Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Siapa Bilang Gigi Ibu Hamil Ga Perlu Perhatian?

dokter gigi bandung

Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Siapa Bilang Gigi Ibu Hamil Ga Perlu Perhatian?

Global Estetik – Kehamilan umumnya dianggap sebagai periode ketika seorang wanita berusaha untuk secara khusus menyadari kebutuhan akan kesehatan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tingkat kesehatan tertinggi untuk diri dan anaknya yang sedang tumbuh.

Yang paling penting adalah banyak wanita mungkin tidak menyadari hubungan yang ada antara kesehatan mulut mereka dan kesehatan sistemik – umum – mereka, serta dampak faktor-faktor lain terhadap anak yang sedang berkembang dalam rahimnya.

Terlepas dari tujuan ini, mengabaikan kesehatan gigi tidak jarang selama kehamilan. Kesulitan yang dihadapi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang memuaskan tampaknya dapat dipahami ketika seseorang sering mual; tuntutan fisik dan pengekangan yang dipaksakan oleh kenaikan berat badan dan pertumbuhan perut; masalah yang ditimbulkan oleh sensitivitas dan peradangan yang berhubungan dengan jaringan gusi, disebut gingivitis kehamilan; dan kekhawatiran, meskipun tidak berdasar, bahwa aspek-aspek tertentu dari perawatan gigi mungkin akan berbahaya bagi bayi yang sedang berkembang. Tenang, series artikel ini akan membahas masalah-masalah penting ini.

Mulut yang Sehat, Tubuh yang Sehat

Setelah dianggap terlokalisasi secara eksklusif pada jaringan gusi, penyakit periodontal (gusi) dan bakteri terkaitnya sekarang dianggap terlibat dengan kondisi sistemik (umum) lainnya seperti penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke, diabetes mellitus (penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah tinggi) dan penyakit pernapasan.

Studi terbaru menunjukkan bahwa bakteri oral dan produk bi-nya memiliki kemampuan untuk melintasi plasenta – organ khusus yang memungkinkan transfer nutrisi dan faktor penting lainnya yang menopang dan meningkatkan pertumbuhan bayi yang sedang berkembang.

Lewatnya produk bakteri ini dapat memengaruhi janin (bayi yang sedang berkembang) dengan menstimulasi respons peradangan pada ibu, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan kelahiran prematur (prematur) (PTD).

PTD didefinisikan sebagai kelahiran sebelum 37 minggu kehamilan dan juga dikaitkan dengan berat lahir yang rendah  Asosiasi ini membuatnya penting bagi wanita yang sedang hamil untuk menjaga kesehatan mulut yang optimal dan menjaga perawatan gigi secara teratur.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat