Hindari 5 Jenis Makanan Ini Jika Ingin Gigi yang Sehat Tak Berlubang

klinik gigi depok

Global Estetik – Untuk mencegah gigi berlubang dan menjaga kesehatan mulut yang baik secara keseluruhan, penting untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan pembersihan. Selain itu, penting juga menjaga kebersihan mulut yang baik di rumah. Sayangnya, bahkan ketika mereka mempraktekkan kebersihan mulut yang sangat baik, beberapa pasien masih berakhir dengan gigi berlubang. Seringkali, ini karena kebiasaan diet yang mempromosikan perkembangan plak.

Kebanyakan orang mengerti bahwa makanan bergula akan mempromosikan gigi berlubang; Namun, komposisi dan tekstur makanan juga dapat memainkan peran. Untuk mengurangi risiko gigi berlubang, anda harus memahami makanan mana yang paling banyak menimbulkan masalah.

  1. Ingin Gigi yang Sehat Tak Berlubang- Global Estetik Dental Care
    Ingin Gigi yang Sehat Tak Berlubang- Global Estetik Dental Care

    Makanan yang lengket – Karena mereka cenderung melekat pada gigi untuk waktu yang lama, buah-buahan kering, permen karet dan permen kenyal memberikan waktu tambahan kepada bakteri untuk menyebabkan kerusakan.

  2. Makanan yang tahan lama – Makanan seperti lolipop memaparkan gigi kita pada gula untuk jangka waktu yang lama, sehingga meningkatkan penumpukan plak.
  3. Makanan bertepung – makanan yang lunak dan bertepung, seperti roti, pretzel dan kentang goreng, mudah tersangkut gigi. Air liur kita juga dengan cepat mengubah makanan bertepung ini menjadi gula yang membangun bakteri.
  4. Makanan dan minuman asam – Mengikis enamel, tomat, buah sitrat dan soda mempromosikan kerusakan gigi.
  5. Makanan yang sangat keras – Es, kacang, dan permen keras dapat menciptakan fraktur kecil, yang memberi bakteri tempat yang sangat cocok untuk mengendap seiring waktu.
Apa Yang Dapat Kita Lakukan

Sama seperti beberapa makanan mempromosikan kerusakan gigi; beberapa jenis makanan yang lain mendukung kesehatan gigi yang baik. Makanan seperti apel, yogurt, dan pir membantu menetralkan asam. Selain itu, sayuran berserat tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dikunyah, mereka akan membantu menciptakan lebih banyak air liur yang membilas bakteri dan asam dari mulut kita.

Pada akhirnya, makanan yang sehat akan membawa tubuh kita cenderung lebih baik untuk gigi kita. Dengan menikmati makanan yang lebih sehat, kita dapat meningkatkan kesehatan gigi yang lebih baik. Selain itu untuk menghindari prosedur restoratif yang menyakitkan dan mahal, penting untuk mengunjungi dokter gigi pilihan anda secara teratur.

Baca Juga :  Waduh Kok Gigi Anak Saya Ga Tumbuh-Tumbuh Dok?
Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat