Hindari Makanan Ini Jika Anda Memiliki Masalah dengan Gigi Sensitif

klinik gigi jakarta

Hindari Makanan Ini Jika Anda Memiliki Masalah dengan Gigi Sensitif

Global Estetik – Memiliki masalah dengan gigi sensitif adalah hal yang biasa. Ada puluhan juta orang yang melaporkan rasa sakit pada gigi mereka ketika makan atau minum makanan panas, dingin, asam, lengket, atau bergula.

Wanita dan para anak muda serta mereka yang mengalami masalah pada gusi yang menyusut melaporkan sensitivitas gigi paling banyak dalam penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of American Dental Association pada Maret 2013 lalu. Sementara makanan yang sangat panas atau sangat dingin dapat menyebabkan rasa sakit pada gigi, menghindari beberapa makanan ini pastinya dapat membantu Anda menghindari masalah gigi sensitif:

Soda

dokter gigi depokMinuman adalah salah satu minuman utama yang harus dihindari untuk gigi sensitif. Soda memiliki dua bahan yang dapat mengiritasi saraf gigi yang terpapar: gula dan asam.

Es krim

Es krim tidak hanya dingin, tetapi memiliki gula yang dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif. Orang dengan gigi sensitif tidak memiliki lapisan email yang bertindak sebagai pelindung. Tanpa lapisan enamel yang melindungi saraf, suhu makanan bisa memberi dampak yang cukup parah.

Kopi panas

Makanan dan minuman yang panas juga bisa menyebabkan gigi bermasalah, dan mempermanis kopi dengan gula bisa membuat rasa sakit semakin bertambah. Dokter gigi kami menyarankan untuk menambahkan susu ke dalam kopi. Susu akan membantu sedikit menurunkan suhu kopi serta keasamannya, sehingga akan mengurangi dampak merusak pada gigi.

Permen

Saat Anda memiliki gigi sensitif, hindari permen yang berbetuk keras seperti lolipop, peppermint dan beberapa jenis permen lainnya. Tidak hanya jenis makanan ini penuh dengan gula yang dapat menyebabkan sakit gigi, tetapi mereka juga dapat menyebabkan gigi menjadi rentan akan kepatahan.

klinik gigi jakartaMakanan yang manis seperti toffee, karamel, dan licorice juga memiliki potensi menimbulkan masalah, terutama bagi orang-orang dengan masalah sensitivitas gigi. Selain penuh gula, jenis permen yang lunak ini dapat menempel pada gigi Anda.

Buah yang Bersifat Asam

Nanas, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis adalah buah yang sangat asam, dan asam ini dapat membuat gigi Anda lebih sensitif. Ini karena asam akan menga-aus kan enamel gigi. Kontrol jumlah asupan yang tepat untuk menghindari potensi masalah yang ditimbulkan.

Jika Anda memiliki masalah dengan gejala sensitif yang bertahan selama lebih dari beberapa minggu atau terasa tidak tertahankan, pastikan untuk segera berbicara dengan dokter gigi di Global Estetik. Gigi sensitif mungkin merupakan tanda masalah kesehatan yang lebih serius, seperti rongga atau abses yang segera perlu dirawat.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat