Hubungan Timbal Balik antara Kesehatan Gigi dan Diabetes

dokter gigi depok diabetes

Hubungan Timbal Balik antara Kesehatan Gigi dan Diabetes

Global Estetik – Jika Anda menderita diabetes, maka Anda berisiko lebih besar terkena beberapa masalah kesehatan mulut. Masalah kesehatan mulut yang paling umum terkait dengan diabetes adalah:

  • Penyakit gusi. Penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang menderita diabetes tiga kali lebih mungkin terkena periodontitis, jenis penyakit gusi yang paling parah, tidak dapat dipulihkan, dan sangat merusak.
  • Infeksi jamur. Gejalanya ini meliputi luka yang menyakitkan dan kesulitan untuk menelan. Jika Anda mengalami infeksi jamur, temui dokter gigi di Global Estetik.
  • Infeksi dan penyembuhan yang tertunda. Diabetes yang tidak terkontrol dapat menunda proses penyembuhan setelah prosedur bedah, misalnya pencabutan gigi. Untuk membantu proses penyembuhan, jaga kadar glukosa darah agar terkendali sebelum, selama dan setelah operasi.

Orang yang hidup dengan diabetes memiliki peningkatan risiko terkena penyakit gusi. Hubungan kuat antara diabetes tipe 2 dan periodontitis telah ditunjukkan dalam banyak penelitian. Namun, bukti yang muncul menunjukkan bahwa pasien dengan diabetes tipe 1 juga berisiko terkena penyakit gusi.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Periodontology, menemukan bahwa pasien dengan diabetes tipe 1 menderita lebih banyak potensi kehilangan tulang di sekitar gigi mereka dibandingkan dengan rekan-rekan non-diabetes mereka, bahkan ketika memperhitungkan risiko faktor-faktor lain.

dokter gigi jakarta

Penting untuk diketahui bahwa ada hubungan dua arah antara diabetes dan penyakit gusi. Periodontitis dan periodontitis berat khususnya, berhubungan dengan kontrol glikemik yang buruk, tetapi juga kesehatan gusi yang buruk. Peradangan gusi yang tidak terkontrol yang ada dapat mempengaruhi kontrol diabetes. Pengobatan untuk penyakit gusi telah dikaitkan dengan peningkatan kontrol glikemik pada pasien diabetes, dengan pengurangan HbA1c sekitar 0,4% setelah perawatan.

Walaupun penting bagi semua orang, terlepas dari tantangan kesehatan yang mendasarinya, untuk merawat gigi mereka dengan baik, kebersihan mulut yang tepat mungkin bahkan menjadi lebih penting bagi mereka yang menderita diabetes. Jika dokter Anda telah mendiagnosis Anda dengan penyakit kronis umum ini, penting untuk berbagi informasi itu dengan dokter gigi Anda.

Anda juga harus memperhatikan kesehatan mulut Anda, pastikan untuk menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan floss atau menggunakan sikat interdental setiap hari, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan. Penting juga untuk dicatat bahwa ada hubungan yang pasti antara konsumsi makanan ringan dan minuman manis dan perkembangan gigi berlubang, penyakit gusi dan masalah gigi lainnya.

Membatasi konsumsi makanan tidak sehat ini bahkan lebih penting bagi mereka yang menderita diabetes. Mengurangi konsumsi makanan, makanan ringan dan minuman yang mengandung gula, juga dapat sangat mengurangi komplikasi dari diabetes dan juga mengurangi risiko menjadi diabetes.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat