HARGA BEHEL GIGI DOKTER BOGOR

 

 

Harga behel gigi dokter bogor – Biaya pasang behel atau kawat gigi di puskesmas berbeda dibandingkan dengan klinik. Sebelumnya ketahui terlebih dahulu, kawat gigi adalah sebuah alat bantu yang digunakan untuk memperbaiki susunan gigi di mana tumbuh tidak teratur dan tidak rapi. Selain itu, juga bisa digunakan untuk merapikan susunan rahang yang tidak normal mahupun yang tidak rapi agar bisa memiliki susunan lebih sempurna.

 

harga behel gigi dokter bogor

harga behel gigi dokter bogor

 

Harga pasang behel di dokter gigi bogor –Memutuskan untuk memakai behel tentu menimbulkan banyak pertimbangan. Salah satunya yaitu soal penampilan, mau tak mau harus rela, jika senyum indahnya terhalang oleh kawat gigi yang terpasang. Perlu diketahui juga bahwa harga pasang behel bervariasi, tergantung jenis kawat gigi yang dipilih.

Kapan harus pasang kawat gigi?

Pasang behel dilakukan pada saat merasakan gigi tumbuh secara tidak normal yang nantinya bisa menyebabkan gigi lain menumpuk tidak rata atau terlalu longgar. Contohnya seperti rahang atas atau gigi bagian atas jauh lebih maju dibanding rahang ke bawah atau gigi.

Bagaimana seharusnya susunan rahang yang normal?

Ketika coba menggigit, gigi atas letaknya berada sedikit di depan dari gigi bawah, serta gigi geraham atas dan bawah posisinya harus pas.

Apa yang akan dilakukan sebelum pemasangan behel?

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan gigi terlebih dahulu dengan menggunakan foto Rontgen untuk mengetahui dengan jelas struktur gigi pada pasien. Selain itu, pasien juga diminta untuk menggigit sebuah alat cetakan gigi bertekstur lembut selama beberapa menit. Melalui pola menggigit cetakan gigi, dokter akan segera mengevaluasi struktur gigi dan rahang pasien.

Tarif pemasangan behel

Pasang behel di klinik dokter gigi, rumah sakit, dan puskesmas tentu saja dikenakan biaya yang bervariasi. Tarif pemasangan behel di puskesmas bisa dibilang lebih murah dibandingkan di klinik atau Rumah Sakit spesialis gigi. Bahkan, harganya bisa mencapai setengah harga dari di klinik atau Rumah Sakit.Misal, jika di klinik atau Rumah Sakitharga pasang behel bisa sampai Rp 5 juta, maka di puskesmas hanya dikenakan biaya Rp2 juta – Rp2,5 juta. Tentunya harga tersebut, tergolong sangat miring jika dibandingkan pasang behel di klinik atau Rumah Sakit. Namun, jika pasang behel di puskesmas membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup besar. Karena, pasang behel di puskesmas harus melewati beberapa prosedur yang panjang untuk sampai ke tahap pemasangan. Tarif pemasangan behel di rumah sakit swasta di Indonesia kurang lebih Rp 6 juta hingga Rp15 juta.  Sementara di Singapura, tarif pemasangan behel dimulai dari Rp 53 juta. Tarif ini belum termasuk biaya kontrol secara berkala setelah pemasangan behel. Tarif berbeda dengan rumah sakit dan klinik, harga pasang behel atau biaya pasang behel di puskesmas dimulai Rp 2 juta – Rp 2,5 juta. Biaya pemasangan kawat gigi sangat bervariasi pada setiap individu, tergantung dari bahan dan jenis behel yang digunakan, teknik pemasangan kawat, dan rumah sakit yang dituju.

Tarif pasang behel di dokter gigi

Kemungkinan biaya pasang behel di dokter gigi lebih mahal dibandingkan pasang behel di Puskesmas. Akan tetapi, besaran harga pemasangan behel tersebut tergantung pada bahan serta jenis kawat yang digunakan. Setiap jenis behel gigi juga memiliki keunggulannya masing-masing, seperti tingkat kenyamanan serta kemampuannya dalam membentuk dan merapikan gigi. Di bawah ini cakupan rangkuman biaya pasang behel di dokter gigi untuk beberapa jenisnya, yaitu:

  • Behel Metal Konvensional = Rp 4.000.000
  • Behel Ceramic Konvensional = Rp 6.000.000
  • Behel Sapphire Konvensional = Rp 8.000.000
  • Behel Metal Self Ligating = Rp 12.000.000
  • Behel Clear Self Ligating = Rp 17.000.000

`           Umumnya, pemasangan behel di dokter gigi merupakan prosedur 100 persen aman. Meskipun demikian, tetap saja di dalam pemasangan behel tersebut terdapat sejumlah risiko atau efek samping pada pasien. Beberapa efek samping tersebut di antaranya:

  1. Pasien mulai merasa tidak nyaman seperti gigi terasa sedikit longgar ataupun muncul rasa sakit.
  2. Pasien mengalami beberapa cedera.
  3. Pasien mengalami resorpsi akar (pemendekan akar gigi).
  4. Gigi kembali lagi ke bentuk seperti semula.
  5. Membuat gigi menjadi berwarna kuning.
  6. Gigi menjadi berlubang.
  7. Menimbulkan penyakit gusi.

 

harga behel gigi dokter di bogor

harga behel gigi dokter di bogor

 

Jenis behel gigi

  1. Behel Permanen

Jenis behel yang paling banyak dikenali oleh masyarakat ini terdiri dari kotak-kotak yang dipasang pada area gigi dengan kawat penghubung. Bentuk behel permanen ini bertujuan untuk memperbaiki letak beberapa gigi pada saat yang bersamaan dengan cara menarik gigi menggunakan bantuan kawat berbahan logam. Saat ini sudah banyak variasi kawat dengan material alternatif berupa keramik atau plastik sehingga bentuknya terlihat lebih samar.

  1. Behel Lepas-Pasang

Sesuai dengan namanya, behel ini bisa dengan mudah dipasang dan dilepas secara mandiri oleh pasien tanpa harus bantuan dokter.  Bentuk behel ini berupa penampang dari plastik yang dipautkan pada beberapa gigi hingga menutup bagian langit-langit mulut untuk memperbaiki masalah pada gigi yang lebih ringan.Ketika sedang melakukan aktivitas tertentu seperti kegiatan berolahraga atau menggosok gigi, behel bisa dilepas terlebih dahulu.

  1. Behel Fungsional

Behel berbahan plastik lepas-pasang, harga pasang behel fungsional relatif murah. Jika kamu mengalami masalah pada gigi, posisi rahang atas dan bawah yang tidak sejajar, jenis ini bisa digunakan karena bahannya praktis bisa dilepas ketika makan atau saat membersihkan mulut.

  1. Behel Headgear

Pernahkah kamu menyaksikan sebuah acara telenovela yang berjudul Betty La Fea yang menceritakan tentang sosok gadis buruk rupa dengan behel khasnya yang menempel di kepala. Itulah yang dinamakan behel headgear. Penggunaan behel direkomendasikan ketika sedang tidur dan beberapa jam di malam hari karena kurang nyaman jika dipakai saat beraktivitas.

  1. Behel Invisible Braces

Yang terakhir ada jenis behel tak terlihat alias invisible braces. Harga pasang behel ini cukup mahal karena kawat dibuat tak tampak dari luar karena ditempatkan di bagian belakang gigi.

Apakah pasang behel bisa pakai BPJS?

Tidak semua masyarakat sanggup membayar pasang behel gigi atau kawat gigi. Apakah bayarnya bisa pakai BPJS Kesehatan?Layanan kesehatan gigi dan mulut bisa dipakai oleh peserta BPJS Kesehatan dengan ketentuan yang berlaku. Terlebih dahulu harus memastikan apakah perawatan gigi tersebut ditanggung atau tidak oleh BPJS Kesehatan? Sebelum memakai fasilitas asuransi BPJS Kesehatan untuk pasang behel gigi, pastikan sudah mengetahui dengan jelas semua cakupan ketentuan dan pelayanan yang akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan ini.

Untuk melakukan perawatan gigi yang dibutuhkan oleh seorang pasien bisa konsultasi ke dokter gigi klinik yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan atau puskesmas. Beberapa tindakan yang dibutuhkan pasien dapat dilayani dengan BPJS selama tidak terjadi indikasi estetik dan tentunya berdasarkan rekomendasi dari dokter atau dokter gigi.

Meskipun perawatan orthodonti atau kawat gigi merupakan suatu prosedur medis kedokteran gigi yang tidak hanya bertujuan untuk mengkoreksi susunan gigi demi kepentingan estetika semata, namun juga untuk mendukung kesehatan gigi serta jaringan sekitarnya. Selain itu, perawatan pemasangan kawat gigi atau behel tidak ditanggung oleh BPJS.

Biaya perawatan orthodonti atau kawat gigi cukup beragam dan tergantung dari beberapa variabel yang ditangani. Perawatan ini termasuk dalam perawatan yang relatif mahal. Hal ini disebabkan karena bahan yang digunakan, alat serta tenaga profesional (seorang dokter gigi atau dokter gigi spesialis) yang mengerjakannya.

Pihak BPJS Kesehatan tidak menanggung biaya perawatan gigi yang bersifat estetika (kecantikan). Contohnya seperti pemasangan kawat gigi (behel), meratakan bagian permukaan gigi, serta tindakan lainnya yang dilakukan dengan tujuan kecantikan semata (bukan karena kesehatan).

 

Global Estetik Cabang Bogor di

Jl.KS Tubun No.19

Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara,

Kota Bogor.16151,Sebelah Toko Herbal Nabawi (Persis diseberang Pintu Keluar Informa Bogor)

Telpon Klinik: 0857-7145-2584

https://wa.me/6285771452584

Buka senin s/d minggu jam 09.00 – 20.00

Rute Google Maps

https://www.google.com/maps/dir//Jl.+K+S+Tubun+No.19,+RT.03%2FRW.02,+Cibuluh,+Kec.+Bogor+Utara,+Kota+Bogor,+Jawa+Barat+16151/@-6.5668256,106.8074394,17z/data=!4m8!4m7!1m0!1m5!1m1!1s0x2e69c4227acab565:0x6dc5a7b05f66cd66!2m2!1d106.8096281!2d-6.5668256

Untuk Cek Daftar Harga,Harga Promo dan Reservasi Cabang yg di pilih, Silahkan Klik Link di bawah ini, tks

https://linktr.ee/globalestetik

Kotak Bogor – https://globalestetik.com/kota-bogor/

 

Penulis oleh Drg. Arnof