Inilah Mengapa Kanker Mulut Sangat Berbahaya

dokter gigi depok

Inilah Mengapa Kanker Mulut Sangat Berbahaya

Global Estetik – Kanker adalah salah satu kata paling menakutkan dalam dunia modern. Jika Anda salah satu dari semakin banyak orang yang bertekad untuk mengambil peran aktif dalam perawatan kesehatan Anda sekarang dan di masa depan, Anda pasti akan ingin mempelajari apa yang dapat Anda lakukan tentang salah satu pembunuh utama di era yang telah sangat maju saat ini.

Pengetahuan adalah kekuatan utama dan mari kita mempersenjatai diri kita dengan sebanyak mungkin pengetahuan tentang kanker. Kami akan mulai dengan tinjauan umum dan kemudian menerapkan informasi ini ke jenis yang lebih spesifik yaitu kanker mulut.

Apa itu Kanker?

Kanker adalah kelas penyakit yang ditandai oleh pembelahan sel yang tidak terkendali dan kemampuan sel kanker untuk menyebar. Kanker dapat tumbuh ke jaringan terdekat melalui proses yang dikenal sebagai invasi, atau dapat diangkut melalui aliran darah atau sistem limfatik (sistem kompleks kelenjar dan saluran aktif dalam pertahanan tubuh terhadap penyakit), ke daerah yang jauh dengan apa yang disebut metastasis.

Ada banyak jenis kanker; seberapa parah gejalanya umumnya tergantung pada sifat keganasan yang merujuk pada sel kanker yang biasanya memiliki kemampuan untuk menyebar, menyerang, dan menghancurkan jaringan. Sebagian besar kanker dapat diobati dan beberapa bahkan dapat disembuhkan, tergantung pada jenis, lokasi dalam tubuh, dan pada tahap apa kanker didiagnosis.

Namun, setelah didiagnosis, kanker biasanya diobati dengan kombinasi operasi, kemoterapi – obat yang menghancurkan sel kanker dan radioterapi – teknik membunuh sel kanker dengan radiasi.

Bagaimana Sel Normal Bertransformasi?

Pertumbuhan sel yang tidak teratur yang menjadi ciri kanker disebabkan oleh kerusakan pada DNA. Gen adalah mesin perintah yang memberi tahu sel apa yang harus dibelah. Mutasi, perubahan pada DNA, mengubah dan merusak fungsi sel yang tepat.

Banyak peristiwa mutasi dapat terjadi untuk mengubah sel normal menjadi ganas. Apa yang menyebabkan mutasi ini terjadi? Mereka dapat disebabkan oleh radiasi, bahan kimia atau agen fisik yang dikenal sebagai karsinogen, atau oleh virus tertentu yang dapat memasukkan bahan genetik mereka sendiri ke dalam sel manusia.

Sejauh ini ada dua karakteristik mutasi yang mengkhawatirkan, yang pertama adalah kanker dapat terjadi secara spontan, dan mereka dapat diturunkan dari satu generasi sel ke generasi berikutnya.

Tags:

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat