Hati-Hati! Konflik dalam Keluarga dapat Berdampak pada Kesehatan Gigi

Global Estetik – Keluarga dengan banyak konflik verbal dan fisik memiliki lebih banyak gigi berlubang dan memiliki kesehatan mulut yang lebih buruk, menurut sebuah penelitian baru. Para peneliti mempelajari 135 keluarga dengan anak-anak usia dasar dan memberi mereka kuesioner tentang agresi fisik dan emosional antar-orangtua dan orang tua-ke-anak dan disiplin yang keras. Ahli kebersihan gigi menentukan jumlah gigi yang rusak, hilang dan terisi di masing-masing anggota keluarga.

Semakin banyak konflik antara pria dan wanita dengan pasangannya masing-masing, semakin banyak lubang yang mereka miliki, menurut penelitian, yang diterbitkan dalam edisi September Journal of American Dental Association. Anak-anak yang ibunya menunjukkan agresi emosional terhadap pasangannya juga memiliki lebih banyak rongga pada gigi.

dampak pada Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care
dampak pada Kesehatan Gigi- Global Estetik Dental Care

“Kesehatan mulut keluarga mungkin menderita karena perilaku berbahaya menciptakan lingkungan emosional yang merongrong rutinitas yang teratur seperti menggosok gigi secara teratur, sosialisasi orang tua dari menyikat gigi anak-anak dan makan sehat,” tulis para peneliti. “Misalnya, setelah konflik yang intens, orang tua mungkin lebih sibuk dengan keadaan emosionalnya sendiri daripada dengan menyuruh anaknya menyikat gigi atau menyiapkan makanan yang sehat. Stres dan periode permusuhan antar anggoa keluarga juga dapat mempromosikan ‘stres makan,’ yang mungkin termasuk konsumsi gula dan makanan kariogenik lainnya. “

Baca Juga :  Apa Penyebab Munculnya Rasa Tidak Enak di Mulut?

Untuk mencegah kehilangan gigi dan menjaga kesehatan gigi, para dokter gigi merekomendasikan menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari dengan sikat berbulu halus. Ukuran dan bentuk kuas harus sesuai dengan mulut Anda, memungkinkan Anda menjangkau semua area dengan mudah. Dokter gigi juga merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi Anda setiap tiga atau empat bulan atau lebih cepat jika bulu-bulu sikat tersebut telah berjumbai. Juga, pastikan untuk menggunakan pasta gigi dengan fluoride.

Baca Juga :  Memperbaiki Maloklusi: Penting dan Esensial

Flossing juga merupakan bagian penting dari setiap rutinitas perawatan kesehatan mulut. Para dokter gigi merekomendasikan flossing setidaknya satu kali sehari untuk mencapai kesehatan mulut yang optimal. Dengan flossing setiap hari, Anda akan membantu menghilangkan plak dari area di antara gigi Anda yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Ini penting karena plak yang tidak dihilangkan dengan menyikat dan flossing akhirnya bisa mengeras menjadi kalkulus atau karang gigi. Flossing juga dapat membantu mencegah penyakit gusi dan gigi berlubang.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat