Ini Efek Samping Saat Anda Menyikat Gigi Terlalu Keras

Ini Efek Samping Saat Anda Menyikat Gigi Terlalu Keras

Global Estetik – Membersihkan gigi Anda adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan gigi. Menyikat gigi yang baik sangat penting karena membantu menghilangkan plak dari gigi, mencegah kalkulus, dan penyakit gusi. Persatuan Dokter Gigi Indonesia juga merekomendasikan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali dalam sehari. Namun, menyikat gigi ternyata juga memiliki efek samping yang harus Anda perhatikan agar tidak mengganggu keseharan gigi. Berikut ini adalah tiga ancaman yang dapat menghampiri jika Anda menyikat gigi terlalu keras:

Gusi berdarah

Satu masalah dengan menggosok gigi adalah kadang-kadang bisa membuat gusi Anda berdarah. Ketika Anda mendorong sikat gigi, sikat gigi akan mengarah ke gusi. Selain itu, menggunakan benang gigi juga bisa menyebabkan perdarahan di gusi. Pendarahan juga bisa terjadi ketika Anda menderita penyakit gusi, karena penyakit gusi menyebabkan gusi menjadi lunak dan mudah berdarah. Gusi berdarah dapat membuka area pada gigi dan membuatnya rentan terhadap bakteri, bahkan infeksi bakteri yang menyerang aliran darah Anda. Jika menderita gusi berdarah setiap kali menyikat gigi, beri tahu dokter gigi Anda.

Efek Menyikat Gigi Terlalu Keras- Global Estetik Dental Care
Efek Menyikat Gigi Terlalu Keras- Global Estetik Dental Care
Invasi Bakteri

Menurut situs Gum Resesi, mulut mengandung bakteri agresif. Sikat gigi juga mengandung jumlah bakteri yang tinggi. Akibatnya, membersihkan gigi bisa berbahaya jika Anda menderita periodontitis. Periodontitis dapat menyebabkan gusi surut dan memungkinkan bakteri masuk ke aliran darah Anda. Jika Anda memiliki kondisi ini saat menyikat gigi, Anda dapat secara tidak sengaja mendorong bakteri ke dalam aliran darah Anda, ini dapat menyebabkan infeksi yang parah. Beberapa jenis bakteri gigi bahkan dapat menyebabkan pembekuan darah untuk membentuk dan menyerang paru-paru atau jantung Anda. Jika Anda menderita penyakit gusi, Anda perlu melihat periodontist secara teratur untuk perawatan ke dokter gigi.

Membuka luka

Ketika Anda menyikat gigi terlalu keras, Anda dapat merusak gusi dan menyebabkan luka terbuka. Ini dapat terjadi lebih mudah pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua, karena mereka memiliki kulit yang lebih rapuh. Ulkus ini bisa menyakitkan dan membuat makan, minum dan mengunyah makanan jadi menyiksa. Lebih baik menyikat lebih lama daripada menyikat lebih keras. Menurut Kids Health, sangat penting untuk menggunakan sikat berbulu lembut, terutama untuk anak-anak agar tidak menimbulkan luka pada gusi mereka.

Setelah mengetahui efek samping menyikat gigi, tentu Anda akan lebih hati-hati agar tidak merusak kesehatan gigi dan mulut.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat