Saliva juga menetralkan asam di dalam mulut dan menyediakan sumber mineral termasuk kalsium dan fosfat untuk remineralisasi. Dehidrasi adalah masalah umum bagi banyak atlet dan menjadi penyebab mulut menjadi kering, mengurangi aliran saliva yang meningkatkan potensi erosi gigi dan pembusukan.