Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Kehamilan, Hormon dan Penyakit Periodontal (Gusi)

dokter gigi jakarta

Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Kehamilan, Hormon dan Penyakit Periodontal (Gusi)

Global Estetik – Hormon wanita normal, yang progesteronnya adalah satu, meningkat selama kehamilan dan juga pada wanita yang menggunakan pil KB tertentu yang mengandung progesteron tingkat tinggi. Di hadapan penyakit periodontal, progesteron merangsang produksi zat yang disebut prostaglandin, yang menyebabkan peradangan pembuluh darah di jaringan gusi.

Tanda-tanda peringatan penyakit periodontal (gusi) termasuk pembengkakan, kemerahan, perdarahan dan sensitivitas jaringan gusi, umum terjadi pada kehamilan dan dikenal sebagai kehamilan gingivitis (gingiva – jaringan gusi, itis – peradangan).

Pembuluh darah kecil dari jaringan gusi menjadi melebar sebagai respons terhadap peningkatan kadar hormon kehamilan dan karenanya lebih rentan terhadap efek bakteri plak dan toksinnya. Radang gusi terutama sering terjadi selama bulan ke dua hingga ke delapan kehamilan.

Kadang-kadang, pertumbuhan berlebih dari jaringan gusi yang disebut “tumor kehamilan” muncul pada gusi selama trimester kedua. Tumor ini tidak lebih dari pembengkakan; tumor kehamilan bersifat jinak dan tidak bersifat kanker.

Mereka biasanya ditemukan di antara gigi dan diyakini terkait dengan kelebihan plak bakteri gigi. Bagian ini akan mudah berdarah dan ditandai dengan permukaan merah seperti murbei yang tampak mentah. Bagian ini sering diangkat dengan operasi setelah bayi lahir jika mereka tidak mengempis sendiri.

Penyakit periodontal dan Potensi Kelahiran Prematur

Ada sekitar 10% dari semua bayi baru lahir meruapkan bayi dengan berat lahir rendah. Faktor risiko ibu untuk BBLR, bayi PTD meliputi usia, status sosial ekonomi rendah, obesitas, penggunaan alkohol dan tembakau, diabetes, hipertensi (tekanan darah tinggi), dan infeksi saluran genito-urin (genito-reproduksi, fungsi urin-ginjal, saluran – jalan).

Penyakit gusi awal tidak diperiksa, dapat berkembang menjadi periodontitis destruktif, peradangan dan infeksi pada struktur pendukung gigi. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya tulang penyangga gigi dan akhirnya gigi itu sendiri. Berbagai penelitian mendukung hubungan positif antara kelahiran prematur dan adanya penyakit periodontal (gusi) pada wanita hamil.

Meskipun mekanisme pasti yang mendasari hubungan ini masih belum jelas, banyak bukti yang menunjukkan bahwa bakteri plak pada gigi dapat menyerang jaringan plasenta dan memicu respons peradangan, yang akan menghasilkan pelepasan zat ke dalam aliran darah yang dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat