Global Estetik – Dalam lingkungan kedokteran gigi modern saat ini, 3D dengan cepat menjadi pusat dari banyak prosedur. Dokter gigi di luar negeri telah mulai menempatkan unit CBCT dan sistem tayangan digital yang merupakan standar untuk saat ini. 3D dan teknologi yang dibawanya saat ini merupakan seni mutakhir untuk praktik umum dan bukan lagi bidang spesialis.

Ketika permeasi teknologi terus berlanjut, penelitian telah menciptakan pasar yang memungkinkan klinik gigi untuk menggunakan 3D dengan cara yang  tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Dekade terakhir telah melihat pengalaman profesi kemampuan untuk memperoleh informasi pasien 3D dengan unit CBCT dan sistem tayangan digital.

Baca Juga :  Edukasi Terhadap Pasien Terkait Kanker Mulut dan Merokok

Sekarang dunia kedokteran gigi melihat kemajuan pada langkah berikutnya, dimana informasi ini dapat membuat prosthetics yang tetap dan dapat dilepas serta panduan bedah dan aligner. Sama seperti kemampuan untuk menciptakan informasi digital telah tumbuh dalam kehidupan pribadi, kemampuan untuk membuat informasi digital dalam praktik juga telah tumbuh — dan mungkin pada tingkat yang lebih tinggi.

Kemampuan klinik gigi untuk menyimpan semua informasi ini juga telah berkembang. Hal ini telah memungkinkan orang-orang pintar di laboratorium penelitian dan pengembangan untuk kemudian muncul dengan cara-cara baru dan menarik untuk menggunakan data itu untuk memberikan perawatan yang lebih efisien.

Baca Juga :  Apakan Prosedur Saluran Akar Boleh Dilakukan pada Pasien Anak-Anak?
Kedokteran Gigi Modern dalam Fokus Printer 3D

Salah satu area dalam kedokteran gigi yang siap untuk berkembang pesat menggunakan kebanyakan data 3D adalah ortodonsi, dan lebih khusus lagi, pelurus gigi. Perusahaan paling terkenal di bidang ini adalah Align Technologies dengan produk Invisalign mereka.

Periode awal mula kemunculan Invisalign, perusahaan kedokteran gigi modern ini berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan dan selama bertahun-tahun untuk menjadi pemimpin di pasaran ini. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak paten mereka telah kedaluwarsa dan hal ini membuka pasar bagi pesaing dan cara lain untuk meluruskan gigi.