Jenis Bau Mulut dan Penyebabnya

klinik gigi bandung

Jenis Bau Mulut dan Penyebabnya

Global Estetik – Makan menu-menu tertentu dan malas menggosok gigi sering kali menimbulkan masalah seperti bau mulut tak sedap. Tapi, penyebab lain bau mulut bisa jadi karena mulut kering atau berkurangnya air liur. Nyatanya, bau mulut sendiri menunjukkan kualitas kesehatan kita. Dilansir dari laman Foxnews, ada lima jenis bau mulut yang diakibatkan gejala penyakit tertentu.

1. Bau mulut seperti kapus barus

Bau mulut layaknya kapur barus menunjukkan adanya alergi atau ingus berlebihan. Hal ini disebabkan karena ada masalah sinus yang kronis karena bakteri di mulut mengubah protein dalam lendir menjadi senyawa tertentu yang disebut skatole.

2. Bau mulut rasa buah

Bau mulut yang beraorma buah menunjukkan kemungkinan penyakit diabetes. Gula dalam darah disebarkan ke seluruh tubuh untuk menjadi energi.

dokter gigi depokJika tidak disalurkan, gula darah akan naik dan sel tubuh mulai membakar lemak untuk menjadi energi. Hasil sampingan inilah yang menghasilkan aroma buah.

3. Bau mulut seperti yogurt

Jika bau mulut seperti susu asam atau yogurt, artinya kamu alergi dengan laktosa. Bau ini menunjukkan protein dalam susu tak tercerna dengan baik. Gejala lain yang timbul seperti diare, kram, dan gas setelah mengonsumsi susu dan produk olahannya.

4. Bau mulut seperti popok

Bau mulut seperti inimenunjukkan kemungkinan kamu memiliki batu amandel. Bakteri atau sisa olahan makanan bisa tersangkut di tenggorokan akan memebentuk lapisan di celah-celahnya. Baunya yang busuk seperti popok kotor.

5. Bau mulut busuk

Bau busuk menunjukkan kamu memiliki penyakit paru-paru. Aroma yang terlampau busuk meski sudah rajin menggosok gigi dengan benar menunjukkan adanya tanda-tanda paru-paru mulai terinfeksi atau bahkan adanya kanker di bagian ini.

Namun perlu dicermati, tes napas perlu dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab sebenarnya. Dokter akan memastikan dengan stetoskop bahkan tes darah, x-ray, atau tes lainnya. Tapi kalau penyebabnya karena malas menggosok gigi, kamu harus mengubah kebiasaan buruk itu.

Rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur akan jadi penghalang utama untuk masalah ini. Gosok seluruh permukaan gigi dan lidah untuk membersihkan sisa makanan dan bakteri nakal penyebab bau mulut.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat