Kebutuhan Nutrisi Pada Tiap Tingkat Pertumbuhan Manusia

dokter gigi depok

Kebutuhan Nutrisi Pada Tiap Tingkat Pertumbuhan Manusia

Remaja

Global Estetik – Pada masa remaja, faktor-faktor utama yang penting dalam asupan nutrisi adalah ketersediaan konstan dan penggunaan minuman manis seperti soda, air rasa atau minuman olahraga. Kontrol yang sempurna selama masa ini akan menjaga potensi kesehatan gigi untuk terus tetap sehat.

Periode ini juga penting untuk mulai menanamkan kebiasaan untuk menjaga kesehatan gigi yang pastinya akan sangat menentukan progres pada masa selanjutnya. Pengetahuan tentang sumber potensi masalah dan pentingnya menjaga keseimbangan asupan nutrisi menjadi salah satu inti dari periode berjenjang antara anak-anak dan para remaja.

Dewasa

Mereka yang sudah dewasa masih membutuhkan diet yang memadai untuk pemeliharaan struktur tubuh dan integritas jaringan, terutama kulit, jaringan ikat, dan tulang. Orang dewasa juga masih akan terus berisiko mengalami pembusukan gigi dan penyakit periodontal (gusi).

Kekurangan nutrisi dapat mengurangi resistensi terhadap penyakit dan kemampuan untuk melawan infeksi. Tanda-tanda defisiensi nutrisi lanjut biasanya pertama kali terlihat di rongga mulut. Kekurangan vitamin B kompleks (tiamin, riboflavin, niasin) dapat menyebabkan keretakan di sudut mulut dan perubahan bentuk lidah.

klinik gigi depok

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan warna lidah yang menjadi pucat. Mulut kering dari penggunaan obat-obatan juga dapat meningkatkan risiko diet yang memburuk.

Lanjut Usia

Mereka yang telah lanjut usia menghadapi berbagai tantangan yang dapat memengaruhi kesehatan mulut dan gizi mereka, dan secara khusus berisiko terhadap kekurangan gizi. Penuaan mempengaruhi kemampuan kita untuk mencerna dan menyerap nutrisi.

Saat mulut mengering karena kurangnya aliran saliva atau karena penggunaan obat-obatan tertentu, mereka yang telah tua lebih rentan mengalami masalah pembusukan gigi. Nafsu makan dan indera perasa dan penciuman juga menurun. Dehidrasi adalah masalah umum.

Masalah sosial yang umum seperti kekurangan uang, kurangnya kemampuan untuk mendapatkan dan menyiapkan makanan dan kesepian dapat merusak kemampuan orang dan keinginan untuk mendapatkan diet yang sehat. Kurangnya gigi atau gigi palsu dapat memperburuk masalah dengan membuatnya sulit untuk mengunyah makanan yang merupakan bagian dari diet sehat.

Orang yang lebih tua tidak boleh mengabaikan pentingnya nutrisi bagi kesehatan dan kesejahteraan dalam menghadapi masalah-masalah lain yang lebih mendesak ini.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat