Kebersihan Gigi yang Baik Dapat Membantu Mencegah Infeksi Jantung

Kebersihan Gigi yang Baik Dapat Membantu Mencegah Infeksi Jantung

Global Estetik – Melonggarkan rutinitas kebersihan mulut Anda tidak hanya membuat senyum Anda dalam risiko, tetapi juga meningkatkan risiko mengembangkan infeksi di lapisan atau katup jantung Anda. Umumnya, hanya pasien yang memiliki kondisi jantung tertentu atau sendi buatan yang dianggap berisiko tinggi mengembangkan infeksi jantung yang disebut endokarditis infektif, dan diberi resep antibiotik preventif sebelum prosedur gigi.

Para peneliti mempelajari 290 pasien gigi untuk melihat apakah bakteri memasuki aliran darah mereka ketika menyikat gigi mereka memiliki satu gigi yang diekstraksi setelah menerima injeksi antibiotik preventif dan memiliki gigi yang diekstraksi setelah menerima plasebo. Para ilmuwan mengambil darah dari setiap pasien sebanyak enam kali, termasuk sebelum, selama dan setelah menyikat atau ekstraksi, dan menganalisis sampel untuk bakteri yang terkait dengan endokarditis infektif (suatu kondisi yang disebut bakteremia).

Para ilmuwan menemukan bakteremia lebih sering terjadi pada kelompok yang mengalami ekstraksi, tetapi menyikat gigi juga mengakibatkan bakteri memasuki aliran darah, menunjukkan bahwa kegiatan rutin seperti menyikat gigi atau bahkan mengunyah makanan dapat menyebabkan bakteri memasuki aliran darah ratusan kali setahun.

Pencegahan Infeksi Jantung- Global Estetik Dental Care
Pencegahan Infeksi Jantung- Global Estetik Dental Care

“Sementara kemungkinan bakteremia lebih rendah dengan menyikat, kegiatan sehari-hari rutin ini cenderung menimbulkan risiko yang lebih besar untuk IE hanya karena frekuensi: yaitu, bakteremia dari menyikat dua kali sehari selama 365 hari setahun versus sekali atau dua kali setahun untuk kunjungan yang melibatkan pembersihan gigi, penambalan dan prosedur lainnya, ”kata Dr. Peter Lockhart, salah satu penulis penelitian. “Bagi orang-orang yang tidak berisiko untuk infeksi seperti IE, bakteremia jangka pendek tidak perlu khawatir.”

Studi ini menunjukkan bahwa 23 persen sampel dari kelompok peneltian ini memiliki bakteri yang terkait dengan IE, seperti yang dimiliki pada  33 persen dari ekstraksi dengan kelompok antibiotik dan 60 persen dari ekstraksi dengan kelompok plasebo. Insiden tertinggi terjadi dalam lima menit dari prosedur.

Pasien yang tidak menjaga kebersihan mulut yang baik memiliki lebih banyak penyakit mulut seperti penyakit gusi dan pembusukan, Dr. Lockhart menambahkan, “yang menyebabkan infeksi kronis dan akut seperti abses. Ini adalah hal semacam itu yang menempatkan Anda pada risiko bakteremia yang sering dan mungkin endokarditis jika Anda memiliki jantung atau kondisi medis lain yang membuat Anda berisiko. ”

Para penulis mengatakan bahwa menghindari penyakit gigi dengan menggunakan rutin kebersihan gigi yang baik dapat mengurangi risiko pasien untuk mengembangkan endokarditis infektif.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat