Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi? Ini Skema Lengkapnya!

Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi

Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi? Ini Skema Lengkapnya!

Global Estetik – Kapan anak bayi tumbuh gigi? Usia berapa mereka akan tumbuh gigi? Dan bagaimana cara merawatnya? Tiga pertanyaan ini kerap ditanyakan para oran tua apalagi mereka yang baru-baru memiliki bayi.

Kapan Anak Bayi Tumbuh Gigi?

Hal pertama yang perlu dibahas adalah tentang kapan anak bayi tumbuh gigi dan pada usia berapa. Pada umumnya gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/- 6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan.

Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut tumbuh boleh jadi lebih dari satu gigi akan muncul dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

View this post on Instagram

Halo Sahabat Global👋🏻 Gigi si kecil mulai lepas atau tanggal dan berganti ke gigi permanen? Nah kamu harus berhati-hati nih jika gigi si kecil lepas dan gigi penggantinya belum siap. Kenapa ya? . . . #gigisusu #crown #gigipalsulepasan #gigipalsu #gigipalsupermanen #gigipalsujakarta #gigipalsuakrilik #dirumahaja #kawatgigi #ortho #braces #behelgigijakarta #behelgigibandung #behelgigidepok #behelgigi #doktergigijakarta #doktergigijakartaselatan #doktergigijakael #doktergigijakartatimur #doktergigijaktim #doktergigijakartabarat #doktergigijakbar #doktergigidepok #doktergigibandung #doktergigibogor #klinikgigijakarta #klinikgigidepok #klinikgigibandung #klinikgigijakartaselatan #klinikgigijakartatimur

A post shared by Globalestetik.com (@globalestetikdentalcare) on

Jika anak sudah berumur 8 bulan dan belum juga tumbuh gigi itu bukan pertanda tidak normal, jadi para orang tua tidak perlu terlalu risau, namun untuk lebih menenangkan hati silahkan konsultasikan dengan dokter gigi anak di Global Estetik. Intinya, para orang tua tidak perlu panik tentang jadwal kapan anak bayi tumbuh gigi.

Bagaimana Jika Gigi Bayi Belum juga Tumbuh?

Perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

Jika gigi susu terlambat tumbuh padahal anak lahir cukup bulan, maka tentu ada faktor lain diantaranya pola makan anak. Jika selama ini bayi hanya diberi makanan yang lunak saja maka sebaiknya anak mulai dikenalkan dengan makanan yang bertekstur dan agak keras. Tentunya cara memasak dan jenis makanan disesuaikan dengan usia bayi.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat