Harga Operasi Gigi Jakarta Utara

Harga operasi gigi jakarta utara

Harga operasi gigi jakarta utara

 

Harga Operasi Gigi Jakarta Utara

Harga operasi gigi jakarta utara – Operasi gigi adalah prosedur pembedahan yang dilakukan pada gigi, dan biasanya dilakukan pada gigi bungsu. Dimana gigi bungsu atau biasa disebut dengan gigi bungsu merupakan geraham terakhir yang tumbuh di belakang gusi dan akan menimbulkan rasa sakit pada gusi. Operasi gigi bungsu akan terasa lebih kompleks dibandingkan pencabutan gigi biasa. Untuk persiapan medis hingga biaya operasi gigi bungsu, tentunya informasi ini sangat perlu Anda ketahui. Tumbuhnya gigi bungsu seringkali memicu rasa sakit yang tak tertahankan, oleh karena itu menjadi sinyal bahwa operasi gigi bungsu harus segera dilakukan untuk meminimalisir rasa sakit.

Untuk melakukan operasi gigi ini tidak bisa dilakukan sesederhana dengan pencabutan gigi biasa. Operasi gigi dikenal sebagai gigi bungsu. Karena gigi bungsu memang harus dioperasi jika tumbuh ke arah yang seharusnya tidak tumbuh, jika dibiarkan dan seiring waktu, gigi bungsu ini mungkin mulai melukai dinding mulut atau geraham kedua di depannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui persiapan operasi seperti apa yang perlu dilakukan, serta biaya untuk operasi gigi bungsu ini.

Mengenal Proses Pencabutan Gigi dari Awal hingga Akhir

Harga operasi gigi jakarta utara – Pencabutan gigi adalah tindakan mencabut gigi dari gusi. Prosedur ini biasanya dilakukan ketika gigi telah rusak parah karena gigi berlubang atau benturan, atau untuk keperluan perawatan kawat gigi. Pencabutan gigi dilakukan oleh dokter gigi dan untuk mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul, dokter akan memberikan anestesi lokal. Sebelum mencabut gigi, akan ada beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan. Jika hasil pemeriksaannya bagus, maka Anda bisa menjalani pencabutan gigi. Tidak berhenti sampai di situ, perawatan mulut setelah pencabutan gigi juga penting untuk menghindari komplikasi yang mungkin terjadi. Sayangnya, ada beberapa kondisi yang membuat gigi tidak bisa lagi hidup. Akibatnya, pencabutan gigi menjadi pilihan. Kondisi berikut membuat seseorang perlu menjalani pencabutan gigi:

a. Rongga dan saraf mati

Kerusakan gigi disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika tidak segera diobati, infeksi akan terus menyebar ke lapisan terdalam gigi, yaitu saraf. Infeksi bakteri pada saraf gigi dapat menyebabkan kematian pada saraf gigi. Jika kerusakan yang terjadi pada gigi berlubang sudah sangat parah dan gigi tidak bisa lagi dirawat dengan perawatan saluran akar, maka pencabutan gigi adalah pilihan terakhir yang bisa dilakukan.

b. Susunan giginya berantakan

Penataan gigi yang tidak teratur salah satunya disebabkan oleh terbatasnya ruang pada rahang untuk menampung seluruh gigi. Sehingga tidak jarang dokter gigi merekomendasikan pencabutan gigi sebagai pendamping perawatan kawat gigi. Penghapusan ini dimaksudkan agar rahang memiliki ruang yang cukup untuk bergeser, saat disambungkan nanti.

c. Ada risiko infeksi

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang sangat rentan terhadap infeksi. Misalnya, saat menjalani kemoterapi atau setelah transplantasi organ. Jadi, untuk menghindari risiko infeksi dari gigi berlubang, ekstraksi bisa dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran infeksi.

d. Penyakit gusi yang parah

Peradangan pada jaringan pendukung gigi, atau periodontitis, dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan di sekitar gigi dan tulang pendukungnya. Kondisi ini dapat menyebabkan gigi menjadi goyang, sehingga tidak dapat berfungsi secara maksimal. Jika sudah demikian, maka pencabutan gigi bisa menjadi solusi yang tepat.

e. Kondisi lainnya

Harga operasi gigi jakarta utara – Selain keempat alasan di atas, cabut gigi juga bisa menjadi pilihan pengobatan dalam kondisi:

  • Gigi patah sampai ke akar dan saraf mati karena benturan atau trauma
  • Kondisi jumlah gigi yang melebihi kondisi normal atau biasa disebut dengan Supernumerary teeth
  • Kesulitan ekonomi tidak mengakses pengobatan lain.

Berapa biaya cabut gigi?

Harga operasi gigi jakarta utara – Biaya pencabutan gigi sangat bervariasi tergantung pada tingkat keparahan masalah gigi pasien dan apakah gigi pasien mengalami impaksi. Pencabutan sederhana biasanya memakan biaya antara Rp 150.000 hingga Rp 2.000.000 per gigi, atau lebih mahal tergantung pada jenis anestesi yang dibutuhkan dan di mana Anda tinggal. Namun, perlu diketahui bahwa biaya pencabutan gigi impaksi jauh lebih mahal. Biaya pencabutan gigi juga akan dipengaruhi oleh tingkat kesulitan pencabutan dan spesialisasi dokter gigi yang melakukannya.

Biaya cabut gigi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, umumnya mulai dari Rp. 300.000 – Rp. 500.000 untuk pencabutan satu gigi dalam kasus sederhana. Sedangkan jika pencabutan gigi disertai faktor penyulit seperti posisi gigi miring, ada penyakit bawaan seperti diabetes atau penyakit jantung, dan abses atau kista pada gusi, biasanya biaya pencabutan gigi akan naik hingga jutaan rupiah.

Anda juga bisa memanfaatkan BPJS Kesehatan sehingga bisa cabut gigi secara gratis. Namun hanya pencabutan gigi tanpa komplikasi yang masuk dalam cakupan pelayanan BPJS Kesehatan. Prosedur ini hanya dapat dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat I tempat Anda terdaftar.

Persiapan sebelum proses pencabutan gigi

Harga operasi gigi jakarta utara – Sebelum prosedur pencabutan gigi dimulai, dokter gigi akan memeriksa riwayat kesehatan Anda secara keseluruhan. Dokter akan mengevaluasi tanda-tanda vital tubuh, mulai dari tekanan darah, detak jantung, laju pernapasan, hingga suhu tubuh. Selain itu, dokter juga akan menanyakan riwayat penyakit yang Anda derita atau sedang diderita. Beri tahu dokter Anda jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti:

  • Diabetes
  • Penyakit jantung
  • Penyakit hati
  • Penyakit tiroid
  • Gangguan ginjal
  • Hipertensi
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh
  • Gangguan pembekuan darah atau hemofilia
  • HIV/AIDS

Beritahukan juga kepada dokter Anda jika Anda sedang hamil. Ibu hamil pada trimester pertama sebaiknya menunda pencabutan gigi sampai kandungan memasuki trimester kedua. Sedangkan untuk ibu hamil trimester ketiga, pencabutan gigi sebaiknya ditunda sampai setelah melahirkan.

Saat Dilakukan Operasi

Harga operasi gigi jakarta utara – Pada awal operasi, Anda hanya akan diberikan anestesi lokal. Operasi ini dapat memakan waktu sekitar 30 hingga 60 menit atau dapat memakan waktu lebih lama dari waktu yang ditentukan. Hal ini sesuai dengan kondisi kesulitan dan posisi gigi bungsu Anda. Setelah itu dokter atau ahli bedah akan membuat sayatan tipis pada gusi Anda dan mengurangi ketebalan tulang yang menghalangi akses ke akar gigi Anda. Selanjutnya nanti gigi bungsu atau geraham ketiga juga akan dibagi menjadi beberapa bagian sehingga nantinya akan lebih mudah untuk dicabut. Setelah gigi bungsu Anda dicabut dokter atau ahli bedah akan membersihkan gusi dan jika perlu juga akan menjahit gusi Anda untuk mempercepat proses pemulihan pasca operasi.

Hal-hal penting yang sangat dianjurkan untuk dilakukan pascaoperasi:

  • Minum obat pereda nyeri sesuai anjuran dokter dan harus sesuai dengan dosis.
  • Kompres pipi yang bengkak menggunakan handuk dan air dingin.
  • Minum lebih banyak air dan hindari minum minuman beralkohol, berkafein, dan bersoda.
  • Jangan mengkonsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas.
  • Perbanyak konsumsi minuman dingin agar darah lebih cepat menggumpal.
  • Hindari minum menggunakan sedotan karena aktivitas mengisap dapat memicu pendarahan.
  • Konsumsi menu menu lunak selama 24 jam pertama setelah operasi ini.
  • Kebutuhan untuk menghindari makan makanan pedas dan keras.

 

Global Estetik Cabang Jakarta Utara di Amanyaak Building Loft Of Pluit

Jl. Pluit Selatan No.5 – 9, RT.1/RW.9, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14450

Telepon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir/-6.22592,106.8302336/amanyaak/@-6.180592,106.7725125,13z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e6a1deda2032761:0x2c650975d69c46dc!2m2!1d106.7975779!2d-6.1244435

Rute Waze : https://www.waze.com/id/live-map/directions/id/daerah-khusus-ibukota-jakarta/amanyaak-building-loft-of-pluit?to=place.ChIJYScDou0dai4R3Eac1nUJZSw

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

 

Penulis oleh Drg. Arnof