Kisaran Biaya Operasi Gigi Geraham Bungsu Depok

Kisaran biaya operasi gigi geraham bungsu depok

Kisaran biaya operasi gigi geraham bungsu depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Gigi bungsu biasanya muncul terakhir setelah gigi permanen lainnya. Biasanya, Anda akan merasakan gigi ini tumbuh pada usia 18 hingga 20 tahun. Tidak semua orang memiliki gigi bungsu ini. Ternyata di beberapa orang, gigi bungsu tidak tumbuh sama sekali, hal ini disebabkan karena gigi bungsu tumbuh saat usia dewasa. Gigi bungsu ini sering menimbulkan masalah, yang disebabkan oleh tulang rahang orang dewasa yang sudah tidak lagi berkembang.

Sehingga tidak ada ruang untuk tumbuhnya gigi bungsu. Gigi bungsu dikenal sebagai penyebab dari kesakitan yang diderita. Dokter dan ahli kesehatan gigi di seluruh dunia mengatakan bahwa gigi bungsu sangat penting dalam menjaga gusi tetap lurus. Saat gigi bungsu tumbuh, struktur gigi menjadi lebih lengkap dan seimbang, yang akan membantu dalam mengunyah makanan sehingga lebih lancar dan merata.

Kisaran biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Seperti yang kamu ketahui, proses mengunyah makanan adalah yang paling lama dibandingkan dengan tugas gigi seri atau gigi taring. Tentu saja hal itu dapat bermanfaat untuk perawatan gigi jangka panjang. Dalam banyak kasus, tulang rahang tidak cukup besar untuk menampung gigi, sehingga tidak dapat tumbuh sepenuhnya, atau gigi tetap berada di bawah gusi atau di dalam tulang. Gigi bungsu yang impaksi menyebabkan rasa sakit atau kaku pada gigi molar ketiga yang impaksi. Gusi bengkak di atas molar ketiga yang terkena menyebabkan sakit kepala, sakit telinga atau leher, dan bau mulut karena infeksi. 

Faktor risiko gigi bungsu

Kisaran biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Beberapa faktor risiko sakit gigi bungsu adalah:

  • Dialami di usia 17 sampai 25
  • Mempunyai tulang rahang yang kecil atau sempit, sehingga gigi bungsu tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh dengan baik.

Diagnosis gigi bungsu

Kisaran biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Seorang dokter gigi atau ahli bedah mulut dapat mengevaluasi gigi dan mulut untuk menentukan apakah ada ruang bagi gigi bungsu untuk tumbuh dan apakah gigi bungsu tidak impaksi. Prosedur yang dapat dilakukan antara lain:

  • Menanyakan gejala dan kesehatan secara umum.
  • Periksa kondisi gigi dan gusi.
  • Rontgen gigi yang bisa mengungkapkan adanya gigi impaksi, serta tanda-tanda kerusakan gigi atau tulang.

Komplikasi Gigi bungsu

Kisaran biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Jika ada cukup ruang untuk gigi bungsu tumbuh, kemungkinan besar gigi bungsu tidak akan menimbulkan rasa sakit atau masalah lain. Namun, jika ruangnya cukup sempit dan gigi bungsu mengalami impaksi, beberapa komplikasi dapat muncul jika tidak segera ditangani saat gigi bungsu erupsi. Risiko komplikasi adalah:

  • Gigi lainnya rusak. Apabila gigi bungsu tumbuh di dekat gigi geraham kedua, maka dapat merusak gigi geraham kedua atau meningkatkan risiko infeksi di daerah tersebut. 
  • Kista. Gigi bungsu tumbuh menjadi kantong di dalam tulang rahang. Kantong tersebut bisa terisi dengan cairan yang akan membentuk kista sehingga bisa merusak tulang rahang, gigi, dan saraf. 
  • Gigi mengalami pembusukan. Gigi bungsu impaksi sebagian memiliki risiko kerusakan gigi (gigi berlubang) lebih tinggi dibandingkan gigi lainnya. Ini mungkin karena gigi bungsu lebih sulit dibersihkan, dan makanan serta bakteri lebih mungkin terperangkap di antara gusi dan bagian gigi yang erupsi.
  • Penyakit gusi. Kesulitan membersihkan gigi bungsu yang impaksi sebagian dan gigi bungsu yang erupsi meningkatkan risiko terkena inflamasi.

Operasi pengangkatan. Impaksi gigi bungsu yang membuat rasa sakit atau masalah gigi lainnya perlu dioperasi atau dicabut dengan prosedur pembedahan. Dengan dilakukannya pengangkatan gigi bungsu, diharapkan bisa mencegah adanya penyakit pada gigi dan gusi, infeksi, dan kista. Prosesnya meliputi:

  • Bius atau anestesi. Dokter biasanya akan memberikan anestesi lokal untuk membuat mulut mati rasa; Anestesi obat penenang mengurangi kesadaran atau bahkan anestesi umum dapat menyebabkan ketidaksadaran.
  • Pencabutan gigi. Selama pencabutan gigi, dokter gigi atau ahli bedah mulut Anda perlu membuat sayatan di garis gusi dan menghilangkan tulang yang mengganggu akses ke akar yang terkena. Setelah gigi dicabut, dokter gigi atau ahli bedah mulut biasanya menutup luka dengan jahitan dan membungkus ruang (alveolar) dengan kain kasa.

Setelah operasi gigi bungsu selesai, biasanya akan ada pembengkakan dan rasa sakit di sekitar mulut dan ini akan berlangsung sekitar 3-14 hari. Apabila kamu mengalami nyeri, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang bisa di beli sendiri atau rekomendasi dari dokter. Jika pipi kamu tampak bengkak atau memar, kamu dapat mengoleskan es atau perawatan khusus seperti yang ditentukan oleh dokter. Ingatlah untuk mengganti kasa di tempat ekstraksi seperti yang direkomendasikan oleh dokter.

Setelah dilakukannya operasi gigi bungsu, terdapat beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan lakukan, yaitu:

  • Istirahat minimal sehari
  • Hindari aktivitas berat minimal 1 minggu
  • Jangan menggosok gigi dan jangan gunakam obat kumur selama 24 jam pertama setelah operasi gigi bungsu
  • Makan hanya makanan lunak, hindari makanan pedas atau panas, banyak minum air putih, jangan minum melalui sedotan dan hindari alkohol, kafein dan minuman berkarbonasi selama 24 jam pertama setelah operasi gigi bungsu
  • Tidak merokok selama minimal 3 hari setelah operasi gigi bungsu

 

Berapa biaya operasi gigi bungsu?

Kisaran biaya operasi gigi geraham bungsu depok – Biaya operasi gigi bungsu dapat bervariasi tergantung pada seberapa sulit prosedurnya, lokasi klinik atau rumah sakit, pemeriksaan yang diperlukan, dan apakah ada asuransi yang akan menanggung. Jika dilakukan di klinik gigi swasta atau beberapa rumah sakit di Jakarta Selatan, biaya yang harus dikeluarkan untuk operasi gigi bungsu berkisar di angka mulai Rp. 2.000.000 sampai Rp. 4.280.000. Di daerah Jakarta Selatan, operasi gigi bungsu di klinik atau rumah sakit Jakarta Selatan Harga-harga tersebut belum termasuk dengan biaya obat, rontgen, konsultasi, dan lainnya. 

Biaya ini biasanya tidak termasuk biaya rontgen gigi panoramik, yang harus dilakukan sebelum pencabutan gigi bungsu. Harga rontgen panoramik juga dapat bervariasi dari satu laboratorium ke laboratorium lainnya. Namun biasanya kamu akan merogoh kocek sekitar Rp 150.000-300.000 per foto. Harga cabut gigi bungsu yang dilakukan oleh dokter gigi umum juga berbeda dengan harga cabut gigi bungsu di klinik gigi khusus. 

Kedengarannya menakutkan, tetapi operasi gigi bungsu biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak memakan banyak waktu. Tetap jaga kesehatan mulut agar terhindar dari biaya operasi gigi bungsu, ya. Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membantu memperkuat fungsi mulut dan tentu saja bisa mencegah sakit gigi. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran, protein, the hijau, susu rendah lemak, yoghurt, keju, dan lainnya. Mulai sekarang, yuk perhatikan kesehatan mulut! Jika kamu mengalami gejala gigi bungsu yang mengganggu dan tidak kunjung hilang, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter gigi, ya?

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( *Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa..* )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof