Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Makan Secara Normal Setelah Pencabutan Gigi?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Makan Secara Normal Setelah Pencabutan Gigi?

Global Estetik – Setelah mencabut gigi, dokter gigi Anda akan memberikan pedoman perawatan yang baik, sehingga Anda tahu cara merawat diri sendiri dan mengurangi risiko komplikasi pasca-operasi. Rekomendasi ini akan mencakup cara makan dan minum pada hari-hari setelah operasi Anda. Paling sering, pedoman diet setelah pencabutan gigi memungkinkan Anda untuk mengkonsumsi sesuatu yang cair dan makanan yang sangat lembut pada hari yang sama, setelah operasi dilakukan lalu diikuti dengan beberapa pedoman diet untuk beberapa hari kedepan.

Hari Pertama

Seberapa cepat Anda dapat mulai makan atau minum setelah pencabutan gigi bergantung pada tingkat operasi yang Anda lalukan. Dokter gigi dapat memberi Anda panduan khusus. Kebanyakan rekomendasi memungkinkan Anda untuk menkonsumsei seusutu yang cair dalam beberapa jam setelah operasi, bersama dengan makanan lunak yang membutuhkan sedikit bantuan kunyah, seperti es krim dan pudding. Penggunaan sedotan harus dihindari ketika ingin meminum, karena isapan yang tercipta ini dapat mengeluarkan bekuan darah yang menutupi luka Anda. Ini dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit dan pendarahan, sehingga akan menunda penyembuhan.

Hari Kedua dan Tiga

Pada hari setelah operasi gigi, mengkonsumsi sesuatu yang cair dan makanan lunak dapat dilanjutkan, Anda juga harus dapat memasukkan lebih banyak jenis makanan selama Anda menghindari terlalu banyak mengunyah. Jaga makanan tetap lembut, jadi kurang mengunyah diperlukan agar lebih sedikit partikel makanan yang tersisa di mulut. Dokter gigi juga dapat merekomendasikan penghindaran alkohol setidaknya selama 24 hingga 48 jam pertama setelah operasi, karena alkohol dapat berinteraksi dengan obat pasca operasi Anda dan menunda penyembuhan luka lebih cepat.

Waktu Untuk Makan Setelah Pencabutan Gigi- Global Estetik Dental Care
Waktu Untuk Makan Setelah Pencabutan Gigi- Global Estetik Dental Care
Beberapa Minggu Pertama

Untuk 1 hingga 2 minggu setelah operasi, Anda akan disarankan untuk menghindari mengunyah makanan di tempat ekstraksi yaitu tempat pencabutan gigi dilakukan, untuk menghindari gangguan pada proses penyembuhan. Selama waktu ini, Anda dapat beralih kembali ke sebagian besar makanan yang biasa Anda konsumsi. Namun, makanan pedas atau asam harus dihindari sampai bekas pencbutan gigi sepenuhnya sembuh, sehingga ekstraksi tidak teriritasi. Juga hindari makanan renyah dan lengket, yang dapat mengeluarkan bekuan jika dikunyah di dekat tempat ekstraksi.

Tindakan Pencegahan

Setelah makan, Anda akan ingin menjaga kebersihan area pencabutan gigi, tetapi ikuti panduan dokter gigi mengenai cara menyikat gigi, flossing dan pembilasan. Temui dokter gigi Anda jika mengalami tanda-tanda infeksi, seperti demam, pembengkakan atau rasa sakit yang semakin parah, nanah mengalir dari tempat operasi atau pendarahan yang berlanjut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat