Kebutuhan Gigi Anak Perlu Perhatian Penuh dari Orang Tua

klinik gigi bandung kebutuhan gigi anak

Kebutuhan Gigi Anak Perlu Perhatian Penuh dari Orang Tua

Global Estetik – Sebagian besar bayi tidak akan memiliki gigi mereka sampai mereka mencapai usia enam bulan, tetapi penting untuk mulai memperhatikan kebutuhan gigi anak sejak awal. Orang tua harus mulai membersihkan gusi bayi segera setelah lahir.

Dokter gigi anak menyarankan untuk menjadwalkan kunjungan pertama sebelum ulang tahun pertama bayi untuk memastikan gigi dan gusinya sehat. Selama tahun pertama, akan ada beberapa kondisi yang mungkin perlu Anda atasi. Berikut informasinya.

Kebutuhan Gigi Anak Saat Tumbuh Gigi

Gigi bayi akan mulai tumbuh melalui gusinya ketika ia mencapai sekitar tiga bulan. Tumbuh gigi adalah proses yang tidak nyaman, dan mungkin akan menyebabkan cepat marah, gelisah, dan rewel. Bayi juga bisa ngiler atau kehilangan minat makan.

kebutuhan gigi anak

Berlawanan dengan kepercayaan umum, tidak ada gejala lain yang jelas terkait dengan tumbuh gigi. Dokter gigi kerap menyarankan untuk menggosok gusi bayi dengan lembut atau memberikan cincin teething yang dingin untuk meredakan gejala. Jika gejalanya parah, hubungi klinik kedokteran gigi anak pilihan Anda untuk meminta saran.

Penyebab Kerusakan Gigi pada Anak

Kerusakan gigi akibat botol bayi adalah masalah pada gigi anak yang penting dan sering dijumpai. Hal ini disebabkan oleh paparan yang hampir konstan terhadap cairan manis setiap kali mereka tertidur dengan botol. Pemicunya termasuk susu, susu formula, jus buah, dan cairan apa pun yang mengandung gula atau pati alami.

Seiring waktu, gigi berlubang berkembang di gigi depan atas dan bawah. Jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan pada gigi depan bayi Anda, hubungi klinik Global Estetik untuk menjadwalkan pemeriksaan. Untuk mencegah pembusukan gigi akibat botol bayi, jangan biarkan bayi Anda tertidur dengan botol yang berisi apa pun selain air putih.

Merawat Gigi Pertama Bayi

Perawatan gigi anak-anak yang dimulai bahkan sebelum gigi mereka tumbuh. Gunakan kain bersih dan lembab untuk membersihkan gusi dan gigi bayi yang baru muncul. Gendong bayi di pangkuan Anda, dan gunakan jari yang tertutup kain untuk menggosok bagian gusi atas dan bawah dengan lembut.

Lakukan ini setelah sarapan dan setelah pemberian makan terakhir hari tersebt. Ketika gigi mereka mulai tumbuh, sikatlah beberapa kali sehari dengan sikat gigi yang berbulu halus sebagai pemenuhan kebutuhan gigi anak. Jangan gunakan pasta gigi sampai anak Anda setidaknya berusia dua tahun. Konsultasikan dengan dokter gigi anak Anda untuk rekomendasi penggunaan pasta gigi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat