Hati-hati, Masalah pada Lidah dan Amandel Bisa Menimbulkan Sleep Apnea

klinik gigi depok

Hati-hati, Masalah pada Lidah dan Amandel Bisa Menimbulkan Sleep Apnea

Global Estetik – Ada banyak orang dewasa yang mengidap obstructive sleep apnea (OSA) dalam beberapa bentuk atau lainnya. Dengan jumlah seperti itu tidak mengherankan bahwa kita hidup dalam masyarakat yang semakin bergantung pada alat bantu tidur dan minuman energi.

Obstructive sleep apnea adalah kondisi di mana saluran udara bagian atas dapat tersumbat ketika tidur yang dapat menyebabkan napas berhenti dan mulai tiba-tiba saat tidur. Dalam kasus yang parah, tidak hanya kualitas tidur yang terpengaruh, tetapi kondisi lain seperti penyakit jantung, stroke, dan depresi. Sementara spesialis tidur dan dokter adalah satu-satunya yang dapat mendiagnosa apnea tidur obstruktif, dokter gigi memainkan peran penting dalam skrining seperti hasil salah satu studi terbaru.

Masalah pada Lidah dan Amandel- Global Estetik Dental Care
Masalah pada Lidah dan Amandel- Global Estetik Dental Care

Penelitian yang baru-baru ini diterbitkan di Saudi Medical Journal, para peneliti memeriksa 200 pasien di klinik di University of Dammam College of Dentistry di Arab Saudi dan meminta mereka menyelesaikan Kuisioner Berlin yang merupakan penilaian skrining untuk apnea tidur obstruktif.

Para pasien juga menyaring untuk faktor-faktor lain seperti tekanan darah, berat badan, dan ukuran lidah mereka, amandel, dan uvula. Para peneliti menemukan bahwa 23% dari 200 pasien yang diskrining beresiko mengalami obstructive sleep apnea dengan 80% dari mereka yang berisiko berjenis kelamin laki-laki.

Masalah pada Lidah dan Amandel- Global Estetik Dental Care
Masalah pada Lidah dan Amandel- Global Estetik Dental Care

Secara umum, dokter gigi akan menjadi satu-satunya orang yang secara teratur melihat lidah dan amandel pasiennya. Jika dokter gigi tahu untuk mencari masalah pada amandel dan lidah yang membesar, mereka dapat menyarankan bahwa pasien mereka menjadwalkan pertemua dengan dokter spesialis tidur. Perawatan untuk sleep apnea juga dapat membantu pasien mengurangi perilaku yang membahayakan kesehatan mulut mereka seperti minum minuman manis atau ngemil untuk tetap terjaga.

Jika Anda atau orang yang Anda cintai mendengkur berlebihan di malam hari, mengapa tidak bertanya kepada dokter gigi pilihan anda tentang sleep apnea pada kunjungan Anda berikutnya? Meskipun mereka tidak dapat mendiagnosa sleep apnea, dokter gigi dapat merekomendasikan Anda untuk mengunjungi dokter spesialis lainnya, dan jika Anda didiagnosis dengan apnea tidur obstruktif, mereka dapat membantu mencocokkan Anda dengan alat yang dapat membantu meringankan saluran napas Anda yang terhalang tanpa menggunakan CPAP.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat