Kenal Lebih Dekat dengan Gum Pocket

dokter gigi depok

Kenal Lebih Dekat dengan Gum Pocket

Global Estetik – Kantung atau saku gusi (pocket gum) adalah ruang atau celah antara gigi dan gusi di sekitarnya. Dokter gigi biasanya akan menggunakan penggaris kecil mungil yang disebut probe untuk mengukur jarak antara gusi dan gigi serta saku gusi ini. Gusi yang sehat akan duduk pas dengan gigi dan sakunya akan berukuran antara 1-3mm.

Ketika ada plak atau karang gigi di sekitar atau di bawah gusi, area ini mulai menarik diri membuat kantong yang lebih dalam karena peradangan dan pembengkakan dari bakteri. Keadaan inilaha saat gusi mulai memiliki ‘kantong’ lebih dalam dari 3mm yang mengindikasikan beberapa bentuk penyakit gusi. Kantong yang dalam ini sekarang akan memungkinkan bakteri untuk melakukan perjalanan lebih jauh ke bawah gusi dan dapat mulai mempengaruhi dan merusak tulang di sekitar gigi. Semakin dalam kantungnya, biasanya semakin parah peradangan atau penyakitnya.

Secara umum, ahli kesehatan atau dokter gigi akan merekomendasikan perawatan scaling dan pembersihan setiap 6 bulan. Perawatan ini biasanya akan menjadi penunjukan kebersihan yang teratur yang melibatkan scaling dan poles dan fluoride jika diperlukan. Pembersihan mendalam juga dikenal sebagai root planing akan sedikit berbeda, prosedur ini diresepkan untuk penyakit gusi yang telah berkembang atau untuk kantong yang lebih besar dari 4mm.

Prosedur ini akan melibatkan proses dimana dokter gigi akan dengan hati-hati menggunakan berbagai alat scaling untuk bekerja di bawah garis gusi untuk membersihkan kalkulus, puing-puing makanan yang tersangkut dan juga bakteri. Bagan pengukuran saku gusi mulut penuh juga diperlukan sebagai alat diagnostik untuk membantu memantau perkembangan penyakit gusi.

Selama pembersihan mendalam ini, Anda mungkin akan mati rasa dengan gel topikal atau obat bius jika diperlukan agar Anda merasa nyaman, dan pembersihan dapat dilakukan dengan sempurna. Prosedur scaling dan root planing mungkin akan membutuhkan 2 hingga 3 jadwal temu tergantung pada tingkat penyakit, ukuran kantong dan jumlah bakteri yang ada.

Kunjungan tindak lanjut juga mungkin diperlukan untuk memastikan bahwa gusi dan gigi Anda semakin sehat. Penting juga bagi dokter gigi untuk memastikan Anda telah menggunakan teknik dan alat yang tepat di rumah setiap harinya untuk memastikan gusi Anda memiliki peluang penyembuhan terbaik.

Penyakit gusi dapat diobati atau dikendalikan, tetapi mungkin memerlukan kunjungan perawatan yang lebih teratur, biasanya setiap 3-4 bulan di awal, untuk memantau status gigi, gusi, dan tulang Anda untuk memastikan gusi Anda telah sembuh, dan bakteri tersebut tidak kembali.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat