Kenapa ya Gusi Saya Pucat ?

Kenapa ya Gusi Saya Pucat ?

Global Estetik – Sementara gusi biasanya berwarna merah muda, terkadang mereka menjadi pucat yang biasanya dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Beberapa kondisi dapat menyebabkan hal ini, dan gusi pucat mungkin menunjukkan masalah kesehatan yang lebih serius. Sangat krusial untuk berbicara dengan dokter atau dokter gigi tentang gejala ini sehingga anda dapat menyingkirkan penyebab yang mendasari masalah ini.

1. Anemia
Alasan Gusi Pucat- Global Estetik Dental Care
Alasan Gusi Pucat- Global Estetik Dental Care

Anemia terjadi bila kita tidak memiliki cukup sel darah merah yang sehat di tubuh. Sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke organ tubuh dan jaringan. Bila jaringan gusi anda tidak mendapatkan cukup oksigen, itu mungkin akan menjadi penyebab munculnya gusi pucat.

Gejala anemia lainnya meliputi:

  • kelelahan
  • kulit pucat atau kekuningan
  • sakit kepala
  • tangan atau kaki dingin
  • masalah pernapasan
  • pusing

Anemia biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, folat, atau vitamin b-12. Penyebab lainnya meliputi perdarahan yang berlebihan, gangguan hati dan limpa, hipotiroidisme, dan kelainan genetik. Bergantung pada penyebab yang mendasarinya, treatment mungkin melibatkan suplemen diet, transfusi darah, atau pengobatan.

2. Leukoplakia

Leukoplakia mengacu pada bercak putih di sekitar bagian dalam mulut, termasuk gusi. Bintik-bintik itu tidak bisa digosok, dan dokter tidak yakin dengan penyebab pastinya. Anda mungkin juga menemukan mereka bercampur dengan bercak merah. Tembakau merupakan faktor risiko yang kuat.

Sementara leukoplakia biasanya tidak berbahaya, ini bisa menjadi penyebab kanker, terutama bila memiliki bintik merah dan putih. Kanker di bagian bawah mulut juga cenderung muncul dekat dengan leukoplakia. Pastikan untuk memberi tahu dokter gigi pilihan anda tentang bintik atau warna yang tidak biasa di mulut.

3. Kekurangan vitamin K
Alasan Gusi Pucat- Global Estetik Dental Care
Alasan Gusi Pucat- Global Estetik Dental Care

Vitamin K membantu proses pembekuan darah, dan bayi yang tanpa cukup asupan vitamin K di sistem mereka dapat berdarah tak terkendali. Ini menghasilkan gejala yang mirip dengan anemia, termasuk gusi pucat. Kondisi ini mudah diobati dengan suntikan vitamin K. Gejala lain yang tidak dapat muncul jika kekurangan vitamin K antara lain:

  1. memar
  2. kulit pucat
  3. iritasi
  4. muntah
  5. tinja gelap
  6. kejang
4. Menopause

Hormon akan fluktuasi selama menopause yang juga bisa mempengaruhi warna gusi. Beberapa wanita mengalami gingivostomatitis menopause, infeksi di mulut dan gusi. Gingivostomatitis menopause dapat membuat gusi terlihat lebih pucat atau lebih gelap dari biasanya dan menyebabkan perdarahan. Mengonsumsi suplemen estrogen biasanya dapat menyelesaikan masalah menopause gingivostomatis.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat