Kesehatan Mulut dan Penyakit Jantung – Dimensi Lama dan Tradisional

Global Estetik –  Sekarang ada bukti dari dua hubungan khusus antara kesehatan mulut dan penyakit jantung. Pertama, penelitian terbaru menunjukkan bahwa jika Anda memiliki penyakit gusi dalam tahap moderat atau lanjut, Anda berisiko lebih besar untuk penyakit jantung daripada seseorang dengan gusi yang sehat. Dan kedua, kesehatan mulut Anda dapat memberi dokter tanda-tanda peringatan untuk berbagai penyakit dan kondisi, termasuk yang ada di jantung.

Mengapa Hal-Hal Ini Terkait?

Kesehatan mulut dan penyakit jantung dihubungkan oleh penyebaran bakteri dan kuman lain, dari mulut Anda ke bagian lain dari tubuh Anda melalui aliran darah. Ketika bakteri ini mencapai jantung, mereka dapat menempel ke area yang rusak dan menyebabkan peradangan. Ini dapat menyebabkan penyakit seperti endokarditis, infeksi pada lapisan dalam jantung.

Kesehatan Mulut dan Penyakit Jantung- Global Estetik Dental Care
Kesehatan Mulut dan Penyakit Jantung- Global Estetik Dental Care

Pasien dengan kondisi gusi kronis seperti gingivitis atau penyakit periodontal lanjut memiliki risiko tertinggi untuk penyakit jantung yang disebabkan oleh kesehatan mulut yang buruk, terutama jika tetap tidak terdiagnosis dan tidak terkelola. Bakteri yang berhubungan dengan infeksi gusi berada di dalam mulut dan dapat memasuki aliran darah, di mana mereka menempel pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit kardiovaskular. Bakteri juga dapat bermigrasi ke dalam aliran darah Anda menyebabkan peningkatan protein C-reaktif, yang merupakan penanda untuk peradangan di pembuluh darah. Ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga :  5 Alasan Dibalik Mengapa Cowok juga Harus Pasang Kawat Gigi - Part 2

Gejala dan Tanda Peringatan

Menurut American Association of Periodontology (AAP), Anda mungkin menderita penyakit gusi, meskipun dalam tahap awal, jika:

  • Gusi merah, bengkak dan sakit saat disentuh.
  • Gusi berdarah ketika Anda makan, sikat atau floss.
  • Nanah atau tanda-tanda infeksi lain di sekitar gusi dan gigi.
  • Gusi tampak seolah-olah “menarik diri” dari gigi.
  • Sering memiliki bau mulut atau merasakan rasa tidak enak di mulut Anda.
  • Atau sebagian gigi kendur, atau merasa seolah-olah bergerak menjauh dari gigi yang lain.
Baca Juga :  Dampak Pasca Menopause pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Tindakan Pencegahan

Kebersihan mulut yang baik dan pemeriksaan gigi yang teratur adalah cara terbaik untuk melindungi diri terhadap perkembangan penyakit gusi. Dokter gigi merekomendasikan untuk menyikat gigi dua kali sehari dengan sikat berbulu lembut yang sesuai dengan mulut Anda dengan nyaman, sehingga Anda mencapai setiap permukaan gigi secara memadai.

Dengan bersikap proaktif tentang kesehatan mulut Anda, Anda dapat melindungi diri dari mengembangkan hubungan antara kesehatan mulut dan penyakit jantung, dan menjaga senyum Anda sehat, bersih dan indah sepanjang hidup Anda.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat