Inilah Mengapa Perawatan Gigi Palsu Sangat Krusial

Klinik Gigi Bandung

Inilah Mengapa Perawatan Gigi Palsu Sangat Krusial

Global Estetik – Meskipun tingkat jumlah orang dewasa yang berhasil mempertahankan gigi natural mereka sampai usia tua terus meningkat, masih ada banyak orang yang memakai gigi palsu untuk menggantikan satu, beberapa atau semua gigi alami mereka. Gigi palsu dapat mengembalikan rasa percaya diri, membantu dalam berbicara dan mengunyah makanan, serta membantu tersenyum setelah kehilangan gigi. Sama seperti gigi alami, gigi palsu ini juga memerlukan sistem pembersihan harian untuk mencegah munculnya masalah.

Gigi palsu, sejak pertama kali ditempatkan di mulut Anda, mulai menyembunyikan bakteri. Selain itu, saat Anda menikmati makanan ringan, partikel kecil dari makanan yang Anda konsumsi dapat terperangkap di bawah permukaan gigi palsu Anda. Semua puing-puing ini, jika tidak diangkat secara teratur, dapat menyebabkan bau mulut, masalah pada gusi dan munculnya kemerahan atau rasa sakit di mulut Anda di mana gigi palsu biasanya duduk. hal ini dapat menyebabkan infeksi mulut seperti denture stomatitis.

Masalah disebabkan oleh jamur yang disebut sariawan. Sariawan dapat muncul di bagian lain dari tubuh, tetapi ketika mempengaruhi mulut pemakai gigi palsu, masalah ini disebut disebut denture stomatitis. Kebersihan gigi palsu yang buruk dan tidak melepas gigi palsu pada malam hari adalah penyebab paling umum untuk kondisi ini. Namun, penderita diabetes, orang yang menggunakan steroid dan perokok juga berisiko lebih tinggi terkena masalah ini.

dokter gigi depok

Selain infeksi lokal, penelitian telah menunjukkan bahwa bakteri yang hidup di gigi palsu juga dapat menyebabkan masalah kesehatan umum seperti radang paru-paru – terutama di kalangan pasien lanjut usia. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research mengklaim bahwa orang tua yang cenderung memakai gigi palsu selama tidur akan menggandakan risiko mereka terkena pneumonia.

Karena itu sangat penting untuk menghabiskan hanya beberapa menit setiap harinya untuk merawat gigi palsu. Jika Anda masih belum mengerti caranya, berikut adalah pedoman untuk perawatan gigi palsu yang efektif yang telah diringkas dalam empat langkah berikut:

  1. Sikat gigi palsu setiap hari menggunakan pembersih gigi palsu non-abrasif, tetapi bukan pasta gigi.
  2. Setelah menggosok gigi palsu, rendam mereka dalam larutan pembersih khusus gigi palsu. Lakukan ini setiap hari dan selalu ikuti pedoman produsen.
  3. Selalu jauhkan gigi palsu Anda di malam hari.
  4. Temui dokter gigi Anda secara teratur untuk memeriksa kesehatan mulut Anda.
Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat