Implan Gigi Jakarta Utara

Implan gigi jakarta utara

Implan gigi jakarta utara

 

Implan Gigi Jakarta Utara

Implan gigi jakarta utara – Implan gigi merupakan salah satu prosedur penanaman akar gigi buatan yang memiliki bentuk seperti baut yang dipasang pada rahang untuk menopang mahkota gigi buatan. Bahan yang digunakan dalam pemasangan implan gigi umumnya terbuat dari logam khusus. Prosedur ini terdiri dari beberapa tahapan yang setiap tahapnya membutuhkan waktu penyembuhan, sehingga keseluruhan proses implan gigi dapat memakan waktu sampai beberapa bulan.

Pada dasarnya, gigi tiruan implant ini terdiri dari tiga bagian, yaitu implan gigi yang berperan sebagai akar gigi, mahkota gigi buatan, dan abutment (penyangga) yang menjadi penghubung antara implan dan mahkota gigi. Dengan penyatuan antara tulang rahang dan implan gigi ini, gigi tiruan akan menjadi lebih kokoh untuk digunakan.

Indikasi Implan Gigi

Implan gigi jakarta utara – Prosedur implan gigi ini dilakukan untuk mengganti satu atau lebih gigi yang hilang, yang diakibatkan karena gigi yang tanggal, berlubang, infeksi, penyakit gusi, atau cedera. Tujuan penggantian gigi dengan menggunakan prosedur ini yaitu untuk pengembalian fungsi gigi atau perbaikan penampilan. Implan gigi memiliki sejumlah kelebihan, yaitu:

  • Implan gigi akan lebih memudahkan anda untuk mengunyah makanan tanpa takut mengalami rasa nyeri dan khawatir gigi akan bergeser, seperti ketika menggunakan gigi tiruan lepasan.
  • Implan gigi memberikan kenyamanan lebih dibandingkan dengan gigi tiruan lepasan, karena terpasang dengan kuat.
  • Implan gigi akan terlihat lebih seperti gigi asli
  • Implan gigi tidak akan menyebabkan kesulitan pada saat berbicara seperti pada penggunaan gigi tiruan lepasan, karena tidak akan bergeser ketika berbicara.
  • Pemasangan implan gigi tidak perlu menggeser atau mengubah posisi gigi yang masih ada.
  • Perawatan implant gigi tidak serumit dibandingkan dengan gigi tiruan lepasan atau dental bridge, karena tidak perlu menggunakan perekat yang harus dilepas – pasang.
  • Implan gigi ini dapat bertahan hingga seumur hidup tanpa perlu diganti dengan perawatan yang baik dan benar, sedangkan gigi tiruan lepasan dan dental bridge perlu diganti setiap 7–15 tahun.

 

Peringatan Implan Gigi

Implan gigi jakarta utara – Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, prosedur implan gigi terdiri dari beberapa tahap. Masing – masing tahapan akan menghabiskan waktu yang cukup lama pada proses penyembuhan. Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan komitmen yang tinggi untuk mencapai hasil akhir yang baik sesuai yang diinginkan. Terdapat beberapa syarat yang perlu dilakukan untuk bisa melakukan pemasangan implan gigi, antara lain:

  • Memiliki kondisi dan bentuk tulang rahang yang tumbuh dengan baik
  • Memiliki kondisi rongga mulut dan gusi yang sehat
  • Tidak memiliki kondisi yang mengganggu penyembuhan tulang
  • Tidak menjalankan terapi yang mengganggu prosedur pemasangan implant gigi, seperti radioterapi pada daerah leher atau kepala
  • Memiliki kondisi tulang rahang yang dapat menahan implan gigi
  • Tidak merokok atau bukan perokok berat
  • Memiliki komitmen yang tinggi dalam menjalankan seluruh proses implan gigi

Sebelum dilakukannya prosedur implan gigi ini, pasien juga perlu menginformasikan kepada dokter apabila sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti vitamin, produk herbal dan suplemen.

Prosedur Implan Gigi

Implan gigi jakarta utara – Secara umum terdapat beberapa tahapan dan alur prosedur implan gigi yaitu sebagai berikut:

A. Pencabutan gigi yang rusak

Apabila masih terdapat sisa gigi yang rusak pada akar gigi, perlu dilakukannya pencabutan terlebih dahulu. Prosedur pencabutan gigi ini bisa dilakukan dengan cara sederhana ataupun pembedahan.

B. Pencangkokan tulang rahang

Pencangkokan tulang hanya dilakukan apabila tulang rahang tidak tebal dan terlalu lunak untuk dilakukannya pemasangan implan. Pencangkokan tulang ini perlu dilakukan agar implan gigi dapat dipasang pada jaringan tulang yang lebih kokoh.

C. Pemasangan implan gigi di tulang rahang

Apabila tulang rahang sudah siap untuk dilakukan pemasangan implan, gusi akan dibuka melalui proses pembedahan. Dokter akan melubangi bagian tulang rahang, lubang ini yang kemudian akan dipasangi implan yang berperan sebagai akar gigi. Setelah proses pemasangan implan ini selesai, tulang rahang perlu pulih terlebih dulu untuk tumbuh dan menyatu kuat dengan implan gigi. setelah itu barulah untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Proses ini akan menghabiskan waktu hingga 6–12 minggu.

Selama proses penyatuan tulang dan implant ini, gusi yang memiliki lubang tadi akan dipasangkan implan gigi akan menutup kembali. Pasien dapat menutupi bagian yang bolong ini dengan menggunakan gigi tiruan lepasan. Saat proses penyatuan ini selesai, gigi tiruan ini dapat dilepas dan gusi akan dibuka kembali untuk pemasangan penyangga.

D. Pemasangan penyangga (abutment)

Penyangga merupakan penghubung antara implan dengan mahkota gigi yang akan dipasang pada prosedur berikutnya. Pemasangan penyangga ini dilakukan melalui prosedur operasi gusi minor. Gusi ini kemudian akan dibuka dan penyangga akan dipasangkan pada permukaan implan.

Gusi kemudian akan ditutup kembali dengan meninggalkan penyangga yang terlihat di permukaan gusi. Sebelum mahkota gigi ini dapat dipasang, gusi juga harus sembuh terlebih dahulu untuk dilakukan lagi proses selanjutnya. Proses penyembuhan gusi ini dapat menghabis waktu sekitar 2 minggu.

E. Pemasangan mahkota gigi buatan

Setelah proses penyembuhan gusi selesai, pasien dapat melakukan pemasangan mahkota gigi. Dokter akan membuat cetakan seluruh gigi, cetakan ini akan digunakan sebagai pembentuk mahkota gigi buatan di laboratorium, sehingga hasilnya akan lebih alami dan lebih mirip dengan gigi asli di sebelahnya.

Mahkota gigi buatan dapat dipasang ini dapat digunakan secara permanen atau sementara. Mahkota gigi sementara dapat dipasang dan dilepas untuk dibersihkan, sedangkan mahkota gigi permanen akan langsung ditempelkan pada penyangga. Biasanya, satu implan gigi akan dipasang satu mahkota gigi. Namun apabila diperlukan, satu implan juga dapat menopang beberapa mahkota yang menempel satu sama lain.

 

Setelah Implan Gigi

Implan gigi jakarta utara – Masing – masing tahapan dalam proses operasi implan gigi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di daerah mulut, adapun antara lain :

  • Perdarahan ringan
  • Terjadinya lebam dan memar pada area kulit dan gusi pada sekitar lokasi pemasangan implan
  • Pembengkakan pada gusi dan pipi
  • Nyeri pada lokasi implan

Untuk meredakan rasa nyeri dan bengkak, anda dapat mengompres bagian tersebut menggunakan es batu. Anda juga dapat diberikan obat pereda nyeri oleh dokter, seperti ibuprofen atau paracetamol, antibiotik dan obat kumur antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi pada daerah yang telah dipasang implan.

Implan gigi memiliki tingkat kesuksesan yang berbeda pada setiap orang, hal ini mungkin juga dipengaruhi oleh lokasi pemasangannya. Namun secara umum, tingkat kesuksesan rata-rata pemasangan implan gigi sekitar 98%. Tentu dengan perawatan yang baik dan tepat implan gigi ini dapat bertahan hingga seumur hidup.

 

Global Estetik Cabang Jakarta Utara di Amanyaak Building Loft Of Pluit

Jl. Pluit Selatan No.5 – 9, RT.1/RW.9, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Telepon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir/-6.22592,106.8302336/amanyaak/@-6.180592,106.7725125,13z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e6a1deda2032761:0x2c650975d69c46dc!2m2!1d106.7975779!2d-6.1244435

Rute Waze : https://www.waze.com/id/live-map/directions/id/daerah-khusus-ibukota-jakarta/amanyaak-building-loft-of-pluit?to=place.ChIJYScDou0dai4R3Eac1nUJZSw

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

 

 

Penulis oleh Drg. Arnof