Kelebihan dan Kekurangan Gigi Palsu Lepasan

dokter gigi jakarta kelebihan dan kekurangan gigi palsu lepasan

Global Estetik – Sebelum memilih untuk melakukan perawatan, ada lebih baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan gigi palsu lepasan.

Dalam pemasangan gigi palsu terdapat dua pilihan, yaitu untuk pemasangan gigi lepasan dan pemasangan gigi permanen. Untuk gigi tiruan permanen adalah gigi buatan yang mana untuk proses pemasangannya secara tetap di bagian gusi. Sementara gigi lepasan bisa dipasang maupun dilepas tanpa harus melalui bantuan dokter.

Kelebihan dan Kekurangan Gigi Palsu Lepasan

Dari kedua pilihan tersebut pastinya masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Gigi tiruan lepasan memang mempunyai harga yang jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan gigi palsu permanen. Untuk awalnya gigi lepasan terbuat dari bahan acrylic, akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang mulai modern maka gigi palsu lepasan sudah dilengkapi dengan bahan penopang dari bahan logam,  namun giginya tetap terbuat dari akrilik.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan jika Anda hendak memasang gigi lepasan diantaranya:

Kelebihan:

  • Untuk kelebihan pemasangan gigi tiruan bisa dilepas maupun dipasang untuk.
  • Proses pemasangannya pun juga sangatlah mudah, sehingga Anda tidak perlu datang ke dokter gigi ketika ingin melepas atau ingin memasangnya.
  • Untuk harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.
  • Sangat tidak cocok jika digunakan untuk anak muda karena kebanyakan dari gigi lepasan digunakan oleh orang tua atau lanjut usia yang hampir seluruh giginya sudah lepas gigi.
  • Gigi palsu lepasan ini sudah dibuat sepaket komplit, sehingga Anda tidak perlu bingung ketika sudah banyak gigi yang tanggal.

dokter gigi depok Kelebihan dan Kekurangan Gigi Palsu Lepasan

Kekurangan:

  • Kekurangan yang bisa Anda temukan pada proses pemasangan gigi palsu lepasan yaitu perkembangan bakteri di mulut lebih mudah terjadi, sehingga hal ini seringkali membuat seseorang merasa tidak percaya diri karena adanya bau mulut yang tidak sedap.
  • Membutuhkan perawatan secara intensif pada setiap beberapa jam sekali supaya perkembangan bakteri di area mulut bisa dihindarkan.
  • Proses perawatan gigi lepasan juga tidak boleh sembarangan, karena harus menyikat dengan sikat gigi yang lembut.
  • Pada saat proses membersihkan gigi lepasan tidak disarankan menggunakan pasta gigi yang mempunyai kandungan deterjen karena hal ini dapat memudarkan warna gigi.
  • Saat hendak membersihkan gigi maka gigi harus dilepas terlebih dahulu.

Salah satu perawatan yang bisa dilakukan agar dapat menggantikan gigi yang sudah hilang yaitu dengan melakukan pemasangan gigi palsu. Ada beberapa penyebab gigi hilang misalnya seperti penyakit gusi, perawatan saluran akar yang gagal, trauma, gigi yang busuk, gigi berlubang yang dibiarkan secara terus-menerus ataupun yang lainnya.

Gigi palsu mampu memberikan banyak manfaat, namun ada juga kekurangan yang wajib diketahui sebelum memasangnya. Apabila Anda hendak memasang gigi palsu seperti gigi palsu lepasan maka beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di atas perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Mengingat bahwa untuk proses pemasangan gigi lepasan harus disesuaikan dengan kondisi gigi sehingga Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi. Setidaknya informasi kelebihan dan kekurangan gigi palsu lepasan ini akan membantu.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat