Hati-Hati! Infeksi Gigi di Masa Kecil Bisa Berdampak pada Serangan Jantung di Usia Lanjut

Penyebab Gigi Berlubang Anak kebutuhan gigi anak

Hati-Hati! Infeksi Gigi di Masa Kecil Bisa Berdampak pada Serangan Jantung di Usia Lanjut

Global Estetik – Kita semua telah familiar dengan fakta bahwa kesehatan gigi memiliki dampak krusial pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Fakta ini kemudian semakin diperkuat dengan sebuah penelitian baru-baru ini yang telah dilakukan di University of Helsinki.

Kampus elit di Finlandia itu telah bekerja sama dengan The Cardiovascular Risk in Young Finns Study menunjukkan bahwa anak-anak yang mengalami masalah mulut yang umum seperti karies dan penyakit gusi akan lebih mungkin mengembangkan faktor risiko penyakit jantung di kemudian hari.

“Pengamatan ini masih sangat baru, karena tidak ada studi tindak lanjut sebelumnya tentang infeksi oral pada masa kanak-kanak dan risiko penyakit kardidokter gigi anakovaskular,” kata pemandu Pirkko Pussinen dari University of Helsinki.

Para peneliti ini melakukan pemeriksaan gigi untuk 755 anak-anak di Finlandia yang berusia 6, 9 dan 12 pada tahun 1980 dan ditindaklanjuti 27 tahun kemudian. Anak-anak ini diperiksa untuk tanda-tanda infeksi mulut dan peradangan termasuk karies, tambalan, perdarahan saat pemeriksaan dan memeriksa kedalaman saku dalam gusi.

Selama masa tindak lanjut pada tahun 2007, ketebalan intima-media arteri karotis diukur. Penebalan dinding arteri karotid menandakan perkembangan aterosklerosis dan peningkatan risiko infeksi miokardium atau serebral. Dalam tilis persnya, para peneliti mengatakan bahwa dari semua peserta, 68%, 87%, dan 82% masing-masing mengalami pendarahan, karies, dan tambalan.

Tidak ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan. Lima puluh empat persen dari anak-anak ini mengalami sedikit masalah pada kantong periodontal dan lebih sering pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Lima persen dari mulut yang diperiksa benar-benar sehat, sedangkan 61% dan 34% dari anak-anak yang memiliki satu hingga tiga tanda dan empat tanda infeksi mulut, masing-masing.

“Jumlah tanda yang terkait secara signifikan dengan paparan kumulatif faktor risiko kardiovaskular di masa dewasa, tetapi terutama pada masa kanak-kanak,” kata profesor Markus Juonala dari Universitas Turku dan Rumah Sakit Universitas Turku.

“Infeksi oral adalah faktor risiko independen untuk aterosklerosis subklinis; dan hubungannya dengan faktor risiko kardiovaskular bertahan selama seluruh tindak lanjut. Pencegahan dan pengobatan infeksi oral telah dan akan sangat penting di masa kanak-kanak,” para peneliti menyimpulkan.

Inilah mengapa sangat penting bagi orang tua untuk memeriksakan anaknya ke klinik Global Estetik untuk mendapatkan perawatan terbaik untuk masa depan yang lebih baik.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat