JENIS GIGI PALSU LEPASAN DEPOK

Jenis gigi palsu lepasan depok

Jenis gigi palsu lepasan depok

Yuk Simak!

globalestetik.com – Jenis gigi palsu yang beraneka ragam dapat membantu mengatasi bermacam masalah gigi, terutama gigi yang perlu dicabut karena berbagai alasan. Gigi pengganti ini dapat membantu anda dalam proses pencernaan makanan, dan melengkapi penampilan anda. Pemasangan gigi palsu ini penting untuk dilakukan sebagai bagian untuk pengganti gigi yang sudah tanggal. Tidak hanya untuk menunjang penampilan saja, tetapi juga untuk mengoptimalkan aktivitas di dalam mulut. Ada beberapa macam jenis gigi palsu yang dapat dijadikan alternatif untuk yang membutuhkannya. 

 

Proses Pemasangan Gigi Palsu

Jenis gigi palsu lepasan depok – Untuk proses pemasangan gigi palsu permanen ataupun gigi palsu lepas pasang tentu saja berbeda. Namun pada umumnya memerlukan waktu 2 – 3 minggu sebelum gigi tiruan dapat dipasang di rongga mulut. Proses pemasangan gigi tiruan ini berbeda, tergantung pada jenisnya.

Untuk gigi tiruan lepas, berikut ini tahapan yang dilakukan sebelum alat tersebut dipasang:

  1. Melakukan pemeriksaan rongga mulut secara menyeluruh yang dilakukan oleh dokter gigi.
  2. Melakukan pemeriksaan dengan foto rontgen untuk melihat posisi gigi dan tulang secara lebih rinci.
  3. Jika ada sisa akar gigi, maka harus dicabut terlebih dahulu.
  4. Setelah rahang benar-benar dinyatakan bersih, pencetakan gigi dilakukan menggunakan bahan yang khusus.
  5. Membuat gigi palsu di laboratorium dengan menggunakan cetakan gigi yang sudah dibuat.
  6. Memasang gigi palsu oleh dokter gigi.

Untuk gigi tiruan jembatan, proses yang dilakukan hampir sama. Namun untuk pemasangan jenis ini, memerlukan pengurangan lapisan gigi yang akan digunakan sebagai tumpuan gigi palsu menggunakan bor. Untuk persiapan pemasangan implan, akan dilakukan prosedur operasi pemasangan sekrup implan sebelum dilakukan pemasangan gigi palsu. Gigi tiruan dapat dipasang setelah jaringan dinyatakan sembuh dari operasi pemasangan implan. 

 

Jenis Gigi Palsu Berdasarkan Jumlah

Jenis gigi palsu lepasan depok – Jika dilihat berdasarkan jumlahnya, ada dua macam gigi palsu, yaitu:

  • Gigi palsu lengkap

Gigi palsu loengkap merupakan pemasangan gigi tiruan untuk tujuan mengganti semua gigi yang gilang, baik gigi bagian atas maupun bagian bawah. Jenis ini pada umumnya digunakan oleh orang tua yang tidak memiliki gigi sama sekali.

  • Gigi palsu sebagian

Gigi palsu sebagian merupakan gigi palsu yang pada umumnya digunakan untuk mengganti beberapa gigi yang hilang. Gigi palsu sebagian pada umumnya terbuat dari bahan jenis plastik, nilon, atau pelat logam sejumlah dengan gigi palsu yang melekat.

 

Jenis Gigi Palsu Berdasarkan Sifat

Jenis gigi palsu lepasan depok – Berdasarkan sifatnya, ada dua macam gigi palsu, yaitu:

#1. Gigi palsu lepasan

Jenis ini juga biasa disebut dengan gigi palsu lepas pasang. Gigi palsu lepas pasang ini adalah tiruan yang dapat dilepas dan pasang sendiri oleh penggunanya. Pada umumnya, pengguna gigi palsu ini akan dilepas sebelum tidur lalu dibersihkan dan dikenakan kembali esok paginya.

Gigi palsu lepasan dapat berupa gigi tiruan penuh ataupun sebagian. Ada tidak jenis bahan gigi palsu lepasan ini yaitu:

  • Akrilik

Gigi Palsu Akrilik Depok– Gigi palsu dengan bahan akrilik dapat dikatakan yang paling murah dari pada jenis lainnya. Jika anda memakai gigi palsu jenis inii, akan ada kawat yang dikaitkan ke gigi sebagai pegangannya.

  • Valplast (Flexi denture)

Berbeda dari jenis bahan akrilik, gigi palsu jenis bahan valplast ini pada umumnya tidak menggunakan kawat untuk alasan estetika. Jika anda menginginkan gigi palsu dengan tampilan yang cantik, maka jenis bahan valplas ini dapat menjadi salah satu pilihan yang terbaik.

  • Frame (kerangka logam)

Jenis bahan frame ini dapat dikatakan yang paling unggul diantara jenis bahan gigi tiruan lainnya. Hal ini dikarenakan terbuat dari logam dan dibuat tipis sehingga sangat nyaman untuk digunakan serta relatif lebih stabil saat digunakan untuk berbicara atau mengunyah makanan.

#2. Gigi palsu permanen

Berbeda dengan jenis gigi palsu lepasan, gigi palsu permanen ini tidak dapat dilepas dan pasang, karena dalam pemasangannya direkatkan menggunakan semen gigi. Ada 3 macam gigi palsu permanen yang sering digunakan yaitu implant, crown, dan bridge.

Jenis gigi tiruan yang digunakan paling sering untuk mengganti gigi geraham adalah crown dengan bahan PFM.

Untuk membuat gigi tiruan gigi bagian depan, maka digunakan all porcelain dan keramik karena mempertimbankan nilai keindahan dan kekuatan tekanan saat mengunyah. Ada 3 macam gigi palsu permanen, yaitu:

  • Implan (dental implant)

Prosedur pemasangan implan dilakukan dengan menanam gigi palsu permanen ke gusi. Proses ini dilakukan melalui 2 tahap, yaitu impla ; dan crown dan abutment. Dibutuhkan waktu minimal 1.5 bulan untuk melakukan tahap ke dua. Kelebihan dari implan gigi ini adalah tampilannya yang nampak alami, seperti gigi asli.

  • Crown (mahkota tiruan)

Gigi palsu dengan bahan crown ini dapat menjadi alternatif untuk orang yang menderita gigi keropos. Crown dipasang untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak karena kropos, berlubang, dan yang lainnya. Namun, crown hanya untuk menggantikan mahkota gigi saja, jadi akar gigi harus tetap masih ada.

  • Bridge

Jenis gigi palsu ini diberikan untuk orang kehilangan satu atau lebih gigi. Jenis gigi palsu dengan bahan bridge ini dipasang dan disangga oleh gigi disekitarnya. Maka dari itu, gigi ini perlu diperkecil dan di-crown

 

Pentingnya Memasang Gigi Palsu saat Gigi Asli Copot

Jenis gigi palsu lepasan depok – Berbeda dari kita yang masih memiliki gigi susu, yang jika copot maka akan tumbuh gigi lagi, gigi permanen yang sudah copot, tidak lagi bisa tumbuh. Maka untuk itu, pemasangan gigi palsu ini sangat diperlukan untuk beberapa alasan berikut ini:

  • Tidak terlihat ompong

yang pada mumnya menjadi alasan seseorang memasang gigi palsu adalah untuk hal estetika. Memiliki gigi yang ompong tentu saja membuat seseorang merasa kurang percaya diri, dan gigi yang ompong tentu saja mengganggu penampilan.

  • Agar gigi di dekatnya tidak geser

Ketika ada celah kosong di rahang, gigi asli dapat bergeser ke rung yang kosong tersebut. Gigi asli  akan bergeser kesamping, lalu gigi dibagian atas atau bawah dapat naik atau turun ke arah yong kosong. Jika seperti ini, lama kelamaan gigi akan menjadi tidak rapi dan berantakan.

  • Dapat mengunyah kembali

Memiliki gigi yang ompong tentu saja mengganggu pada saat mengunyah makanan. Misalnya, jika gigi bagian depan hilang, lalu anda mengunyah menggunakan gigi bagian belakang untuk menggigit makanan. Padahal fungsi dari gigi bagian belakang adalah untuk mengunyah makanan. Begitu pula sebaliknya. Jika anda kehilangan gigi geraham anda, maka anda akan sangat kesulitan untuk mengunyah makanan, dan anda akan menggunakan gigi lainnya yang fungsi sebenarnya gigi tersebut bukan untuk mengunyah makanan.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

RuteGmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg Arnof