JENIS GIGI PALSU DEPOK

Jenis gigi palsu depok

Jenis gigi palsu depok

 

JENIS GIGI PALSU DEPOK

Jenis gigi palsu depok – Hai sobat semua! Ketemu lagi bareng Mimin nih hihi. Untuk artikel kali ini kitaakan membahas persoalan lebih dalam mengenai jenis jenis gigi palsu. 

Eittss. Kita bahas dulu ya mengenai hal hal penting yang harus banget sobat ketahui sebelum menggunakan gigi palsu. Apa aja si? Yuk langsung aja.

Hal hal penting yang harus diketahui sebelum menggunakan gigi palsu – Hal pertama nih. Pada umumnya gigi palsu digunakan oleh orang yang lanjut usia saja atau bisa dibilang orang tua atau sudah berumur. Akan tetapi, sesuai dengan perkembangan zaman dan era sekarang  banyak sekali dari kalangan anak muda yang sudah ikut menggunakan gigi palsu. Loh kok bisa?Bisa dong apasi yang ga hehe. Nah kegunaannya pun tidak hanya untuk menggantikan gigi yang sudah hilang saja tetapi juga dapat memperbaiki gaya atau penampilan seseorang.

Jenis gigi palsu depok – Apapun alasannya , ada baiknya sobat semua mengetahui terlebih dulu ya hal hal yang penting apabila hendak menggunakan gigi palsu. Ini dia sebagai berikut :

  • Kenapa harus memakai gigi palsu ?
  • Jenis jenis gigi palsu.
  • Keunggulan dan kelemahan pada masing masing jenis gigi palsu.
  • Budget untuk menggunakan gigi palsu.

Kita bahas satu persatu ya sobat.

Kenapa harus memakai gigi palsu?

Jenis gigi palsu depok – Alasan yang paling klasik yang sering orang orang lontarkan adalah karena gigi yang mengalami pengeroposan. Alasan lainnya lagi adalah karena gigi yang patah dan tanggal. Lantas kenapa gigi yang mengalami pengeroposan, patah dan tanggal harus sesegera mungkin diganti dengan gigi palsu?

Oke sobat yuk kita bahas, alasannya sangat penting karena apabila gigi sudah mengalami salah satu hal tersebut maka fungsinya akan menurun dan menjadi lambat. Hal ini sangat berkaitan pada  saat kita sedang mengunyah makanan loh sobat. Ya nantinya ketika kita sedang mengunyah makanan akan terasa kesulitan pun menjadi tidak nyaman. Jadi alasan yang paling utama agar mengembalikan kinerja gigi seperti semula. Alasan lain yang harus diketahui yaitu mengapa gigi yang mengalami pengeroposan, patah dan tanggal harus diganti itu karena nantinya akan merusak kreditkan dan penampilan seseorang. Waduh bahaya banget kan sobat. Alasan yang tidak kalah penting lainya lagi yaitu pergeseran gigi. Mengapa bisa seperti itu? Hal ini dikarenakan apabila salah satu gigi yang hilang karena sebab tersebut , secara otomatis di sebelah gigi yang sudah hilang nantinya akan bergeser sehingga menjadi miring kearah gigi yang sudah hilang tersebut. Inilah alasannya memakai gigi palsu itu penting.

Baca Juga :  Klinik Gigi Terdekat Bogor Terbaik Nomor 1

Jenis Jenis Gigi Palsu

Jenis gigi palsu depok – Nah apabila sobat semua ingin menggunakan gigi palsu, maka sobat harus tau jenis jenis gigi palsu yang sudah ada loh dan nantinya memilih jenis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan gigi sobat semua. Yuk intip apa aja si jenis jenisnya : 

a. Gigi Palsu Permanen 

Gigi palsu permanen ini tidak bisa untuk dilepas dan biasanya hanya bisa dikerjakan oleh dokter gigi saja. Ada beberapa macamnya loh ternyata, ini dia : 

  • Dental implant

Dental implant ialah gigi palsu permanen yang bisa berdiri sendiri tanpa perlu bantuan dari gigi lainya. Dikarenakan dental implant ditanam kedalam gusi ,itulah mengapa gigi dapat berdiri sendiri dan fungsinya pun sama dengan gigi aslinya.

Ada 2 bagian pada dental implant yaitu akar gigi dan mahkota gigi. Pertama yang harus dikerjakan adalah akar gigi yang dimana harus dipasang secara langsung pada gusi dan juga tulang rahang.

Setelah akar buatan sudah kuat, lakukanlah pemasangan bagian pada tahap kedua yaitu mahkota gigi. Jarak antar pemasangan akar dan mahkota nya yaitu kurang lebih satu setengah bulanan.

  • Crown

Pada kasus gigi keropos dan patah, gigi palsu crown adalah pilihan yang sangat tepat. Crown sendiri nantinya akan menggantikan gigi yang patah pada bagian mahkota giginya saja tidak disertai akar gigi.

  • Bridge

Jenis gigi palsu ini menggunakan gigi sebelahnya untuk digunakan sebagai pegangan sehingga harus mengurangi ukuran gigi yang ada di sebelahnya.

b. Gigi Palsu Lepasan

Jenis gigi palsu depok – Jika gigi palsu permanen tadi akan terus melekat dan hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi saja, maka berbeda hal nya untuk gigi palsu lepasan, gigi palsu lepasan dapat dilepas dan dapat dilakukan oleh pengguna atau pasien itu sendiri loh sobat. Ada berbagai macam gigi palsu lepasan nih ternyata, apa aja sih? sebagai berikut ya :

  • Akrilik

Akrilik sendiri merupakan jenis yang paling umum dan tertua pada macam gigi palsu, dengan bahan bahan yang terbuat dari plat akrilik sehingga jenisnya biasanya tebal. Selain itu, akrilik pun menggunakan kawat yang digunakan sebagai penyangga yang nantinya dipasang pada gigi yang lain.

  • Valplast 
Baca Juga :  Konsep Kesehatan Gigi untuk Para Atlet - Dimensi Masalah Seorang Atlet

Valplast sendiri yakni merupakan jenis gigi palsu lepasan yang sangat lentur dan tidak memerlukan kawat lagi. Adapun bahannya yaitu thermoplastic yang sangat nyaman dan aman apabila dibandingkan dengan jenis akrilik.

  • Kerangka logam

Kerangka logam merupakan jenis gigi palsu lepasan yang hampir sama dengan jenis akrilik. Sebab keduanya sama sama menggunakan kawat yang diterapkan pada gigi lainya. Sedangkan yang membedakan antar keduanya adalah jenis ini lebih tipis ukurannya dikarenakan bahannya yang berasal dari logam.

Itulah beberapa macam gigi palsu lepasan ya sobat.

Keunggulan dan Kelemahan Pada Masing Masing Jenis Gigi Palsu

Jenis gigi palsu depok – Nah tiap tiap jenis gigi palsu pasti memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Nih kita kasih tau ya. Pada jenis lepasan keunggulan nya adalah biaya yang relatif lebih terjangkau dibanding yang permanen, atau bahkan bisa dibilang murah loh.

Lalu untuk jenis yang permanen tentu lah membutuhkan perawatan yang lebih ekstra hal ini dikarenakan nantinya akan terus menempel digigi, harganya pun termasuk mahal bila dibandingkan dengan gigi yang lepasan.

Akan tetapi , jenis permanen tidak akan merepotkan loh sobat karena akan terus menggunakannya jadi tidak diperlukan pasang lepas. Bisa dibilang tidak perlu dicopot.

Harga Menggunakan Gigi Palsu

Jenis gigi palsu depok – Pada saat menggunakan gigi palsu,pastilah kita pun akan menelisik harga harganya. Nah Mimin punya sedikit informasinya. Untuk harganya sendiri pun akan tergantung pada jenis yang diterapkan serta dari bahan yang digunakan. 

Nih kitakasih tau ya sobat : 

Harga untuk menggunakan gigi palsu permanen itu berbeda beda yang didasarkan oleh jenisnya. Pada jenis dental implant, merupakan jenis yang paling mahal dikarenakan proses pemasangannya yang cukup rumit.Nah harga ini tersebut dapat berubah sewaktu waktu ya sobat.

Sekian dulu yang dapat kita sampaikan semoga artikel ini bisa membantu sobat semua agar dapat memilih gigi palsu terbaik yang sesuai dengan kebutuhan sobat sekalian.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 ( Persis di Sebelah Samsat ITC Depok Di Dalam Gedung ITC nya yaa.. )

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : 

https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/

 

Penulis oleh Drg. Arnof