Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Asupan Nutrisi dan Perawatan Gigi

dokter gigi depok

Kehamilan dan Kesehatan Gigi – Asupan Nutrisi dan Perawatan Gigi

Global Estetik – Kebanyakan wanita yang sedang, atau mungkin sedang berpikir untuk hamil memiliki keinginani untuk mengunjungi dokter penyakit dalam, ginekolog, dan / atau dokter kandungan mereka. Profesi medis mulai berperan dalam pendidikan wanita hamil tentang kesehatan mulut mereka.

Dan profesional gigi, termasuk dokter gigi anak (spesialis dalam kedokteran gigi anak-anak), memainkan peran aktif dalam mentransfer pengetahuan tentang hal ini kepada ibu hamil tidak hanya untuk meminimalkan risiko kelahiran prematur, tetapi yang lebih penting untuk membantu memastikan kesehatan ibu dan bayi.

Tubuh & Nutrisi Sehat untuk Dua Sosok Penting

Selama kehamilan, siet sehat menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Ibu hamil harus mengonsumsi semua nutrisi penting: karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air, dan berdasarkan pada konsep variasi, keseimbangan dan moderasi.

Nutrisi ibu yang baik sangat penting untuk perkembangan kesehatan mulut bayi. Gigi primer (bayi) anak-anak mulai terbentuk pada sekitar minggu keenam kehamilan, dan mulai termineralisasi (membentuk enamel dan dentin) pada sekitar bulan ketiga hingga keempat kehamilan. Pola makan ibu harus mencukupi dalam semua nutrisi, terutama kalsium, fosfor, dan protein untuk memfasilitasi proses ini. Pedoman lain untuk diet kehamilan yang sehat meliputi:

  • Asupan bebas dari semua kelompok makanan: biji-bijian, buah-buahan, sayuran, sumber protein dan produk susu;
  • Suplemen zat besi yang memungkinkan (atas rekomendasi dokter) untuk mengimbangi kekurangan zat besi yang umum terjadi pada kehamilan;
  • Asam folat yang mencukupi (dari roti yang diperkaya sayuran berdaun hijau dan / atau suplemen) semuanya selama masa subur seorang wanita untuk membantu mencegah cacat selama kelahiran.

Defisit nutrisi dapat menyebabkan cacat dalam perkembangan gigi, dan aliran dan komposisi saliva yang sehat. Kekurangan protein dan kalori, Vitamin A, C, D dan yodium, kelebihan dalam fluoride dan Vitamin D, semuanya telah terbukti mempengaruhi perkembangan gigi manusia.

American Academy of Pediatric Dentistry (AAPD) tidak mendukung penggunaan suplemen fluoride untuk wanita hamil. Ketika kadar fluoride dalam pasokan air masyarakat di bawah optimal – kurang dari ideal, (di bawah 0,7 – 1,20 bagian per juta) dan setelah mempertimbangkan sumber-sumber lain dari diet fluoride, AAPD mendukung suplemen makanan anak dengan fluoride (setelah kehamilan).

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat