Inilah Teknik Pemasangan Crown Gigi yang Benar

Inilah Teknik Pemasangan Crown Gigi yang Benar

Global Estetik – Sebelum dikirim ke laboratorium, dokter akan memilih warna crown yang cocok untuk gigi Anda. Warna mahkota gigi tiruan akan disesuaikan dengan gigi-gigi di sekitarnya, sehingga susunan gigi Anda tidak akan terlihat ‘belang’.

Pada akhir dari kunjungan sebelum pasang crown gigi, dokter akan memasangkan crown gigi sementara. Langkah ini bertujuan menutupi dan melindungi gigi yang telah disiapkan untuk dipasangi mahkota gigi tiruan. Proses pembuatan crown gigi permanen umumnya akan memakan waktu sekitar 2-3 minggu. Jika crown gigi terbuat dari porselen, dokter gigi akan memilihkan warna yang paling mendekati warna gigi asli Anda.

Pemasangan crown gigi

Setelah crown gigi selesai dibuat, dokter gigi akan melepas mahkota tiruan gigi sementara dan membersihkan sisa-sisa mahkota sementara, agar crown bisa menempel dengan baik.

Setelah itu, dokter gigi akan melakukan persiapan proses pasang crown gigi permanen, seperti memasang tali khusus. Tali khusus ini dipasang agar gusi dapat turun saat pemasangan crown, membuat crown tertanam lebih baik di gusi, dan terlihat lebih alami.

Crown gigi akan dipasang menggunakan bahan khusus yang berfungsi sebagai lem, supaya bisa menempel dengan baik ke gigi aslinya. Sesudah proses pasang crown gigi selesai dan terasa nyaman, Anda bisa langsung pulang.

dental cartoon vector, dental implant with crown

Perawatan yang harus dilakukan setelah pasang crown gigi

Ada beberapa langkah perawatan gigi yang biasanya disarankan oleh dokter gigi setelah Anda memasang crown gigi. Apa sajakah itu?

  • Menghindari makanan bertekstur lengket dan kenyal, misalnya permen karet dan permen karamel. Jenis makanan ini berisiko menarik mahkota gigi tiruan Anda.
  • Menjauhi makanan bertekstur keras karena berpotensi membuat crown gigi baru Anda patah.
  • Meminimalkan penggunaan sisi mulut atau gigi yang menggunakan mahkota gigi tiruan.
  • Tetap membersihkan gigi seperti biasa, dengan sikat gigi maupun benang gigi (dental floss). Dengan ini, sisa makanan tidak terselip dan menyebabkan penumpukan bakteri.

Jika berniat untuk pasang crown gigi, Anda sebaiknya mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai prosedur dan hasilnya terlebih dahulu. Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum memutuskan pemasangan crown gigi.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat