HARGA KAWAT GIGI DEPOK

Harga kawat gigi depok

Harga kawat gigi depok

 

HARGA KAWAT GIGI DEPOK

Apa itu kawat gigi?

Harga kawat gigi depok – Kawat gigi atau behel merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mencapai susunan gigi yang ideal. Kawat gigi bekerja dengan cara memberikan tekanan ke gigi secara perlahan dan bertahap untuk menggerakkan gigi ke posisi idealnya. Kawat gigi menenurut cara pemakaiannya dibagi menjadi 2 macam yaitu kawat gigi permanen dan jenis kawat gigi lepas pasang. 

Pasang kawat gigi depok – Kawat gigi permanen adalah jenis kawat gigi yang memerlukan lem khusus yang ditempelkan pada bracket gigi. Walaupun harganya terbilang cukup menguras kantong , namun kawat gigi jenis ini banyak digemari oleh para penggunannya. Jenis kawat gigi ini terdiri dari beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Kawat Gigi Metal (Metal Braces)

Kawat gigi metal ini merupakan salah satu behel gigi yang cukup populer dan biasanya dapat dipakaikan dengan karet warna-warni. Kawat gigi ini terdapat bracket dan kawat/wire yang terbuat dari bahan metal anti karat dan karet yang berwarna-warni untuk mengikat kawat pada bracket. Jenis kawat gigi ini cukup populer karena harganya relatif murah.

  • Kawat Gigi Keramik (Ceramic Braces)

Kawat gigi jenis ini hampir sama dengan kawat gigi sebelumnya, namun yang membedakan adalah warna bracket dan kawat berwarna transparan dan menyerupai warna gigi, dan bahan yang dipakai untuk bracket adalah dari bahan keramik. Kawat gigi jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dari kawat gigi metal, karena bahan yang digunakan lebih bagus dari kawat gigi metal.

  • Kawat Gigi Lingual (Lingual Braces)

Kawat gigi lingual merupakan kawat gigi yang pemasangan bracket dan kawat/wire pada permukaan gigi bagian dalam sehingga tidak terlihat dari luar. Maka kawat gigi jenis ini dirasa lebih cocok untuk pasien yang tidak ingin terlau terlihat menggunakan behel.

  • Kawat Gigi Self Ligating

Kawat gigi self ligating merupakan salah satu kawat gigi permanen yang paling nyaman dipakai dan pasien tidak merasa sakit. Karena pergerakan kawat gigi ini cukup berbeda dengan kawat gigi lainnya, sehingga rasa sakit yang dirasakan lebih bisa minim.

Harga kawat gigi depok – Setelah mengetahui jenis – jenis kawat gigi , selanjutnya akan dibahas mengenai prosedur untuk memasang kawat gigi tersebut. Berikut ini merupakan prosedur pemasangan behel yang wajib pasien ketahui:

a. Konsultasi ke Dokter Gigi

Prosedur pertama dan terpentin yang harus dilakukan sebelum pemasangan behel adalah melakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi. Pasien akan melaksanakan beberapa pemeriksaan fisik dan melakukan sinar X untuk melihat struktur dan kondisi gigi karena dari hasil pemeriksaan tersebut, dokter gigi dapat mendiagnosis apakah pasien memerlukan pasang behel atau tidak. Jika diperlukan pemasangan behel, dokter gigi akan berdiskusi mengenai jenis behel yang harus pasien jalani. Selanjutnya, pasien bisa membuat janji pertemuan berikutnya untuk pasang behel.

b. Proses Pasang Behel

Sebelum proses pemasangan behel dilakukan, permukaan gigi pasien akan dibersihkan, dihaluskan, dan dikeringkan agar kawat gigi menempel dengan sempurna. Selanjutnya, sebuah lem khusus akan ditempelkan pada permukaan gigi dan kawat gigi akan dipersiapkan. Bracket juga akan diberi lem, lalu ditempelkan ke gigi di tempat yang telah ditentukan sebelumnya. Lem khusus itu akan disinari dengan cahaya berkekuatan tinggi agar menjadi keras sehingga kawat gigi tidak mudah copot. Pada tahap ini memerlukan waktu kurang lebih 40 – 50 menit tergantung dari kondisi gigi.

c. Setelah Proses Pasang Behel

Setelah tahap pasang behel selesai pasien akan merasa kurang nyaman karena kawat gigi akan menarik gigi pasien  yang menimbulkan rasa nyeri dan sakit terutama 5-7 jam setelah pemasangan selesai. Pasien juga mengalami nyeri pada gigi hingga 4 – 6 hari dan setelah itu akan mulai mereda. Dokter akan memberikan obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit dan juga menasehati pasien untuk mengonsumsi makanan yang lunak supaya tidak menimbulkan rasa nyeri.

d. Kontrol Rutin

Kontrol rutin ke dokter gigi juga sangat penting dilaksanakan setelah pasang behel. Karena karet behel bersifat mudah longgar dan putus. Selain itu, dokter gigi juga harus mengganti kawat behel. Kawat yang dipakai mulai dari yang ukurannya paling tipis sampai paling tebal. Waktu yang pas untuk kontrol adalah 2-4 minggu sekali. Biasanya, lama perawatan behel berkisar 19-30 bulan. Waktu ini masih harus ditambah 6 bulan untuk melaksanakan fiksasi jaringan di gigi. Jika dihitung secara keseluruhan, dibutuhkan kurang lebih 32 kali ganti karet behel untuk merampungkan perawatan gigi dalam setahun. Namun dengan catatan, kontrol untuk mengganti karet behel harus dilaksanakan rutin dan tepat waktu.

Jenis dan Biaya Pasang Behel

Harga kawat gigi depok – Biaya pemasangan behel biasanya berbeda tergantung tarif dokter gigi yang menangani dan jenis behel yang dipakai.Termasuk klinik atau rumah sakit tempat pasien pasang behel juga akan berpengaruh terhadap biaya yang diberikan.

Berikut ini macam dan harga pasang behel secara umum:

  1. Jenis Behel Konvensional biaya berkisar Rp 7.000.000,00 – Rp 20.000.000,00

Jenis kawat gigi konvensional atau metal braces adalah kawat gigi yang banyak dipakai saat ini dan lama perawatan sekitar 2 tahun. Kawat gigi jenis ini terbuat dari stainless steel yang ditempelkan pada bagian depan gigi menggunakan semen khusus. Bracket yang ada pada gigi akan dikaitkan dengan karet elastis (elastic band) dan kawat khusus (wire) untuk memberikan tekanan pada gigi, agar dapat bergeser perlahan ke posisi yang tepat.

Selain bahan tersebut, bracket gigi konvensional juga ada terbuat dari bahan dasar keramik. Namun untuk kawat gigi bahan keramik tidak direkomendasikan pada pasien kelainan susunan gigi yang membuat gigi bagian atas menutupi gigi bawah secara berlebihan.

A. Jenis Behel Lingual biaya berkisar Rp 20.000.000,00- Rp 35.000.000,00

Jenis ini memiliki kesamaan dengan kawat gigi konvensional yang berbeda letak bracket berada di sisi dalam gigi, sehingga kawat gigi tidak terlihat dari luar. Beberapa pasien yang memakai kawat gigi jenis ini akan mengalami perbedaan pengucapan bicara dalam 1-4 bulan setelah pemasangan. Selain itu, kawat gigi jenis ini lebih berisiko mengganggu kebersihan lidah dan menyebabkan rasa sakit pada lidah.

B. Jenis Behel Keramik biaya berkisar Rp 25.000.000,00- Rp 51.000.000,00

Kepebihan jenis behel keramik adalah lebih tidak terlihat daripada behel konvensional. Karena bracket gigi ini terbuat dari bahan transparan atau serupa dengan warna gigi.

Hanya saja, warna kawat gigi keramik lebih cepat berubah ketika pasien mengonsumsi makanan atau minuman yang menimbulkan noda, seperti teh. Bukan hanya itu, behel yang satu ini lebih rapuh dan mudah pecah sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk merawat gigi.

C. Jenis Behel Self Ligating biaya berkisar Rp 26.000.000,00 – Rp 40.000.000,00

Jenis behel self-ligating mempunyai tampilan yang sama seperti kawat gigi konvensional. Yang membuat berbeda memiliki klip logam kecil pada bracket yang mampu ‘mengunci’ dengan sendirinya dan tidak membutuhkan karet. Hal ini tentu menciptakan sedikit gesekan dan membuatnya lebih mudah bagi pasien untuk menyikat antara behel dan menjaga kebersihan gigi selama perawatan. Keunggulan lainnya, jenis behel ini juga pasien tidak mencabut gigi sebelum memasangnya.

 

Global Estetik Cabang Depok di

Gedung ITC Depok Lantai Mezanine No.1 (Persis di Sebelah Samsat ITC Depok di Dalam Gedung ITC-nya yaa..)

Telpon Klinik: 021 2931 8795 

https://wa.me/6285775569694 

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Gmaps : https://www.google.co.id/maps/dir/-6.3910531,106.8296376/global+estetik+itc+depok/@-6.3926825,106.8217773,16z/data=!3m1!4b1!4m9!4m8!1m1!4e1!1m5!1m1!1s0x2e69ebe1acdf3707:0x44a5e05c694dad46!2m2!1d106.8226318!2d-6.3926372 

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik 

Kotak Depok – https://globalestetik.com/kota-depok/ 

 

Penulis oleh Drg. Arnof