Kesehatan Gigi dan Letak Kepentingannya dalam Dunia Olahraga

Global Estetik – Terserah apakah Anda seorang atlet profesional atau amatir, atau bahkan jika Anda hanya penggemar tim lokal, Anda akan tertarik untuk mengetahui bahwa ada hubungan antara kesehatan mulut dan olahraga. Meskipun masalah fisik lainnya menyebabkan lebih banyak perhatian, masalah gigi sering terjadi pada atlet elit.

Pentinganya kesehatan gigi dalam Dunia Olahraga- Global Estetik Dental Care
Pentinganya kesehatan gigi dalam Dunia Olahraga- Global Estetik Dental Care

Kita tahu bahwa untuk seorang atlet, gizi hampir sama pentingnya dengan sesi latihan mereka. Tingginya konsumsi karbohidrat dan minuman energi terkait dengan karies, bahkan lebih tinggi ketika dikaitkan dengan kebiasaan kebersihan yang buruk.

Perubahan imunologi yang disebabkan selama latihan olahraga, atau stres dan ketegangan yang melekat dalam kompetisi yang juga dapat tercermin dalam bentuk bruxism yang juga mempengaruhi dalam pengertian ini. Dalam satu atau lain cara, ada banyak hasil penelitian yang menunjukkan hubungan antara memiliki mulut yang sehat dan kinerja olahraga terbaik.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011, 30 pemain dari F.C. Barcelona dianalisis selama 3 musim dan ditemukan bahwa mereka menderita trauma gigi, rongga aktif dan masalah gingiva, yang terkait dengan masalah kondisi fisik mereka. Baru-baru ini, pemain sepak bola lainnya, termasuk pemain Manchester United, telah berpartisipasi dalam studi serupa dan ditemukan bahwa tingkat kerusakan gigi yang tinggi ada pada sekitar 40% pemain termasuk didalamnya trauma dan penyakit gingiva.

Pentinganya kesehatan gigi dalam Dunia Olahraga- Global Estetik Dental Care
Pentinganya kesehatan gigi dalam Dunia Olahraga- Global Estetik Dental Care

Tahun lalu Organisasi Periodontik dan Osseointegration (SEPA) di Spanyol melaporkan bahwa “di antara para pemain dari FC Barcelonam hubungan antara tingkat plak bakteri dan jumlah cedera telah diidentifikasi“. Dalam studi lain dari British Journal of Sports Medicine yang dilakukan pada pesepakbola profesional Inggris, 77% dari mereka yang dievaluasi memiliki gingivitis dan 80% menderita penyakit periodontal.

Infeksi kronis, karies lanjut atau penyakit periodontal dapat menyebabkan cedera di mana saja di dalam tubuh. Bakteri berjalan melalui aliran darah dan dapat mencapai otot, sendi, tulang dan dalam kasus yang lebih serius jantung” – kata Dr Pardiñas López, spesialis Periodontik dan Bedah Mulut.

Pesepakbola dari seluruh dunia mulai meningkatkan kesadaran perawatan mulut sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup dan kinerja olahraga. Dengan tujuan ini, para pemain bola muda dari akademi La Masía mulai mendapatkan perhatian khusus dari SEPA dan F.C. Barcelona di mana mereka diberitahu tentang patologi oral dan pencegahannya.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat