Guidelines untuk Ibu Hamil yang Ingin Melakukan Perawatan Kesehatan Gigi

dokter gigi bandung gingivitis ibu hamil

Guidelines untuk Ibu Hamil yang Ingin Melakukan Perawatan Kesehatan Gigi

Global Estetik – Merawat kesehatan gigi adalah hal yang penting, dan selama kehamilan tidak terkecuali. Kesehatan mulut akan sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan dan harus ditanggapi dengan serius selama kehamilan dan persiapan awal, bahkan sebelum hamil. Ingat tips kesehatan mulut ini tentang perawatan gigi saat sedang hamil.

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diingat
  • Sinar-X, jika diperlukan, bisa dilakukan. Kemajuan dalam prosedur kesehatan telah memungkinkan prosedur ini dilakukan saat dan jika perlu.
  • Prosedur yang bersifat elektif harus ditunda sampai setelah bayi lahir.
  • Berhati-hatilah dengan infeksi gigi, pendarahan pada gusi, atau sakit gigi selama kehamilan, dan temui dokter gigi sesegera mungkin untuk merawatnya sebelum berubah menjadi masalah yang serius.
Pastikan Dokter Gigi Tahu tentang Kehamilan

Langkah ini akan memastikan bahwa dokter gigi memiliki semua informasi yang diperlukan jika pasiennya memiliki masalah gigi selama kehamilan. Selain itu, langkah ini juga akan memberi dokter gigi kesempatan untuk memberikan informasi sebelum kunjungan terjadwal berikutnya.

klinik gigi bandung

Jaga Kesehatan Gigi

Perawatan harian yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi saat hamil. Untuk mencegah masalah pada gigi, ingatlah untuk menyikat gigi dua kali sehari dan floss sekali sehari. Ini adalah kebiasaan yang harus selalu dimiliki oleh ibu hamil, terutama yang ingin menghindari masalah gigi yang serius ketika sedang hamil.

Selanjutnya, siapkan daftar semua obat dan dosis yang digunakan saat ini dan instruksi dari dokter spesialis kandungan. Ini akan bermanfaat bagi dokter gigi yang perlu menghindari pemberian obat-obatan tertentu seperti tetrasiklin, yang dapat memengaruhi perkembangan kesehatan bayi.

Memahami Peran Gizi Selama Kehamilan

Mirip dengan aspek kesehatan lain dari kehamilan, makan makanan yang kaya akan vitamin dan mineral yang diperlukan dalam perkembangan bayi adalah awal yang baik dalam kehamilan.

OralB, produsen produk perawatan gigi terkemuka, mengatakan bahwa diet yang seimbang bermanfaat bagi kesehatan gigi ibu dan bayi, serta kesehatan secara keseluruhan. Kalsium, vitamin D, C dan A, fosfor, dan protein adalah elemen nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makan makanan yang mengandung unsur-unsur ini sangat disarankan untuk menghindari masalah gigi selama kehamilan.

klinik gigi bandung

Ibu hamil juga harus menghindari terlalu banyak ngemil saat hamil, karena plak akan terbentuk dan ini adalah awal dari kerusakan gigi. Selain utu juga harus ingat untuk menghindari semua produk tembakau dan alkohol saat hamil. Tidak hanya stimulan ini buruk untuk bayi, mereka juga dapat merusak gigi.

Mengikuti panduan dan tips sederhana ini akan membantu menjaga kesehatan gigi ibu hamil tetap dalam kondisi prima selama proses kehamilan.

Leave comment

081 114 0832

Call Center

cs@globalestetik.com

Kirimkan Email

Buka Praktek

Setiap Hari 09:00 - 20:00

Reservasi Online

Mudah & Cepat