5 Jenis Tambalan Gigi yang Paling Umum

Jenis Tambalan Gigi

Global Estetik – Dunia kedokteran gigi telah berevolusi dengan menawarkan banyak jenis tambalan gigi. Gigi yang bolong atau rusak tentu dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Jika Anda mengalami hal tersebut, tidak perlu khawatir karena permasalahan ini bisa diatasi dengan cara ditambal. Apabila kondisi gigi rusak atau berlubang dibiarkan dalam waktu yang lama, pastinya akan menjadikan sisa-sisa makanan terperangkap di dalam lubang.

Jika hal ini terjadi, maka dapat merangsang adanya pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu gigi akan terasa nyeri ketika terdapat makanan yang masuk ke celah gigi berlubang. Ada banyak sekali jenis tambal gigi yang paling umum dijumpai di dokter gigi. Diantaranya seperti berikut ini:

Jenis Tambalan Gigi yang Paling Umum

  1. Tambal Gigi Perak Atau Amalgam

Kebanyakan dari prosedur gigi yang satu ini tidak hanya menggunakan perak biasa saja. Namun juga terdapat campuran dari 50% timah, perak, seng, tembaga, maupun 50% merkuri. Tambal gigi jenis ini lebih populer karena harganya yang murah. bahannya mampu bertahan hingga 10 sampai 15 tahun dan terbuat dari bahan yang kuat.

Namun sayangnya kekurangan yang dimiliki yaitu dapat menimbulkan warna lapisan gigi sekitar menjadi abu abuan, warna tidak sama seperti warna gigi, sehingga cukup mengganggu estetika. Amalgam dapat mengembang jika mengkonsumsi air dingin atau panas, sehingga menimbulkan gigi retak.

  1. Tambal Gigi Komposit

Tambal gigi komposit terbuat dari bahan material resin yang dicampur dengan plastik. Kemudian dimasukkan ke lubang gigi. Tekstur awalnya memang lunak, namun setelah disinari dengan cahaya biru dapat mengeras seperti gigi. Untuk warnanya memang cenderung hampir mirip seperti gigi, sebab itu banyak orang yang lebih memilih jenis penambalan gigi yang satu ini.

Walaupun harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan gigi amalgam,  Anda juga harus kontrol gigi paling tidak lebih dari satu kali. Proses pemasangan sekitaran 20 menit. Untuk bahannya dapat bertahan hingga 5 tahun. Namun daya tahan bisa saja berkurang apabila lubang gigi semakin membesar.

  1. Pasang Gigi Emas Kuning

Emas kuning dapat dijadikan sebagai pilihan bagi Anda yang ingin menambal gigi dengan bahan yang tahan lama dan awet. Alasannya karena bahan emas kuning ini tidak menimbulkan korosi dan sangat kokoh sehingga dapat bertahan hingga 15 tahun.

Jenis Tambalan Gigi Harganya memang mahal, yaitu mencapai 10 kali lipat dibandingkan dari amalgam. Tambal gigi ini bisa menimbulkan arus listrik karena adanya interaksi antara air liur dan logam emas. Namun hal ini jarang terjadi.

  1. Semen Ionomer Kaca atau Glass Ionomer Cement

jenis tambal gigi ini terbuat dari bahan akrilik dan kaca khusus yang berwarna putih. Biasanya jenis penambalan gigi ini paling banyak digunakan anak-anak untuk menutupi tambalan pada garis gusi. Keuntungan yang bisa diperoleh yaitu bisa dilepaskan, sehingga dapat melindungi gigi dari adanya kerusakan yang lebih lanjut.

  1. Tambal Gigi Keramik atau Porselin

Meskipun harganya cukup mahal, namun ternyata porselin atau keramik menjadi pilihan banyak para masyarakat ketika ingin menambah giginya. Alasannya karena porselin ini mempunyai warna yang hampir menyerupai gigi.

Tampil cantik dengan gigi yang indah dan bersih pastinya semua orang menginginkannya jadi jangan ragu untuk memilih jenis tambalan gigi yang sesuai.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat