Global Estetik – Tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan kelebihan dan kekurangan veneer gigi. Kondisi gigi yang kuning bisa disebabkan karena beberapa hal seperti terlalu sering mengkonsumsi kopi, merokok, kurangnya perawatan pada gigi maupun yang lainnya.

Kondisi seperti inilah yang seringkali membuat diri seseorang merasa tidak percaya diri ketika tersenyum. Saat ini banyak orang yang tertarik dengan trend veneer gigi karena teknik yang digunakan ini dapat menyulap gigi kuning menjadi gigi putih mengkilap tanpa proses yang lama.

Kelebihan dan Kekurangan Veneer Gigi

Memang ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, namun Anda juga jangan melupakan efek samping atau kekurangan yang harus Anda alami. Proses pemasangan veneer gigi memang terdapat dua teknik yaitu untuk indirect dan direct. Untuk teknik direct ini Anda dapat melakukan konsultasi kepada dokter dan untuk lapisan gigi paling luar sedikit diasah supaya dapat dilakukan veneer gigi.

Setelah itu pemasangan veneer gigi bisa dilakukan saat itu juga dan dibentuk sesuai keinginan. Untuk bahan yang digunakan yaitu resin komposit. Sementara untuk teknik indirect tidak dapat dilakukan pada satu kali datang, namun pada saat datang pertama Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu. Setelah itu dokter mengikis lapisan terluar gigi menggunakan bahan seperti dempul.

Baca Juga :  Behel Gigi untuk Anak yang Tepat Bisa Jadi Pilihan Krusial

Kelebihan dan Kekurangan Veneer GigiKemudian dokter mencetak gigi lalu mengirimkan ke laboratorium supaya dibuatkan veneer gigi yang terbuat dari bahan porcelain. Kelebihan dari veneer Gigi dapat mengembalikan warna gigi agar terlihat putih. Terlebih lagi bagi yang mempunyai warna gigi kusam dan kuning. Selain itu juga bisa merapatkan gigi yang renggang, gigi retak, patah maupun rusak.

Veneer gigi bisa menutupi bagian pengikisan gigi, khususnya bagi yang mempunyai gigi abrasi di permukaan gigi. Kekurangannya dari pemasangan gigi menjadikan gigi sensitif terhadap minuman atau makanan panas dan dingin. Hal ini disebabkan lapisan gigi sudah dikikis sebelum pemasangan.

Pemasangan veneer gigi juga tidak cocok bagi Anda yang mempunyai gigi dengan gusi busuk, sakit tambalan gigi yang cukup besar, karena lapisan permukaan gigi tidak memadai, tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan maupun minuman. Terutama yang bisa menimbulkan noda pada gigi seperti anggur merah, the, kopi atau yang lainnya. kekurangan yang paling parah yaitu bisa menimbulkan kebusukan pada gizi.

Baca Juga :  Mau Tampil Lebih Cantik dan Percaya Diri? Veneer Gigi Solusinya

Fungsi utama dari veneer gigi yaitu supaya lapisan gigi yang kuning dapat tertutupi sehingga tampilan gigi pun terlihat lebih putih, bersih seperti kertas. Untuk veneer gigi juga memberikan hasil perawatan yang tahan lama dan lebih natural, sehingga saat tersenyum tidak terlihat seperti menggunakan veneer gigi.

Faktor terakhir dalam perbandingan kelebihan dan kekurangan veneer gigi adalah harganya. Anda perlu menyiapkan 1 hingga 2 juta apabila melakukan perawatan Direc venner. Sementara indirect veneer membutuhkan biaya kisaran 3 hingga 9 juta. Tidak semua gigi akan di veneer, akan tetapi gigi yang di veneer merupakan gigi yang hanya terlihat saat tersenyum saja, yaitu 8 gigi bawah dan 8 jika atas.