Kondisi Gigi Wajib Pasang Behel Depok

Kondisi gigi wajib pasang behel depok

Kondisi gigi wajib pasang behel depok

Yuk Simak!

globalestetik.com Pasang behel gigi merupakan tindakan pemasangan kawat gigi untuk merapikan susunan gigi supaya terlihat rapi. Behel merupakan istilah lain dari kawat. Kawat gigi berisi dua komponen utama yaitu bracket dan kawat lengkung. Keduanya untuk menerapkan tekanan dan tegangan yang tepat secara konstan, sehingga gigi dapat bergerak ke arah yang diinginkan dan menjadi lebih rapi. Dengan memakai behel, berbagai permasalahan gigi pasien dapat teratasi, seperti gigi berantakan, tonggos, dan posisi rahang yang tidak normal.

Kondisi gigi wajib pasang behel depok – Behel gigi merupakan tindakan medis yang penting dan tidak hanya untuk kepentingan fashion. Susunan gigi yang tidak sama dapat mengganggu fungsi rongga mulut dan meningkatkan risiko penyakit mulut lainnya, seperti gigi berlubang dan radang gusi.

Apa sajakah jenis behel gigi?

Jenis kawat gigi digolongkan menjadi beberapa jenis di antaranya:

#1. Behel gigi permanen

Harga Pasang Behel Gigi Depok – Behel permanen merupakan behel gigi yang dipasang permanen pada gigi. Dalam pemasangannya, behel gigi permanen berisi beberapa bagian yang meliputi:

  1. Bracket, merupakan bagian behel gigi yang berbentuk kotak kecil dan menempel pada permukaan gigi. Alat ini terbuat dari stainless steel atau keramik yang berwarna transparan atau seperti gigi). Jenis bracket yang terbaru berukuran lebih kecil, sehingga tidak terlalu terlihat.
  2. Orthodontic ring merupakan bagian behel gigi yang berbentuk seperti cincin untuk menyambungkan gigi dan bracket. Cincin ini  terbuat dari stainless steel atau titanium.
  3. Karet o-ring untuk  menahan kawat supaya tetap pada tempatnya. Warna karet dapat dipilih, sehingga pasien bisa terlihat lebih fashionable.
  4. Kawat fleksibel sebagai pemberi tekanan pada gigi supaya bisa bergeser.

#2. Behel gigi lepas pasang

Behel gigi lepas pasang bisa dilepas pasien tidak seperti behel gigi permanen. Behel lepas pasang terbuat dari pelat akrilik yang menutupi dinding-dinding mulut dan menempel pada beberapa gigi. Behel ini dapat dilepas ketika pasien membersihkan mulut, saat olahraga fisik yang membutuhkan pemasangan pelindung gigi (mouthguard).

#3. Behel gigi fungsional

Behel gigi fungsional untuk mengoreksi susunan gigi yang berantakan atau tonggos dengan mengoreksi bentuk rahang.  

#4. Headgear

Headgear merupakan alat berbentuk kerangka besi yang terpasang di kepala dan tersambung ke behel gigi. Selain mengatasi gigi yang tidak rapi,  alat ini bisa digunakan untuk memperbaiki struktur atau posisi rahang. 

#5. Behel lingual

Behel ini terbuat dari logam yang ditempelkan di bagian belakang gigi, sehingga cocok untuk pasien yang tidak ingin terlihat memakai behel gigi.

 

Mengapa harus melakukan pemasangan behel gigi ?

Kondisi gigi wajib pasang behel depok – Tindakan pemasangan behel gigi untuk merapikan susunan gigi. Biasanya, tujuan pemasangan terkait dengan estetika atau kondisi tertentu yang dapat mengganggu aktivitas dan kesehatan gigi tetapi ada yang memasang kawat gigi hanya sebagai penunjang fashion. Bentuk gigi dan kondisi yang memerlukan pemasangan behel gigi mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Susunan gigi tidak rapi
  2. Jarak antar gigi yang renggang
  3. Posisi gigi depan bagian atas jauh lebih maju daripada gigi bawah (tonggos).
  4. Posisi gigi depan bagian bawah lebih maju daripada gigi depan bagian atas.
  5. Susunan rahang yang menyebabkan mulut tidak sejajar saat dikatupkan (uneven bite)

Walaupun pemasangan behel gigi dapat mengatasi berbagai kelainan pada bentuk gigi dan rahang, tetapi behel gigi tidak dianjurkan untuk pasien dengan kelainan posisi rahang yang parah. Dokter akan merekomendasikan bedah reposisi rahang untuk kelainan ini.

 

Apa sajakah yang biasa dilakukan sebelum memasang behel gigi?

Kondisi gigi wajib pasang behel depok – Sebelum memasang behel gigi, dokter gigi akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui permasalahan gigi atau gusi yang harus diobati. Pemeriksaan ini untuk memastikan kondisi gigi pasien sudah siap untuk dipasangi behel gigi.

Beberapa hal yang dipersiapkan tersebut diantaranya:

  1. Pemeriksaan rongga mulut, gigi , rahang dan jaringan lainnya secara menyeluruh.
  2. Rontgen untuk melihat posisi rahang dan gigi
  3. Mencetak gigi untuk melihat susunan gigi.
  4. Mencabut gigi jika ruang yang tersedia kuran untuk pergerakan gigi di rahang.
  5. Melakukan tindakan lain apabila ada masalah tertentu, seperti operasi rahang.

 

Berapa jangka waktu seseorang pemakaian behel gigi?

Jangka waktu pemakaian behel gigi berbeda-beda tergantung tingkat keparahan kondisi gigi pasien. Pada umumnya, pemakaian behel gigi selama 1-3 tahun. Setelah behel gigi dilepas, pasien harus memakai retainer gigi untuk memastikan posisi gigi tidak bergeser. Retainer gigi harus dipakai selama tujuh bulan, dan dipakai ketika tidur.

 

Kapan waktu ideal pemasangan behel gigi?

Kondisi gigi wajib pasang behel depok – Pemasangan behel gigi dilakukan jika telah ada gigi permanen yang tumbuh dengan sempurna. Oleh karena itu, memasang kawat gigi dianjurkan pada anak-anak usia 8-15 tahun. Pada usia ini, bagian mulut atau rahang anak masih dalam masa pertumbuhan dan giginya bercampur antara gigi susu dan gigi permanen. Sedangkan pemasangan behel gigi pada orang dewasa membutuhkan waktu lebih lama daripada remaja dan perbaikan struktur giginya juga lebih terbatas.

 

Berapakah biaya yang dikeluarkan ketika memasang behel gigi?

Biaya pemasangan behel gigi bervariasi, tergantung jenis behel gigi dan fasilitas kesehatan yang dipilih. Sebagai gambaran, biaya tindakan ini di rumah sakit swasta di Indonesia rata-rata mulai dari lima setengah juta rupiah sampai lebih dari lima belas juta rupiah. Sedangkan di Singapura, biaya pemasangan behel mulai dari lima puluh tiga juta rupiah. Biaya ini belum termasuk biaya kontrol secara bertahap setelah pemasangan behel kawat gigi.

Berbeda dengan rumah sakit , biaya pemasangan behel gigi di puskesmas mulai dari dua juta rupiah sampai tiga juta rupiah. Biaya pemasangan behel gigi di puskesmas lebih murah jika dibandingkan dengan di rumah sakit.

Biaya pemasangan behel gigi bervariasi tergantung pada pasien, tergantung juga dari bahan dan jenis behel gigi yang digunakan, teknik pemasangan behel dan rumah sakit yang menanganinya.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof