Hebat, UGM Berhasil Membuat Obutive Aplikasi Untuk Gigi

dokter gigi depok

Hebat, UGM Berhasil Membuat Obutive Aplikasi Untuk Gigi

Global Estetik – Mengganti gigi yang telah hilang banyak dilakukan dengan cara memasang gigi palsu, dimana pemasangan ini berfungsi untuk menggantikan gigi yang hilang dan juga mempertahankan penampilan seseorang. Ketika melakukan penggantian ini, dan seorang dokter gigi akan membutuhkan penentuan warna gigi tiruan. Yang mana untuk menentukan warna ini biasa menggunakan cara manual, sehingga warna yang didapatkan belum tentu sesuai dengan warna gigi yang asli. Kali ini UGM telah membuat obutive aplikasi untuk gigi, sehingga memudahkan dokter dalam menentukan warna gigi pada pasiennya.

Dalam penentuan warna gigi tiruan ini merupakan pertimbangan yang sangat penting dalam pemilihan gigi tiruan, dan dulu sebelum adanya aplikasi ini dokter melakukan pemilihan warna secara manual menggunakan tooth shade guide. Metode pemilihan warna gigi tiruan secara visual ini diklaim kurang efektif, karena hanya ada 16 skala warna untuk menyesuaikan warna gigi.

klinik gigi depok
UGM Berhasil Membuat Obutive Aplikasi Untuk Gigi – Global Estetik Dental Care

Dan karena alasan itulah sehingga membuat 5 mahasiswa dari Universitas Gadjah Mada atau UGM dari fakultas kedokteran gigi mengembangkan sebuah aplikasi, dimana aplikasi ini akan membantu memudahkan dokter gigi dalam menentukan warna gigi serta gigi tiruan yang akan digunakan.

5 mahasiswa tersebut adalah Alfira Harifi, Zahratul Iftikar, dan Yudhistira Pradiptya mereka merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi. kemudian Dwi Prasetya dan Damar Adi Prabowo dimana mereka merupakan mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA.

Karena karya mereka ini, mereka telah berhasil menciptakan obutive aplikasi untuk gigi. Dimana aplikasi ini bekerja sebagai tooth shade guide dengan berbasis android, sehingga aplikasi ini mampu menentukan warna gigi tiruan secara objektif.

Cara kerja obutive aplikasi untuk gigi ini cukup mudah, karena anda hanya perlu membukanya kemudian menekan tombol add. Maka kamera antarmuka akan otomatis terbuka dan siap untuk memfoto gigi, yang mana foto Gigi tersebut akan di crop pada satu gigi saja dan memunculkan hasil skala warna dari gigi.

Menurut penjelasannya, aplikasi ini dibuat selama hampir 3 bulan lamanya. Di mana Banyak sekali kendala yang mereka alami, sehingga menyebabkan lamanya pembuatan aplikasi, mulai dari pengkodingan, pengambilan gambar skala gigi, membangun lingkungan aplikasi, dan juga kendala cahaya saat pengambilan gambar untuk database.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat