Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Membersihkan Lidah

dokter gigi depok

Inilah Alasan Mengapa Anda Harus Membersihkan Lidah

Global Estetik -Ketika orang-orang memikirkan kesehatan mulut mereka, kebanyakan dari mereka fokus pada menyikat gigi dan membersihkan gigi mereka tanpa menyadari bahwa gigi hanya terdiri dari 1/20 dari semua permukaan mulut. Bayangkan di dalam mulut kita hidup lebih dari 700 jenis bakteri yang menempel pada semua jaringan keras dan lunak mulut kita, termasuk pipi, gusi dan terutama lidah kita.

Permukaan lidah ditutupi oleh benjolan kecil yang disebut papillae, dan di dalam lekukan kecil mereka mengumpulkan bakteri, sel kulit mati, dan partikel makanan. Lapisan bakteri ini dan serpihan lain yang terperangkap di lidah dapat menyebabkan bau mulut dan warna putih pada lidah. Tidak hanya itu, tetapi bakteri pada lidah juga dapat mengendap kembali ke gigi dan gusi bahkan setelah dibersihkan yang pada akhirnya akan meningkatkan kemungkinan penumpukan plak dan karang gigi, serta kerusakan gigi dan penyakit gusi.

Kesehatan lidah sama pentingnya dengan kesehatan gigi dan menjaga lidah tetap sehat dan bersih yang tidak membuat sarang bakteri adalah kunci untuk mencegah kondisi serius lainnya. Kebanyakan orang berpikir bahwa menggunakan obat kumur adalah cara terbaik untuk menghilangkan napas yang tidak enak tetapi sayangnya ini bukanlah solusi terbaik.

Ketika berbicara tentang halitosis, sebagian besar penyebab utama mereka adalah lapisa biofilm yang menutupi lidah. Membilas tidak akan berhasil karena ketika obat kumur digunakan, hanya sel-sel luar biofilm yang dihancurkan, sel-sel di bawah permukaan masih terus berkembang.

Untuk melawan bau mulut, kita perlu menghilangkan lapisan biofilm ini secara fisik. Inilah sebabnya mengapa membersihkan lidah harus menjadi bagian dari rutinitas harian kesehatan mulut Anda.

Bagaimana cara membersihkan lidah?

Ada dua cara utama untuk membersihkan lidah dengan benar: menyikat gigi (Anda dapat menggunakan sikat gigi biasa) dan mengikis (dengan pengikis lidah (scaper).

Cara terbaik dan paling efektif untuk membersihkan lidah Anda adalah dengan menggunakan pengikis lidah. Tempatkan scraper di bagian belakang lidah sambil menjulurkan lidah, dan dengan tekanan merata, geser scraper ke bawah di sepanjang permukaan lidah ke arah ujung.

Bilas scraper dan ulangi, pastikan untuk bergerak dari belakang lidah ke ujung agar tidak secara tidak sengaja menelan bakteri. Setelah seluruh permukaan lidah dibersihkan, bersihkan dan keringkan scraper lidah secara menyeluruh, dan sikat serta gosok gigi Anda seperti biasa. Sikat lidah Anda setidaknya dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

Jika Anda telh mencoba semua teknik ini dan bau mulut terus mengganggu, mungkin ada masalah lainnya yang mendasarinya. Konsultasikan dengan dokter gigi Bandung di Global Estetik sesegera mungkin, sehingga gigi Anda dapat diperiksa untuk potensi rongga yang tersembunyi dan pembusukan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat