Klinik PDT Light

globalestetik.com – Photodynamic Therapy light merupakan salah satu prosedur kecantikan dan perawatan bedah bersifat non-invasif dalam berbagai macam gangguan kesehatan termasuk pada beberapa jenis kanker tertentu, seperti misalnya kanker pada saluran cerna, kanker paru-paru, maupun lesi kanker pre-kulit. PDT light sendiri mencakup 2 komponen, seperti halnya obat yang umumnya disebut dengan agen fotosensitisasi dan sinar.

Klinik PDT Light

Klinik PDT Light

Treatment tersebut umumnya disebut juga dengan sebuah sinar biru ataupun fotokemoterapi, photodynamic therapy light akan menggunakan berbagai macam dari jenis sinar seperti misalnya laser, sinar biru, dan juga LED guna mengaktifkan komponen-komponen yang terdapat pada obat dalam menghancurkan jaringan-jaringan yang telah rusak dan sel-sel yang cenderung abnormal.

Jika dibandingkan dengan jenis treatment lainnya pada penyakit kanker dan kulit, metode ini terbilang cenderung lebih murah dan lebih aman. Tidak sepertimetode radioterapi, PDT bisa diterapkan pada tempat yang sama selama dalam beberapa kali tanpa harus memberi risiko pada pasien. Walaupun terdapat efek samping seperti misalnya sensitivitas terhadap paparan sinar dan adanya rasa seperti terbakar, akna tetapi hal tersebut bisa menghilang dalam beberapa hari setelah dilakukan treatment.

 

Treatment Photodynamic Therapy Light

Klinik PDT Light – Treatment PDT light ini merupakan salah satu tindakan rawat jalan pada pasien dimana diperbolehkan untuk kembali ke aktivitas normal setelah seseorang menjalani treatment selama mereka menghindar dari paparan langsung sinar matahari selama kurang lebih 1 minggu. Namun, terapi tersebut juga tentunya memiliki keterbatasan. Meskipun panjang dari gelombang sinarnya bisa saja bervariasi, akan tetapi efeknyanya bisa mencapai pada lapisan kulit dan jaringan yang cenderung lebih dalam.

Sehingga, terapi tersebut bisa saja tidak bekerja pada penyakit kanker pada lapisan kulit terdalam. Terlebih lagi, treatment PDT light ini bersifat terlokalisasi, sehingga tidak akan efektif bagi kanker yang sudah menyebar pada organ tubuh lainnya. Sedangkan, bagi obat yang digunakan saat treatment, sejauh ini terdapat 3 macam yang sudah disetujui oleh BPOM Amerika Serikat. Nah, 3 macam obat tersebut ialah sodium porfimer, ALA (asam aminolevulinic), serta ester metil.

Sodium Porfimer ialah obat yang cenderung direkomendasikan pada perawatan kanker yang dapat mempengaruhi organ dalam tubuh dan biasanya akan dihantarkan melalui pembuluh darah. Sementara pada 2 obat lainnya umumnya akan dipakaikan melalui kulit. Sedangkan ALA akan bekerja dengan pancaran sinar biru dan ester metil akan diaktifasi dengan sinar merah.

Bagaimana Photodynamic Therapy Light Bekerja?

Klinik PDT Light – Dikarenakan PDT light ini menggunakan beberapa jenis obat dan sinar, maka akan ada beberapa metode yang digunakan ketika mulai melakukan Photodynamic Therapy ini. Apabila permasalahannya terletak pada area dalam ataupun di dekat permukaan kulit, obat yang dapat digunakan biasanya akan berjenis obat oles (salep). Namun, obat tersebut biasanya juga akan dimasukkan melalui pembuluh darah anda, seperti yang biasanya dilakukan dalam kasus pengobatan kanker.

Obat tersebut nantinya akan menemukan jalan yang menuju ke sel-sel tubuh anda. Ketika sel-sel normal pada tubuh akan membuang obat tersebut, obat akan bergerak dengan lebih mendekati kepada sel-sel kanker. Proses tersebut biasanya akan memakan waktu. Sinar yang akan dipancarkan ke organ yang telah memiliki kanker setelah 3 hari diberi obat.

PDT light yang akan diterapkan pada kulit biasanya akan lebih mudah dikarenakan lesi biasanya akan terlihat. Pada penyakit kanker, sinar biasanya akan dipancarkan melalui kabel serat optik ataupun melalui endoskopi, yaitu merupakan sebuah tabung fleksibel yang akan dimasukkan ke dalam organ tubuh anda.

Meskipun sinar yang dipancarkan hanya akan bekerja pada sel yang cenderung diberi obat saja, maka seharusnya cukup hanya sel-sel kanker saja yang akan dihancurkan oleh sinar tersebut. Apabila PDT light harus dilakukan pada area kulit, maka kulit tersebut harus dalam keadaan bersihkan dan dihilangkan minyaknya terlebih dahulu sebelum nantinya akan diberi obat, Selanjutnya sinar akan mulai dipancarkan.

 

Prosedur Pada PDT Light

Klinik PDT Light – Treatment ini termasuk perawatan yang cukup sederhana. Dalam prosedur tindakan treatment tersebut, hanya dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit saja. Nah, untuk informasi lebih jelas terkait prosedur PDT light ini, berikut ialah beberapa tahapan yang akan dilakukan:

  • Adanya proses pembersihan wajah dari sisa makeup maupun kotoran
  • Pengolesan gel tertentu secara merata pada wajah
  • Pemasangan kacamata khusus pada pasien
  • Pemilihan sinar berdasarkan masalah kulit yang pasien alami
  • Durasi pentinaran dilakukan selama 20 menit
  • Pemberian pelembab dan sunscreen pada wajah

 

Jenis-Jenis Panjang Gelombang PDT Light

Klinik PDT Light – Treatment Photo Dynamic Therapy (PDT) sendiri terdiri dari 4 jenis panjang gelombang (wavelength) yang berbeda-beda menggunakan infrared. Setiap jenis akan dibedakan berdasarkan pada warnanya, seperti:

  • Omega Red light: Dapat mengatasi masalah breakout, aging, dan scars.
  • Omega Blue light: Dapat mengatasi masalah bakteri P. Acnes, kulit berminyak, inflamasi maupun menenangkan kulit.
  • Omega Green light: Dapat mengatasi kulit yang sensitif, seperti dark spots, dan mengurangi produksi dari melanin.
  • Omega Yellow light: Dapat mengatasi kulit yang kemerahan, spider veins dan kulit yang sensitif.

 

Manfaat Treatment PDT Light 

  • Mengurangi adanya produksi minyak yang berlebih
  • Mengurangi adanya peradangan jerawat
  • Mengurangi adanya bekas kemerahan dikarenakan jerawat
  • Mencerahkan serta menghaluskan kulit
  • Mengencangkan pori-pori kulit wajah
  • Mengurangi adanya garis-garis halus dan keriput pada wajah

 

Amankah Treatment PDT Light?

Klinik PDT Light – Memang belum terdapat bukti yang menyatakan bahwa treatment PDT light akan berbahaya bagi ibu hamil, akan tetapi disarankan untuk tidak melakukan perawatan PDT light selama dalam masa kehamilan, terutama disaat masa trimester pertama. Bagi anda yang sedang mengidap penyakit tertentu seperti misalnya SLE (Systemic Lupus Eritematous) ini tidak dianjurkan untuk melakukan treatment PDT Light.

Setelah anda melakukan treatment PDT light, bisa saja timbul kemerahan dan rasa terbakar khususnya pada area yang dilakukan treatment, akan tetapi hal tersebut akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Menghindari paparan sinar matahari secara langsung selama beberapa hari sebelum maupun sesudah treatment akan mengurangi resiko dari munculnya efek samping. Sangat disarankan bagi anda untuk menggunakan produk tabir surya (sunscreen/cream pagi) pasca treatment.

Biaya Treatment PDT Light 

Klinik PDT Light – Treatment PDT light termasuk perawatan wajah yang cukup terbilang murah. Dengan manfaatnya yang begitu besar, anda tidak akan merasa menyesal apabila melakukan treatment ini. Kisaran biaya treatment PDT light umumnya dapat dipatok mulai dari Rp. 250.000 sekali treatmentnya. Cukup terjangkau bukan? Dengan biaya yang terjangkau, kalian sudah bisa mendapatkan treatment dengan peralatan medis yang cukup canggih. Selain digunakan sebagai salah satu cara dalam meremajakan kulit muka, treatment ini juga dapat mengatasi masalah flek hitam dan iritasi kulit. Kalian tidak perlu meragukan kualitasnya.

 

 

 

Klinik Kecantikan Global Estetik Hubungi https://wa.me/6285771452584