Jangan Mau Kalah Sama Bakteri di Dalam Mulut!

klinik gigi jakarta

Jangan Mau Kalah Sama Bakteri di Dalam Mulut!

Global Estetik – Ketika mempertimbangkan bagaimana bakteri berperilaku di dalam mulut, perbandingan terbaik dapat dipilih adalah manusia dan restoran. Saat makan, mulut manusia menyediakan nutrisi bagi bakteri yang berada di dalam mulut. Setiap kali Anda minum jus atau soda, Anda pada dasarnya memberi mereka makan. Setiap kali Anda memasukkan sesuatu ke dalam mulut, bakteri akan diberi makan yang sehat.

Manusia tidak hanya memberi makan bakteri, tetapi kita juga memberi mereka perlindungan, yang memungkinkan mereka untuk tumbuh dan bereproduksi. Sementara tinggal di dalam mulut kita, nyaman dan diberi makan, bakteri membuat banyak keluarga plak kecil yang juga menyebut mulut Anda, rumah. Selain itu, untuk meningkatkan tingkat kenyamanan, bakteri membangun rumah-rumah kecil di dalam mulut Anda yang melindunginya dari pertahanan melawan plak alami di tubuh Anda. Dalam industri kesehatan gigi, ‘rumah’ ini disebut sebagai matriks ekstraseluler mereka.

Hindari Potensi Menjadi Kamar Mandi Bagi Bakteri

Seperti kebanyakan organisme hidup, bakteri perlu menggunakan kamar mandi setelah mengonsumsi makanan yang kita beri mereka makan. Bakteri pergi bekerja, mencerna makanan mereka melalui proses glikolisis. Setelah makanan melewati sistem pencernaan mereka, mereka harus membuangnya dan ketika mereka melakukannya, makanan itu akan terlepas, ke seluruh bagian dalam mulut dan gigi Anda.

dokter gigi jakartaTidak hanya ini kotor untuk dipikirkan tetapi juga sangat berbahaya bagi kesehatan gigi kita – ‘produk limbah’ bakteri mengandung asam berbahaya, yang disebut asam laktat. Asam laktat memiliki dampak yang sangat buruk untuk gigi Anda yang dapat melarutkan enamel pada gigi. Ini adalah bagaimana gigi berlubang, atau karies gigi, berkembang. Jika proses ini tidak dirawat, gigi Anda akan membusuk sedemikian rupa sehingga harus diganti dengan gigi tiruan oleh dokter gigi.

Cara Menghentikan Bakteri

Betapapun buruknya hal ini, ada beberapa kabar baik: Anda dapat menggunakan metode yang telah terbukti ini untuk memenangkan pertarungan melawan bakteri yang hidup di dalam mulut Anda.

  • Sikat gigi – Menyikat gigi adalah cara yang efektif untuk menghilangkan bakteri dari gigi Anda. Setelah bakteri dan matriks ekstraselulernya dikeluarkan, air liur Anda dapat bekerja, memulihkan enamel gigi. Tanpa menyikat, air liur tidak dapat melewati matriks bakteri dan karenanya tidak dapat memperbaiki enamel.
  • Floss – Meski menyikat gigi secara teratur sangat penting, penting juga untuk dicatat bahwa sikat gigi tidak dapat mengakses semua area mulut. Floss diperlukan untuk menghilangkan bakteri dari area yang sulit dijangkau ini.
  • Bantu Anak Anda – Anak kecil tidak dapat menyikat dan membersihkan gigi dengan cukup efektif untuk menghilangkan semua bakteri dari gigi mereka. Jadi solusi utama bagi si buah hati adalah dengan membantu mereka dalam proses tersebut.

Meskipun tidak mungkin untuk menghilangkan semua bakteri dari mulut, langkah-langkah di atas akan membantu Anda untuk menurunkan efektifitas bekerja mereka. Dengan tidak menghilangkan plak, bakteri akan tumbuh ke tingkat yang tidak sehat yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti radang gusi dan gigi berlubang.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat