KAWAT GIGI BOGOR

 

Apa Itu Kawat Gigi?

Kawat Gigi Bogor –

kawatgigi

Kawat Gigi

Memperbaiki penampilan gigi yang tidak rata atau posisi rahang yang tidak benar, meskipun ada juga yang sengaja memasang kawat gigi meskipun tidak ada masalah pada gigi mereka karena penampilan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan kawat gigi, ketahui dulu jenis, proses pemasangan, dan risikonya.

Kawat Gigi Bogor – Anda pasti sering mendengar tentang kawat gigi, atau bahkan anda pernah merencanakan untuk memakai kawat gigi. Kawat gigi sendiri berguna untuk memperbaiki posisi gigi yang mungkin tidak rata dan juga posisi rahang yang tidak benar. Idealnya untuk pemasangan kawat gigi dilakukan saat umur 12-13 tahun jika anda sudah mengalami masalah gigi. Tapi, pemasangan kawat gigi juga bisa dilakukan saat anda sudah dewasa, tapi memang membutuhkan waktu yang lebih lama dan efeknya akan terbatas.

 Secara menyeluruh, sebenarnya fungsi dari tambal gigi adalah:

  1. Memperbaiki kondisi gigi yang terlalu berdesakan atau menumpuk
  2. Memperbaiki jarak gigi yang terlalu renggang
  3. Memperbaiki masalah pada rahang
  4. Memperbaiki kondisi gigi depan di bagian rahang atas yang terlalu maju kedepan atau kebelakang

 

Jenis jenis kawat gigi sesuai kebutuhan

Kawat Gigi Bogor – Dalam pemasangan kawat gigi diharuskan dengan ortodontis atau dokter spesialis yang memang sudah menjalani pelatihan khusus. Mereka yang akan menentukan jenis kawat gigi yang sesuai dengan kondisi anda. Berikut ini ada beberapa jenis kawat yang umum digunakan:

  1. Kawat gigi permanen

Kawat gigi ini terdiri dari kotak kotak yang seperti dilekatkan pada setiap gigi dan dihubungkan dengan kawat antara satu sama lain. Kawat disini berfungsi untuk mengkoreksi beberapa letak gigi dan juga mencegah masalah karena gigi yang tidak rata. Kawat ini terbuat dari logam jadi pada umumnya kawat ini mudah terlihat. Namun pada masa kini banyak kawat terbuat dari plastic tembung pandang atau keramik supaya dapat terlihat lebih samar, tapi tentu saja harganya akan lebih mahal.

  1. Kawat gigi lepas pasang

Kawat gigi ini mempunyai bentuk seperti penampang plastic dan diposisikan di beberapa gigi dan juga menutup langit langit mulut. Kawat gigi ini biasanya hanya digunakan dalam mengoreksi masalah kecil, seperti gigi bengkok. Kawat gigi ini bisa dilepaskan ketika melakukan kegiataan tertentu, atau saat menggosok gigi.

  1. Kawat gigi fungsional

Kawat gigi ini berupa sepasang kawat plastic lepas pasang yang akan dipadukan dan diatruh pada gigi bagian atas dan bawah. Kawat gigi ini berfungsi untuk menangani masalah posisi rahang bagian bawah dan atas yang tidak sejajar dengan gigi bagian bawah atau atas. Namun, kawat ini harus digunakan sepanjang waktu agar anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal, tapi anda tetap bisa melepaskanya saat makan atau ketika sedang dibersihkan.

  1. Headgear

Headger sendiri adalah pengait yang akan disambungkan dari kawat gigi dan akan ditaruh di kepala untuk menarik posisi gigi ke arah depan. Biasanya kawat gigi ini dipakai saat tidur, karena saat penggunaan kawat gigi ini pengguna tidak dapat makan atau minum.

  1. Retainer

Retainer dapat bersifat permanan ataupun lepas pasang. Kawat ini biasanya digunakan pada saat menjelang masa akhir perawatan ortodontis. Fungsi dari kawat ini adalah untuk menstabilkan posisi gusi, gigi, dan taulang dan juga mencegah posisinya kembali seperti semula. Setelah selesai pemakaian kawat ini, posisi gigi anda akan berubah secara alami dari waktu ke waktu.

  1. Kawat gigi lingual

Kawat gigi ini cukup mirip dengan kawat gigi permanen, tetapi yang berberda adalah kawat gigi lingual ini kotak kotaknya ditaruh atau ditempel pada bagian belakang gigini. Kawat ini bisa dibilang hampir tidak terlihat dan juga bekerja secepat kawat gigi permanen, namun harga kawat ini lebih mahal.

  1. Kawat gigi tembus pandang

Kawat gigi tembus pandang atau biasa disebut clear aligners ini dikhususkan untuk seseoranga yang pertumbuhan gigi dan gusinya telah berfungsi. Kawat ini digunakan untuk pelindung gigi, anda dapat melepasknya saat makan atau sedang membersihkan gigi. Namun produk ini membutuhkan biaya yang cukup besar, tapi produk ini lebih praktis dan yang pasti tidak mengganggu penampilan anda.

Langkah Pemasangan Kawat Gigi

  1. Yang pertama adalah dokter akan mengajukan beberapa pertanyaan seputar kesehatan pribadi anda.
  2. Yang kedua, anda akan mejalani beberapa pemerikasaan pada mulu, gigi, dan rahang anda. Ada juga pemerikasaan tambahan, seperti rontgen ini dilakukan untuk melihat posisi gigi dan rahang.
  3. Yang ketiga anda akan disuruh untuk menggigit bahan cetakan yang berbenruk gigi dan rahang, ini dilakukan untuk memntukan jenis perawatan yang tepat untuk anda.
  4. Pada saat tertentu terkadang cabut gigi diperlukan ini dilakukan untuk mengoreksi posisi gigi dan membuat ruang di sekitarnya agak gigi dapat tumbuh dengan baik.
  5. Lalu yang terakhir adalah pemasangan kawat gigi.

 

kawatgigibogor

kawatgigibogor

Manfaat dalam memakai pada bidang kesehatan:

  1. Meningkatkan Kesehatan Gigi

Kawat gigi berfungsi dalam menyelaraskan struktur gigi, selain itu juga mampu meningkatkan kebersihan gigi anda. Karena gigi yang tidak rata lalu masalah bakteri dan juga penyakit gusi ini dapat diatasi dengan penggunaan kawat gigi yang akan disesuaikan dengan kondisi anda.

  1. Melindungi Gigi

Kalau anda adalah orang yang mempunyai pola gigi yang tidak rata, akan dikhawatirkan berdampak bahaya kepada gigi. Dampaknya seperti gigi depan yang menonjol, kerusakan pada gigi ataupun masala gigi dini. Karena itu lah anda memerluka perlindungan, yaitu dengan memakai kawat gigi.

  1. Memperbaiki posisi gigi yang renggang

Jika anda memiliki gigi yang renggang ini pasti bisa merusah keindahan pada senyuman anda, ini juga bisa membuat makanan anda menyangkut pada sela sela gigi. Kondisi ini juga dapat mengakibatkan bau mulut hinga kerusakan gigi. Dengan pemakaian kawat gigi, posisi gigi yang renggang ini dapat diposisikan normal kembali.

        4.Menyelesaikan masalah makan

Beberapa orang mempunyai kesulitan dalam menggigit atau mengunyah makanan. Ini disebabkan karena gigi mereka yang tidak rata. Dan jika tidak segera diperbaikin, ini akan menyebabkan masalah pada pencernaan anda. Karena itu lah kawat gigi dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah makan.

Beberapa Risiko Pemasangan Kawat Gigi

 Berikut ini adalah beberapa risiko pemasangan kawat gigi yang perlu Anda ketahui:

  1. Sakit atau nyeri

Setelah anda melakukan pemasangan kawat gigi mungkin anda akan merasa sakit atau ngilu pada bagian gigi dan rahang anda setidaknya selam seminggu. Ini disebabkan karena adanya pergeseran gigi yang disebabkan oleh pemasangan kawat gigi. Rasa ngilu dan sakit juga dapat mucul setelah anda melakukan pengecengan kawat gigi pada kunjungan rutin anda. Biasanya dokter akan memberikan obat pereda nyeri kepada anda untuk meredakan rasa sakinya. Dan sebisa mungkin anda mengkonsumsi makanan lunak untuk beberapa saat.

  1. Sisa makanan terselip di sela kawat gigi

Salah satu kelemahan kawat gigi adalah mampu memperangkap sisa sia makanan, ini dapat memicu penumpukan bakteri dan plak pada gigi. Karena penumpukan bakteri ini maka gigi dapat berlubang, penyakit gusi, bau mulut, dan juga hilangnya mineral yang ada pada lapisan luar gigi.

  1. Akar gigi memendek

Beberapa orang mungkin akan mengalami resorpsi atau memendeknya akar gigi. Memendeknya akar gigi terjadi saat gigi bergerak ke arah tertentu akibat tekanan kawat. Akar gigi yang memendek dapat membuat gigi menjadi tidak kokoh atau kurang stabil. Namun ini adalah hal yang normal jika anda melakukan perawatan ortodontik dan sebenarnya tidak memerikan efek jangka panjang pada mulut yang sehat.

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg.Arnof