Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Masih Takut Rontgen? Baca Ini Dulu Deh

klinik gigi bandung

Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Masih Takut Rontgen? Baca Ini Dulu Deh

Global Estetik – Radiografi gigi (rontgen) mungkin akan diperlukan untuk perawatan gigi atau keadaan darurat gigi yang tidak bisa menunggu. Infeksi gigi yang tidak diobati dapat menimbulkan risiko bagi janin, juga bagi ibu. Radiasi dari radiograf gigi (x-ray) sangat rendah, namun, setiap tindakan pencegahan perlu dilakukan untuk meminimalkan paparan radiasi.

Celemek bertimbal termasuk kerah, melindungi terhadap paparan ke perut dan khususnya kelenjar tiroid di leher (yang menghasilkan hormon tiroksin yang bertanggung jawab untuk mengontrol laju metabolisme atau fungsi tubuh). Radiografi pada gigi tidak dikontraindikasikan jika seseorang mencoba untuk hamil atau sedang menyusui.

Penggunaan Obat Selama Kehamilan

Obat-obatan yang diminum oleh wanita hamil dapat mempengaruhi perkembangan janin. Pada tahun 1979 FDA di Amerika Serikat, mendirikan sistem klasifikasi untuk menilai tingkat risiko janin yang terkait dengan banyak obat yang diresepkan.

Selain itu referensi dari dokter gigi juga akan krusial. Obat yang paling umum digunakan dalam kedokteran gigi termasuk anestesi lokal, dapat diberikan dengan relatif aman, dengan beberapa pengecualian. Misalnya, antibiotik tetrasiklin secara permanen dapat menghitamkan gigi yang sedang tumbuh.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi Selama Kehamilan

Sangat penting untuk menjaga kesehatan mulut yang baik selama kehamilan. Studi menunjukkan bahwa wanita hamil yang memiliki penyakit periodontal (gusi) yang parah mungkin berisiko lebih tinggi untuk persalinan prematur, yang pada gilirannya meningkatkan risiko memiliki bayi dengan berat lahir rendah.

Untuk individu yang memiliki penyakit periodontal (gusi) ada juga peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes dan penyakit pernapasan. Untuk menjaga kesehatan tubuh, pastikan Anda menjaga kesehatan mulut Anda. Cegah kerusakan gigi dan penyakit periodontal dengan menyikat gigi secara menyeluruh dua kali sehari untuk menghilangkan plak menggunakan pasta gigi berfluoride.

Pastikan untuk membersihkan sela-sela gigi Anda setiap hari dengan floss atau pembersih antar gigi lainnya. Pertahankan pola makan sehat, olahraga, dan tidur yang cukup.

Temui dokter gigi Anda secara teratur selama kehamilan dan pastikan Anda mendapatkan perawatan gigi yang bersifat mendesak. Kemudian kunjungi dokter gigi Anda secara teratur selama kehamilan untuk pemantauan dan pembersihan rutin. Jika Anda melihat ada perubahan pada mulut Anda selama kehamilan, kunjungi dokter gigi di Global Estetik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat