Global Estetik – Setiap tahun, ada setidaknya 2,8 juta orang dewasa di seluruh dunia yang meninggal karena kelebihan berat badan atau obesitas. Faktanya, BMI yang meningkat diketahui sebagai faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular, diabetes, gangguan muskuloskeletal terutama osteoartritis dan beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, endometrium, usus besar.

Kini, edisi terbaru dari General Dentistry, Journal Clinical of Academy of General Dentistry melaporkan bahwa, kelebihan berat badan juga dapat menjadi faktor risiko munculnya masalah penyakit gusi.

“Tubuh individu yang menderita obesitas tanpa henti menghasilkan sitokin, protein dengan sifat inflamasi. Sitokin ini dapat secara langsung melukai jaringan gusi atau mengurangi aliran darah ke jaringan gusi, sehingga mendorong perkembangan penyakit gusi, ” ungkap pemimpin grup peneliti Charlene Krejci, DDS, MSD.

Baca Juga :  Mengapa Beberapa diantara Kita Tidak Punya Gigi Geraham Bungsu ?

Sitokin sangat penting untuk penyembuhan tubuh secara normal, tetapi dalam kadar yang berlebihan, sitokin dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan gusi yang parah. Meskipun penelitian tentang hubungan antara obesitas dan penyakit gusi hingga kini masih berlangsung, kami sebagai dokter gigi menyarankan semua orang untuk mengunjungi dokter gigi mereka setidaknya dua kali setahun.

Dengan cara ini, dokter gigi pilihan Anda dapat mengevaluasi risiko Anda untuk terkena penyakit periodontal (gusi) dan menawarkan tindakan pencegahan untuk menjaga kesehatan mulut Anda seperti mencegah penumpukan plak dan potensinya untuk menjadi penyakit gusi.

Baca Juga :  Perawatan Saluran Akar Murah Cuma Ada di Klinik Ini!

Menjaga kebersihan mulut yang sempurna dengan menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan gigi secara teratur, dan pembersiah secara profesional  akan sangat membantu melindungi kesehatan mulut Anda. Perawatan dan pembersihan teratur akan memberikan tindakan skrining yang dapat mencegah potensi masalah lainnya.

Pernahkah Anda atau keluarga Anda diskrining karena penyakit gusi? Jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaan Anda kepada kami atau menemui kami di klinik Global Estetik yang tersedia di berbagai kota besar di Indonesia. Penawaran dengan berbagai jenis asuransi dan media pembayaran akan membantu Anda selangkah lebih dekat ke kesehatan gigi sempurna yang sebenarnya.