Hypoplasia dan Hypomineralization

Global Estetik – Beberapa dari kita mungkin harus googling untuk tau apa itu hypoplasia dan hypomineralization yang sedang kami bicarakan. Hipoplasia dan hypomineralisasi adalah dua kondisi gigi yang tampak sebagai lubang dan alur yang terlihat pada enamel-hipoplasia gigi-atau sebagai bintik-bintik putih terang yang disebut hypomineralization.

Hipoplasia Enamel

Enamel hypoplasia muncul sebagai cacat dalam pengembangan gigi susu atau yang permanen. Bisa ada lubang dan alur yang terlihat mengganggu struktur gigi atau bagian yang hilang pada mahkota gigi.

Hipomineralisasi

Hipomineralization, di sisi lain, berarti ada penurunan kandungan mineral pada email gigi. Jika ini datang dalam kadar yang ringan, maka titik putih yang terkait dengan hypomineralization mungkin cukup samar. Kasus yang parah, di sisi lain, bisa sangat terlihat dan bahkan bisa memberi penampilan gigi yang hampir tembus pandang. Hipomineralization menyebabkan enamel dalam masalah yang dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi.

Baca Juga :  Semua yang Perlu Diketahui tentang Cosmetic Dentistry - Part 2

Koneksi ke Penyakit Celiac

Penyakit Celiac adalah kelainan autoimun yang turun-temurun dan bisa menyebabkan kerusakan pada usus kecil saat makanan dengan gluten dikonsumsi. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam gandum dan jelai. Vili yang rusak di usus mencegah penyerapan nutrisi yang tepat ke dalam tubuh.

Hypoplasia dan Hypomineralization- Global Estetik Dental Care
Hypoplasia dan Hypomineralization- Global Estetik Dental Care

Sementara kebanyakan pasien menunjukkan gejala seperti sakit perut, diare atau gangguan pencernaan saat mereka mengonsumsi gluten, beberapa tidak memiliki gejala yang dapat dikenali. Namun, sekarang ada bukti untuk menunjukkan bahwa kelainan gigi seperti hipoplasia dan hypomineralization dapat dihubungkan dengan penyakit ini. Sebuah studi menunjukkan bahwa 55 persen anak-anak dengan penyakit celiac memiliki enamel yang cacat, dibandingkan dengan hanya 18 persen anak-anak tanpa penyakit ini.

Baca Juga :  Fakta tentang Tusuk Gigi yang Bisa Mengancam Kesehatan Gigi Anda

Mengobati Hipoplasia dan Hipomineralisasi

Anak-anak atau orang dewasa dengan hipoplasia dan hypomineralization mungkin memiliki masalah kosmetik yang mencolok pada beberapa gigi, serta sensitivitas gigi dan peningkatan risiko kerusakan gigi. Karena itu, evaluasi dini oleh dokter gigi pilihan anda sangat disarankan. Dokter gigi kami di Global Estetik dapat merekomendasikan perawatan fluoride di kl;inik untuk membantu remineralisasi gigi anda dan menguatkan enamel. Bonding kosmetik atau mahkota gigi bisa digunakan untuk mengembalikan penampilan atau fungsi gigi yang tepat. Akhirnya, penggunaan pasta gigi berfluoride secara konsisten selama rutinitas kesehatan mulut di rumah adalah suatu keharusan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat