Hindari Empat Jenis Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Gigi tetap Sehat

klinik gigi jakarta

Hindari Empat Jenis Makanan dan Minuman Ini Jika Ingin Gigi tetap Sehat

Global Estetik -Tanpa kita sadari makanan dan minuman yang sering dikonsumsi bisa menyebabkan kerusakan terhadap gigi. Kalau Anda ingin terhindar dari risiko gigi keropos atau nyeri, maka perhatikan artikel yang sudah kami tuliskan kali ini, ya! Tidak bisa dihiraukan lagi jika makanan dan minuman enak memiliki efek buruk bagi gigi dan kesehatan mulut. Lalu, makanan dan minuman apa saja yang bisa merusak gigi?

  • Es

Ketika Anda memaksa mengunyah es batu yang keras akan membuat gigi lama-lama longgar dan rentan lepas atau keropos. Es batu yang keras ketika akan dengan mudah membuat lapisan enamel tergerus atau membuat gigi retak dan sensitif.

  • Permen

Permen menduduki peringkat kedua sebagai makanan yang menyebabkan potensi sakit gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Namun, tidak hanya permen manis bergula saja yang bisa merusak gigi. Permen asam pun berdampak buruk terhadap gigi dan bisa merusak gigi secara perlahan-lahan.

Hampir semua jenis permen mempunyai kandungan asam tinggi dan bisa mengikis enamel, yaitu lapisan terluar gigi. Lebih parah lagi, menyikat gigi sesudah makan permen pun malah memperparah dan tidak bisa mencegah kerusakan gigi.

klinik gigi bandungKalau enamel gigi sudah pecah, menyikat gigi malah makin mengikis enamel tersebut. Selain itu, permen  pada umumnya mempunyai tekstur kenyal sehingga bisa menempel di gigi tanpa disadari dalam jangka waktu lama. Sisa permen yang menempel ini bisa menimbulkan plak yang lama-lama membusuk dan menggerogoti gigi jika tidak dibersihkan dengan tepat.

  • Soda

Sifat minuman bersoda bisa membuat mulut Anda kering. Minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi dan sudah dikenal sebagai penyebab gigi berlubang. Nah, kondisi mulut kering adalah ladang bagi bakteri jahat yang makin melancarkan aksinya untuk merusak gigi Anda.

Minuman soda seperti kola dan minuman berwarna gelap lainnbya bisa merusak warna asli gigi. Efek jangka panjangnya adalah, gigi tampak gelap dan kusam. Sekalipun Anda menyikat gigi sesudah meminum soda tidak memperbaiknya, malah makin mempercepat pembusukan. Untuk meminimalisir risiko pembusukan kami sarankan agar Anda berkumur dan minum air putih untuk membuang sisa-sisa minuman soda yang menempel di gigi.

  • Alkohol

Minuman alkohol hampir sama dengan soda, dimana ia dapat membuat mulut kering dan membuat dehidrasi. Padahal, air luir diperlukan mulut untuk membersihkan dari sisa-sisa makanan serta melindungi jaringan lunak di mulut dari iritasi dan infeksi. Mulut kering menjadi sumber penyakit karena bisa menyebabkan kuman berkembang dengan subur. Lama-lama kondisi ini menjadi penyebab kerusakan gigi dan infeksi mulut lainnya, seperti sariawan.

Jika Anda bermasalah dengan kerusakan gigi dan hendak berkonsultasi, pilihlah Global Estetik sebagai klinik dokter Jakarta yang sudah menjadi rujukan banyak pasien.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat